5 Tips untuk mencegah keringat kaki

5 Tips untuk mencegah keringat kaki
Kaki yang berkeringat memicu tumbuhnya jamur kulit dan bakteri penyebab bau kaki. Hal ini disebabkan karena jamur dan bakteri tumbuh di atas normal dalam kondisi yang lembab dan hangat. Kaki yang berkeringat merupakan kondisi yang ideal bagi jamur dan bakteri karena memiliki kelembaban tinggi akibat tertutup sepatu.

Kaki keringat bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli kaya atau miskin, muda atau tua. Hampir semua orang yang menggunakan sepatu tertutup dalam waktu lama (>4jam), terutama di iklim tropis, akan mengalami keringat kaki.

Kenapa kaki berkeringat?
Keringat adalah alami tubuh kita memang memproduksi keringat untuk menetralkan suhu tubuh. Namun keringat yang muncul di area lipatan kulit akan sangat menggangu kenyamanan. Ternyata selain kenyamanan, ada bahaya lain yang timbul, yaitu munculnya bau tidak sedap. Ini bukan disebabkan oleh keringat, tapi oleh bakteri yang tumbuh di atas normal pada kondisi lembab.

Apakah semua bisa terkena masalah jamur dan bakteri akibat keringat kaki?
Bisa. Jamur kulit dan bakteri penyebab bau tidak sedap sebenarnya adalah flora normal tubuh. Akan menjadi masalah kalau tumbuhnya di atas normal yang dipicu oleh kondisi yang hangat dan lembab. Selain itu, masalah jamur dan bakteri bisa terjadi karena faktor penularan.

Bagaimana cara menularnya jamur kulit dan bakteri?
Melalui kontak langsung dengan orang yang terkena masalah tersebut atau menular bagian tubuh sendiri. Cara penularan bisa melalui: pinjam-meminjam sandal/alas kaki/handuk dengan orang yang terkena jamur.

Berikut ini adalah tips cegah keringat kaki, yaitu:
1. Cuci kai setiap hari lalu keringkan dengan baik, khususnya di sela-sela jari.
2. Gunakan kaus kaki yang bersih dan kering.
3. Gunakan alas kaki ketika berjalan di kamar mandi umum atau kolam renang umum.
4. Jangan biasakan bertukar alas kaki, handuk, pakaian dengan orang lain.
5. Gunakan Daktarin Powder 1x sehari untuk pencegahan, 2x sehari untuk pengobatan. Bubuhkan pada kulit yang bersih dan kering, khususnya pada area lipatan kulit. Kulit akan bebas lembab, nyaman dan percaya diri sepanjang hari.


Terima kasih
Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Tips untuk mencegah keringat kaki"

Posting Komentar