Rabu, 04 November 2015

17 Langkah agar mobil terlihat seperti baru

Langkah-langkah agar mobil terlihat seperti baru
Sensasi mengendarai mobil baru selalu menyenangkan. Agar sensasi tersebut bisa dirasakan sepanjang waktu, berikut beberapa langkah mudah untuk membuat mobil terus terasa baru. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah 17 langkah agar mobil nampak terlihat seperti baru kembali, yaitu:

1. Melakukan Service Rutin 
Lakukan Service rutin kendaraan anda sesuai dengan buku manual kendaraan, agar performa mesin kendaraan tetap seperti baru, gunakan pelumas berbahan sintetik, agar mesin awet dan jangka waktu ganti pelumas lebih lama. Jangan lupa untuk mengantu oli filter dengan perbandingan 2x ganti oli 1x ganti oli filter.

2. Bersihkan Mobil Secara Menyeluruh
Tak hanya bagian luar, bagian dalam seperti karpet dan jok juga wajib dibersihkan jangan sampai ada sudut dan celah terlewat. Bersihkan pula semua kotoran dari mesin dan bagian bawah mobil. Ini sekaligus untuk mengungkap masalah tersembunyi pada kendaraan.

3. Claying Mobil
Claying adalah cara yang digunakan untuk membersihkan mobil kita, memang agak asing terdengar tapi jika anda ke showroom mobil atau bengkel tanyakan saja mengenai hal ini pasti mereka mengetahuinya dan akan merekomendasikan.

4. Perbaiki Bagian Interior
Periksa pencahayaan dasbor serta tombol yang mungkin sudah tidak berfungsi dengan baik. Busa kursi alias jok mungkin sudah tidak dalam kondisi terbaiknya, karena pemakaian selama bertahun-tahun. Untuk menambah kenyamanan dalam berkendara, ganti busa beserta kain pelapisnya.

5. Periksa Elektronik
Kabel-kabel yang menyalurkan listrik pada kendaraan mungkin sudah mulai tua, demi keamanan dan menjaga kinerjanya supaya tetap maksimal ada baiknya ganti dengan yang baru. Perhatikan pula tata suara, bisa jadi head unit baru dapat dipertimbangkan agar memberikan hiburan maksimal dalam perjalanan.

6. Beri Nafas Baru
Asupan udara yang baik membuat mobil bekerja baik. Pertimbangkan untuk melakukan cek sistem saluran udara mesin secara menyeluruh sampai knalpot. Mungkin bisa sekalian mengganti knalpot untuk menegaskan peremajaan mobil anda.

7. Bersihkan Kotak Lampu
Kotak lampu depan dan belakang biasanya dibuat dari plastik yang mungkin kusam akibat cuaca. Selain membuat mobil terlihat baru, tindakan ini akan meningkatkan pencahayaan jika harus berkendara malam hari atau dalam kondisi hujan.

8. Buanglah Sampah
Hal ini yang harus anda lakukan setiap hari yaitu buanglah sampah didalam mobil anda baik sampah rokok maupun sampah-sampah lain. Karena jika anda menunda membuangnya satu dua hari tidak menyebabkan masalah tapi bagaimana jika kotoran tersebut menumpuk hingga 1 bulan atau lebih.

9. Jangan Merokok 
Jangan biarkan anda atau orang lain merokok dalam mobil anda jika anda masih saying mobil anda.

10. Revitalisasi AC
AC adalah tempat sempurna untuk tumbuhnya jamur dan bakteri. Rutin membersihkan sistem AC dan menggunakan pewangi membuat kabin mobil lebih harum.

11. Perhatikan Karet-karet
Mobil memiliki bagian-bagian yang terbuat dari karet yang rentan terhadap cuaca. Akibatnya, karet pelapis pintu yang usang memungkinkan air masuk ke dalam kabin atau karet wiper yang jelek akan merusak kaca. Jangan ragu untuk segera menggantinya jika sudah mulai rapuh.

12. Cat Mobil
Seiring dengan waktu, cat monil mungkin kusam atau lecet. Melakukan wax atau poles sebenarnya cukup membuat cat mobil kembali tampil segar, Selain itu, saat ini banya dijual peralatan perbaikan cat mobil sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika ternyata butuh banyak perbaikan, ada baiknya melakukan perbaikan menyeluruh di bengkel terpercaya. Aksen-aksen lain dapat diterapkan pada body mobil agar terlihat baru. Misalnya, menambah aksesoris atau menggunakan stiker.

13. Cek Bagian Bawah Mobil
Pemakaian kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Kondisi jalan yang tidak selalu mulus membuat kinerja peredam kejut kendaraan semakin lama semakin menurun. Memperbaiki atau menggunakan peredam kejut baru akan membuat perbedaan besar. Pada saat yang sama dapat dilakukan pengecekan menyeluruh pada bagian bawah mobil. Siapa tahu sudah saatnya untuk mengganti sistem pengereman dan lain-lain.

14. Mengganti Velg Dan Ban
Satu set velg dan abru memang tidak murah, tapi masih lebih murah daripada membeli sebuah mobil baru. Velg dan ban baru juga membuat setiap perjalanan menjadi lebih aman. Jika velg dan ban masih bagus, cukup bersihkan dan gunakan semir ban agar selalu terlihat baru.

15. Vakum dan Gunakanlah Shampo Interior Mobil
Untuk menjaga interior sebaiknya sebulan sekali lakukanlah penyedotan atau gunakan vakum kleaner untuk membersihkan interior mobil anda. Bersihkan kursi atau jok mobil anda bersihkan semua kotoran dan debu baik di dasbor maupun kulit, tetapi perhatikan material yang digunakan untuk interior anda apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak.

16. Dirty Feet dan Clean Seat
Kita tidak tahu bagiamana kondisi sepatu atau alas kaki orang-orang yang menaiki mobil kita, hal ini sebaiknya dilakukan tapi juga tidak harus jika anda tidak menginginkannya yaitu jangan melepas kover plastic yang melindungi tempat duduk anda, karena platik tersebut juga memiliki manfaat untuk menyaring kotoran yang dibawa oleh orang-orang yang menaiki mobil kita.

17. Minta Bantuan Profesional 
Hal ini sangat disarankan jika anda menggunakan material-material khusus untuk memodifikasi mobil anda, tanyakan apa yang boleh dilakukan saat membersihkan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dengan hanya sedikit kemauan anda dapat memastikan mobil bekas anda akan tampak menjadi lebih baru dan hal tersebut akan berbalik kepada anda juga jika anda ingin menjualnya harga mobil tersebut tidak akan jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar