5 Kunci sehat selama menjalankan hobi

5 Kunci sehat selama menjalankan hobi
Hobi. Ya, setiap orang pasti memilikinya, seperti menjahit, bertanam, menata rambut dan wajah, membuat kue, membuat animasi, desain grafis, fotografer, dan masih banyak yang lainnya merupakan contoh hobi yang dimiliki orang. Bagaimana mengukur apakah seseorang memang hobi pada suatu obyek tertentu? jika ia tidak pernah bosan mengerjakan sesuatu secara terus-menerus dan berulang, dan bahkan berusaha menyempurnakan, berarti itu memang hobinya. Jika hobi ini kemudian diminati pasar, maka peluang usaha sudah di depan mata. Sebaliknya, jika tidak sebaiknya dikaji ulang, lakukan riset pasar, serta tidak dipaksakan, karena bisa jadi ini bukan peluang yang sesuai untuk usaha.

Jaga Stamina

Kunci sukses menjalankan usaha tak terlepas dari penampilan fisik seseorang. Bagaimana mungkin anda memasarkan suatu produk berkelas, misalnya produk kesehatan, sementara anda sendiri sering terlihat mengeluh gangguan kesehatan? hal ini tentu akan merugikan anda sendiri. Untuk itulah menjaga stamina itu penting. Jangan sampai hobi yang mengasyikkan itu, menyita waktu anda. Anda jadi lupa atau menunda waktu makan dengan kualitas makanan yang tidak memenuhi standar gizi yang baik, kurang minum, olahraga, dan istirahat yang cukup. Jangan sampai pula hobi yang mengasyikkan itu membuat anda melakukan gerakan yang sama dan berulang, serta dilakukan dengan posisi tubuh yang salah. Kondisi tersebut dapat mendatangkan rasa pegal dan nyeri di bagian tubuh tertentu.

Rasa pegal ini sebenarnya terjadi karena penumpukan asam laktat pada otot, dan nyeri otot muncul karena gerakan berlebihan dan berulang-ulang, sehingga otot mengalami peregangan berlebihan dan akhirnya timbul peradangan. Akibanya otot sakit bila digerakan dan jangkauan gerakan tubuh berkurang.

Kunci Sehat Selama Menjalankan Hobi

Agar stamina tubuh tetap terjaga selama menjalankan aktifitas:
  • Hindari melakukan aktifitas melebihi batas kemampuan fisik.
  • Istirahatlah sejenak, lakukan peregangan. Rasa nyeri pada otot. mengisyaratkan bahwa tubuh harus istirahat.
  • Biasakan pada posisi yang benar kerika berdiri, duduk, jongkok, dan bahkan saat tidur.
  • Jika merasakan keluhan sekecil apapun pada bagian persendian, maupun pada bagian tubuh lainnya, jangan remehkan dan atasi segera.
  • Konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang.

0 Response to "5 Kunci sehat selama menjalankan hobi"

Posting Komentar