Dinosaurus Dengan Kepala Yang Keras

Bayangkanlah seekor dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua seperti ornithopoda, tetapi berdahi yang sangat tinggi, sehingga tampak cerdas. Gambaran itu adalah pachycephalosauria, yaitu kelompok dinosaurus lain keturunan ornithopoda. Ia hanya tampaknya saja berotak. 

Otaknya kecil dan langit-langit tengkoraknya terbuat dari tulang yang tebal. Kita mengira tulang yang ada di atas kepalanya dipakai sebagai senjata, semacam alat pelantak. Namun sepertinya, tengkorak itu bukan untuk melawan para predator, tapi untuk bertarung memperebutkan pasangan.






Pachycephalosauria




Stegoceras adalah pachycephalosauria terlengkap yang diketahui. Tulang kepalanya yang berat dan kekuatan lehernya mungkin memberikan perlindungan yang sangat mengangumkan. Tampaknya, mereka hidup dalam kawanan. Stegoceras jantan dewasa bertarung dengan jantan yang lain untuk menjadi pemimpin kawanan dan yang terkuat akan mengawini Stegoceras betina.

Berbagai Model Kepala

Homalocephale

Prenocephale

Stygimoloch
Stegoceras

Setiap kelompok pachycephalosauria mempunyai bentuk dan hiasan kepala berbeda. Stegoceras dan Homalocephale dari Mongolia. Mempunyai kepala menurun karena bagian belakangnya lebih tinggi. Sedangkan Homalocephale ditambah hiasan kepala yang rumit. Prenocephale, juga dari Mongolia, mempunyai kepala seperti kubah yang bulat. 

Baik Homalocephale dan Prenocephale, mempunyai gumpalan-gumpalan hiasan di sekeliling mahkota tulangnya. Stygimoloch Amerika Utara mungkin yang paling aneh karena mempunyai paku-paku dan duri-duri aneh di sekeliling kubahnya. Mungkin, perhiasan itu dipakai untuk menakut-nakuti daripada untuk bertarung. Semua pachycephalosaurida hidup di akhir zaman Kapur.


Sumber: Dinosaurs Herbivores.
By Dougal Dixon B.SC. (HONS), M.SC
Jakarta, tahun 2013. Elek Media Komputindo

0 Response to "Dinosaurus Dengan Kepala Yang Keras"

Posting Komentar