Kandungan nutrisi dan khasiat tanaman cabai

Tanaman cabai
Cabai ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram cabai merah terkandung kalori 31,0 kal, protein 1,0 g, lemak 0,3 g, karbohidrat 7,3 g, kalsium 29,0 mg, fosfor 24,0 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 470 SI, vitamin C 18,0 mg, vitamin B1 0,05 mg, vitamin B2 0,03 mg, niasin 0,20 mg, kapsaisin 0,1 s/d 1,5%, pectin 2,33%, pentosan 8,57%, pati 0,8 s/d 1,4%.

Rasa pedas cabai ditimbulkan oleh senyawa kapsaisin yang menyebabkan masakan menjadi lebih nikmat dan menggugah selera. Senyawa kapsaisin pada cabai juga berfungsi untuk merangsang pengeluaran air liur dalam mulut dan lambung sehingga pencernaan berjalan lebih lancar. Rasa pedas di lidah dapat menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endorfin (opiat endogen) yang dapat menghilangkan rasa sakit dan menimbulkan perasaan lebih sehat.

Senyawa kapsaisin (C18H27NO3) merupakan unsur aktif  dan unsur pokok yang terdiri dari lima komponen kapsaikinoid, yaitu: nordihidro kapsaisin, kapsaisin, dihidro kapsaisin, homo kapsaisin, dan homo dihidro kapsaisin. Beberapa referensi menyebutkan bahwa senyawa-senyawa tersebut bisa dijadikan obat untuk melancarkan peredaran darah dan analgesik tang dapat meringankan rasa pegal dan dingin akibat rematik dan encok.

Cabai juga mengandung senyawa kapsikidin yang terdapat dalam biji, berguna memperlancar sekresi asam lambung dan mencegah infeksi sistem pencernaan. Kandungan kapsikol pada cabai dapat berfungsi menggantikan minyak kayu putih yang dapat menghilangkan atau mengurangi pegal-pegal, rematik, sakit gigi, sesak nafas, dan gatal-gatal.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cabai rawit dapat mengurangi kecenderungan terjadinya penggumpalan darah (trombosis), menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengurangi produksi kolesterol dan trigliserida di hati. Cabai rawit yang panas dapat digunakan untuk mengurangi rasa tegang dan sakit akibat sirkulasi darah yang kurang lancar. Kandungan vitamin C dan beta karoten pada cabai berkhasiat sebagai zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.

0 Response to "Kandungan nutrisi dan khasiat tanaman cabai"

Posting Komentar