Terapi kesehatan dengan bangun pagi

Hidup sehat sangat penting bagi kita semua, maka dari itu jagalah kesehatan anda karena kesehatan itu mahal harganya. Berbagai penyakit menimpa kita bila tidak menjaga kesehatan degan baik atau sistem kekebalan tubuh berkurang, akibatnya penyakit-panyakit akan mudah menimpa kita.

"Bangun pagi dapat mengurangi kecederungan teserang penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah." (Dr. Muslim Nathin).

Udara pagi masih bersih

Di jalanan jumlah kendaraan yang berlalu lalang pun sebanyak pada siang hari. Beranjak siang sedikit, mendekati jam tujuh atau jam delapan, kendaraan sudah mulai berseliweran. Ada yang menuju tempat kerja, bersekolah, kuliah, memenuhi janji dengan kolega dan sebagainya.

Barang kali bila kita tinggal di desa, fenomena semacam itu tidak kita jumlai. Baik pagi, siang, sore,  maupun malam hari, kendaraan-kendaraan tetap jarang yang berlalu lalang. Berbeda jauh dengan di kota yang hampir setiap saat tidak pernah sepi dari laju hilir-mudik kendaraan. Kesehatan bagi masyarakat kota sangat mahal harganya. Jenis-jenis penyakit juga lebih kompleks.

Oleh karena itu, pilih tempat tinggal rasanya perlu kita pertimbangkan. Apapun pilihan yang kita tetapkan, sudah pasti akan mengandung konsekuensi. Memilih tinggal di kota konsekuensinya adalah biaya hidup lebih tinggi, biaya kesehatan dan pendidikan juga lebih mahal. Namun sisi positifnya, akses pekerjaan maupun ilmu pengetahuan biasanya lebih mudah. Sebaiknya, tinggal di desa biaya hidup umumnya lebih rendah. Namun dari segi akses pekerjaan maupun ilmu pengetahuan biasanya tidak semudah bila tinggal di kota.

Mencegah penyakit berbahaya

Ketua Mekar Pagi Community yang juga ketua karang Taruna Nasional, Dody Susanto, membenarkan apa yang ditetapkan oleh DR. Muslim Nathin. Menrutnya, bangun pada pagi hari dapat menyegarkan metabolisme tubuh dan menyehatkan mental. Bahkan, akhir-akhir ini bangun pagi telah diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi penderita Acquired Immune Deficiency Syndrom (AIDS). Ilmuan dari jerman, Dr. Alexander Browis bahkan menjadikan sebagai terapi terbaru untuk menguatkan tubuh para pasien penderita AIDS. Kecenderungan bangun pagi yang disertai dengan exercise seperti sholat subuh bagi umat islam, dapat mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovaskular, tukasnya.

Maka, beruntunglah mereka yang terbangun di waktu pagi dan memanfaatkan untuk memelihara kesehatan dirinya. Di zaman kesehatan yang harganyabegitu mahal, menjadi soeang Muslim yang taat dengan disiplin bangun di waktu pagi, keluar dari rumah menuju ke masjid, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk menghirup oksigen sebanyak-banyaknya merupakan langkah terbaik untuk menjaga kesehatan kita. Secara tidak langsung, kita sudah melakukan terapi kesehatan secara alami dan gratis.

Energi cahaya matahari

Inilah penelitian menakjubkan yang dilakukan oleh ibu Siti Setiati dari Universitas Indonesia. Dalam disertasinya yang berjudul "Pengaruh Pajanan Sinar Ultraviolet B Bersumber dari sinar Matahari terhadap Kadar Vitamin D (25(OH)D) dan Hormon Paratiroid pada perempuan Usia lanjut Indonesia", dinyatakan bahwa sinar matahari menyimpan sumber vitamin D yang terkait dengan berbagai penyakit seperti osteoporosis.

Kekurangan vitamin D, khususnya pada perempuan usia lanjut indonesia, dapat diatasi dengan melakukan pemajanan/dede di bawah sinar matahari. Inilah penelitian yang mengantarkan beliau meraih gelar doktor pada fakultas kedokteran universitas indonesia.

Bahan bakar pertama: Sarapan

Selama tidur tubuh kita menggunakan simpenan air dan karenanya akan kehilangan cairan saat kita bangun. Tanpa sarapan yang merupakan bahan bakar pertama di pagi hari, tubuh kita akan menjadi lemas. Keuntunganpara pelaku bangun pagi adalah dapat mengawali hari dengan tenang, tidak grusa-grusu, bisa menikmati sarapan tanpa harus dikejar-kejar oleh waktu. Dan kita tahu bila makan tidak teratur bisa menimbulkan sakit maag.

Ungkapan,"lebih baik mencegah daripada mengobati" perlu kita pegang teguh. Alih-alih nanti harus berobat lantaran kebiasaan kurang baik seperti sarapan tidak teratur, lebih baik mulai sekarang kita menggantinya dengan kebiasaan yang baik seperti sarapan yang teratur. Agar bisa sarapan dengan teratur, tenang,  dan tidak terburu-buru, kita mesti membiasakan diri untuk bangun pagi. InsyaAllah badan kita akan terjaga kesehatannya, kepentingan-kepentingan dunia kita juga terlaksana dengan optimal.

Titik jernih pikiran

Rasulullah menganjurkan kita untuk tidur selepas isya bila tidak ada obrolan yang bermanfaat. Beliau juga mencontohkan bangun lebih awal pada waktu sahur. Bagi kita yang tergolong para pemikir, entah penulis, pengusaha, profesional, waktu pagi adalah adalah saat membanjirnya ide-ide segar. Para ulama juga banyak menasehtakan untuk menggunakan waktu sahur dan waktu pagi untuk melakukan aktifitas produktif.

Sayangnya, tidak setiap kita yang memahami kemudian mau mengaplikasikannya dalam praktik. Tahu dan paham ternyata bukan jaminan bahwa seseorang kemudian akan melakukan tindakan nyata.

Menumbuhkan smeangat diri

Ada hormon melatonin dalam tubhy kita. Hormon ini adalah sejenis hormon yang membuat kita ingin tidur. Adapun cahaya matahari membantu tubuh kita untuk melepaskan hormon tersebut. Alhasil, ketika tubuh kita cukup terkena sinar matahari, maka hormon melatonin akan terlepas dari tubh kita, sehingga mengusir rasa kantuk dan menumbuhkan semangat.

Itulah sebabnya para pelaku bangun pagi umumnya lebih energik dan bersemangat daripada pelaku bangun siang. Secara fitrah waktu pagi adalah waktu untuk bergerak.

Sehat jasmani dan rohani

Sehat jasmani tanpa diimbangi dengan sholat rohani akan menjadikan seseorang jatuh nilainya. Mereka yang berada rumah sakit jiwa adalah pribadi yang jasmaninya sehat, namun rohaninya sakit. Demikian pula dengan pelaku kejahatan. Secara jasmani, mereka memiliki kesehatan yang prima, namun rohani mereka sakit. Sebagai dampaknya nilai mereka juga jatuh, baik di hadapan allah maupun di hadapan sesama manusia.

Sebaliknya, sehat rohani tanpa diimbangi sehat jasmani juga kurang sempurna dalam merasakan nikmat-Nya. Ada yang rohaninya sehat, bukan orang gila bukan pula orang jahat namun menderita penyakit yang menyebabkan harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi makanan. Ada yang harus mengonsumsi obat-obatan setiap hari. Ada yang mesti cuci darah secara rutin, dan sebagainya.


Sumber inspirasi:
Abu Guddah, Abdul Fttah, Nilai dalam Pandangan Ulama, Surakarta: Pustaka Arafah, April 2002, Cet.1
As-Syalhub, Fuad bin Abdul aziz, Etika Tidur, Surabaya: eLBA, januari 2007, Cet.3

0 Response to "Terapi kesehatan dengan bangun pagi"

Posting Komentar