Kamis, 24 September 2015

Dinosaurus Bertanduk Besar Kelompok Ceratopsians

ceratopsians
Mungkin kelompok ceraptosian besar adalah dinosaurus paling mengagumkan dari zaman kapur. Kelompok ini adalah hewan berkaki empat yang kebanyakan sebesar badak modern. Tulang-tulang di sekeliling leher telah berkembang  menjadi tameng yang lebar. Ceraptosian ini juga mempunyai perhiasan dari tanduk yang panjang di wajahnya.

Tengkorak ceraptosian besar ini keras dan kuat, sehingga dapat menjadi fosil. Dengan demikian, kita dapat mengetahui lebih banyak tentang kepala-kepala mereka. Ada dua jalur evolusi yang pokok. Satu kelompok mengembangkan jumbai-jumbai dan sepasang tanduk panjang di atas matanya, dan kelompok yang lain mempunyai jumbai-jumbai lebih pendek dan cenderung hanya mempunyai satu tanduk di hidungnya.

SEMUA UNTUK SATU

Tanduk-tanduk ceraptosian dipakai untuk membela diri dan kawanannya melawan pemangsa yang besar. Selain itu, tanduk-tanduk itu juga dipakai untuk berkelahi untuk memperebutkan kekuasaan dalam kawanannya. Dengantanduk pengunci, mereka akan mendorong dan mendesaknya, sampai salah satu dari mereka menyerah. Mereka yang kalah hanya akan mengalami sedikit kerusakan.

Ketika mengembara, ceraptosian melindungi anak-anaknya dengan meletakannya di tengah kawanan. Jika diserang oleh binatang pemangsa, mereka akan membentuk lingkaran dengan binatang-binatang muda di tengahnya. Ceraptosian dewasa menghadap keluar, sehingga para penyerang menghadapi tameng dan tanduk semua kawanan. Lembu-lembu jantan modern melindungi kawanan mereka dengan cara demikian.

TRICERATOPS 




Ceraptosian terbesar dan paling terkenal adalah Triceratops. Triceratops juga mempunyai tanduk-tanduk yang panjang di atas matanya, sekalipun termasuk keturunan berjumbai pendek yang cenderung hanya mempunyai satu tanduk di hidung. Panjang triceratops kira-kira 9 meter dan beratnya bisa mencapai 6 ton.

Beberapa spesies Triceratops menjelajahi dataran antara Alberta, Canada, dan Colorado, Amerika serikat pada akhir zaman kapur. Seperti semua ceraptosian, Triceratops mempunyai tameng yang mungkin berguna untuk melindungi leher dan pundaknya, tetapi mungkin juga untuk hiasan kepala.

Berbagai macam kepala

Semua ceraptosian mempunyai bentuk tubuh yang sama, tetapi bentuk perisai dan susunan tanduk yang berbeda membuatnya mudah dikenali oleh kawanannya.

Styracosaurus1. Styracosaurus

Mempunya tanduk yang sangat besar di hidungnya dan hiasan tandung sekeliling perisainya.


Achelousaurus2. Achelousaurus

Mempunyai alat pelantak di hidungnya, sepasang tanduk pendek seperti pisau di atas matanya, dan sepasang tanduk melengkung di tepi tamengnya.











Chasmosaurus
3. Chasmosaurus
  
Mempunyai perisai seperti layar yang sangat besar.


Einiosaurus
4. Einiosaurus

Mempunyai tanduk hidung yang panjang dan melengkung ke depan, serta sepasang tanduk tegak lurus di tepi tamengnya.
















Sumber: Dinosaurs Herbivores.
By Dougal Dixon B.SC. (HONS), M.SC
Jakarta, tahun 2013. Elek Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar