Sejarah Dan Fakta Tentang Hewan Purba Allosaurus

Allosaurus

Nama Allosaurus berasal dari Yunani ‘allos’ (berbeda atau lain) dan sauros (kadal). Salah satu fitur yang membuat dinosaurus ini “berbeda” adalah susunan tulang belakang yang tidak biasa. Allosaurus memiliki sembilan tulang leher, 14 tulang punggung dan lima tulang yang menyangga pinggul. Theropoda besar ini hidup antara 155 juta -150 juta tahun yang lalu selama akhir Periode Jurassic.

Lebih dari 10.000 tulang dari sekitar 46 spesimen telah ditemukan di Cleveland-Lloyd Quarry di Utah, membuat Allosaurus menjadi fosil yang paling sering ditemukan disana. Fosil Allosaurus juga ditemukan di Thailand serta di Portugal dan bagian lain Eropa, serta diperkirakan juga ditemukan di Afrika dan Australia. Tujuh spesies Allosaurus telah diidentifikasi, dengan Allosaurus fragilis menjadi yang paling dikenal.

Terdapat ruang kosong di leher dan tulang punggung bagian atas. Ruang tersebut, yang juga ditemukan pada burung modern, diyakini memiliki kantung udara yang digunakan untuk respirasi. Tulang rusuk dinosaurus ini lebar serta memiliki rusuk perut. Allosaurus merupakan dinosaurus besar, dengan berat sekitar 2,7 ton, panjang 8,5 meter, dan tinggi 5 meter.

Allosaurus berburu dinosaurus herbivora besar dan sering bentrok dengan Stegosaurus. Ahli paleontologi menemukan fosil tulang belakang Allosaurus dengan luka tusukan yang cocok dengan bentuk duri ekor Stegosaurus dan tulang leher Stegosaurus yang memiliki bekas gigitan Allosaurus.

Alllosaurus diperkirakan mampu membunuh sauropoda ukuran sedang atau sauropoda besar, seperti Apatosaurus, yang sedang sakit atau terluka. Terdapat spekulasi bahwa Allosaurus berburu dalam kawanan, namun lebih banyak bukti menunjukkan mereka berburu secara individu.

Ahli paleontologi percaya Allosaurus mencapai masa dewasa pada usia 15 tahun dan bisa hidup sampai 25 tahun.

Di bawah ini adalah fakta-fakta tentang allosaurus:

1. Allosaurus digunakan untuk dikenal sebagai antrodemus

Seperti banyak penemuan fosil awal, setelah itu digali pada akhir abad ke-19, Allosaurus terpental sekitar sedikit di tempat sampah. Dinosaurus ini pertama kali bernama Antrodemus (dalam bahasa Yunani yaitu "tubuh rongga") oleh ahli paleontologi Amerika yang terkenal Yusuf Leidy, dan hanya sistematis disebut sebagai Allosaurus (kadal yang berbeda) dimulai pada pertengahan tahun 1970-an.

2. Allosaurus menyukai stegosaurus sebagai makan siang

Ahli paleontologi telah menemukan bukti kuat bahwa Allosaurus memangsa Stegosaurus, sebuah vertebra Allosaurus dengan luka tusukan yang cocok dengan bentuk lonjakan ekor Stegosaurus, dan tulang leher Stegosaurus pada sebuah bantalan berbentuk bekas gigitan allosaurus.

3. Allosaurus terus-menerus menumpahkan dan mengganti giginya

Seperti banyak dinosaurus predator, belum lagi buaya modern. Gigi Allosaurus terus-menerus tumbuh, dan mengganti giginya, beberapa di antaranya rata-rata tiga atau empat inci panjangnya. Dinosaurus ini memiliki sekitar 16 gigi, di kedua rahang atas dan bawah pada setiap diberikan waktu, karena Allosaurus adalah suatu dinosaurus umum. 

4. Tipikal hidup allosaurus selama 25 tahun

Memperkirakan rentang hidup dinosaurus adalah selalu soal yang rumit, namun berdasarkan bukti fosil produktif, ahli paleontologi percaya bahwa Allosaurus mencapai ukuran dewasa dengan usia 15 tahun, di mana titik itu tidak lagi rentan terhadap predasi oleh theropoda besar. Pembatasan penyakit, kelaparan atau thagomizer luka dari stegosaurus yang marah, dinosaurus ini mungkin telah mampu hidup dan berburu selama 10 atau 15 tahun. 

5. Allosaurus mungkin adalah dinosaurus yang sama seperti saurophaganax

Saurophaganax (dalam bahasa Yunani adalah "kadal pemakan terbesar"), dengan 40 kaki panjangnya, yang hidup bersama Allosaurus pada akhir Jurassic Amerika Utara. Tertunda penemuan fosil lanjut, ahli paleontologi belum memutuskan apakah dinosaurus ini layak genus sendiri, atau lebih tepat diklasifikasikan sebagai spesies baru Allosaurus.


Dikutip dari About dan berbagai sumber

0 Response to "Sejarah Dan Fakta Tentang Hewan Purba Allosaurus"

Posting Komentar