Dinosaurus Pemakan Tumbuhan Pertama (Prosauropoda)


Dinosaurus pemakan tumbuhan (herbivora) adalah raksasa-raksasa sebenarnya dari zaman dinosaurus. Termasuk di dalamnya Diplodocus dan Seisomosaurus yang kuat, sebaiagi binatang terbesar yang pernah berkelana di bumi. Dinosaurus pemakan tumbuhan berasal dari awal zaman reptil, 350 juta tahun yang lalu. Dinosaurus pemakan tumbuhan pertama berevolusi pada akhir zaman trias.

Mereka muncul hampir bersamaan dengan dinosaurus pemakan daging. Karena tulang punggul dari kedua kelompok dinosaurus itu bentuknya sama, kemungkinan dinosaurus pemakan tumbuhan berevolusi dari dinosaurus pemakan daging.

PLATEOSAURUS


Dinosaurus pertama pemakan tumbuhan termasuk kelompok prosauropoda. Plateosaurus adalah prosauropoda yang unik. Leher panjang dan kepala kecil. Mungkin, ciri-ciri terpenting adalah badannya yang besar. Dibandingkan dinosaurus pemakan daging, pemakan tumbuhan memerlukan usus yang lebih besar untuk mencerna makanan.

Usus prosauropoda yang besar menyebabkan tulang pinggulnya tertarik ke depan, sehingga pemakaian kaki belakangnya menjadi tidak seimbang. Dengan demikian, kelompok prosauropoda menjadi dinosaurus berkaki empat yang pertama dalam sejarah dinosaurus.

Kehidupan Prosauropoda

Sejak munculnya tumbuhan, hewan pemakan tumbuhan memakan tumbuhan-tumbuhan itu. Sejak hewan pemakan tumbuhan hidup, hewan pemakan daging memangsa hewan pemakan tumbuhan. Contoh rantai makanan semacam ini dapat kita lihat di padang rumput afrika. Di sana, zebra dan kawanan binatang liar pemakan tumbuhan memakan tanaman rendah di padang rumput yang sangat luas.

Selanjutnya, binatang-binatang itu dimangsa oleh binatang pemakan daging . seperti singa dan cheetah. Hal yang sama terjadi pada zaman dinosaurus. Prosauropoda hidup dari tumbuhan dan mereka dimangsa oleh pamakan daging saat itu, termasuk dinosaurus pemakan daging pertama.


Sumber: Dinosaurs Herbivores.
By Dougal Dixon B.SC. (HONS), M.SC
Jakarta, tahun 2013. Elek Media Komputindo

0 Response to "Dinosaurus Pemakan Tumbuhan Pertama (Prosauropoda)"

Posting Komentar