Rabu, 18 November 2015

6 Kandungan khasiat dan resep herbal sirsak

6 Kandungan khasiat dan resep herbal sirsak
Seiring dengan perkembangan teknologi, kandungan dan khasiat tanaman sirsak mulai terkuak. Berdasarkan hasil dari berbagai penelitian menunjukan bahwa tanaman sirsak mengandung banyak khasiat sebagai obat. Daun sirsak merupakan bagian dari tanaman sirsak yang paling sering di gunakan sebagai obat. Sejak dahulu, masyarakat di daerah kalimantan sering menggunakan untuk obat demam. Sementara itu daun sirsak di madagaskar daun sirsak digunakan untuk mengobati penyakit lever.

Senyawa fitokimia pada sirsak dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Hampir semua bagian tanaman sirsak memiliki khasiat. Mulai dari daunnya yang telah terbukti mengobati kanker, abses arthritis dan cacingan, hingga akarnya yang dapat dimanfaatkan untuk obat penenang. Berikut ini adalah kandungan dan khasiat dari tanaman sirsak.

1. Daun
Daun sirsak ampuh atasi beragam penyakit karena banyak mengandung banyak zat di antaranya annocation, annocatalin, annohexocin, annocatalin, annomuricin, annomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, serta miricapentocin. Daun sirsak secara tradisional bisa dimanfaatkan untuk mengobati darah tinggi, abses, arthritis, asthenia, asma, bronitis, kolik, batuk, diabetes, diuretik, disentri, demam, gangguan empedu, influensa, jantung, gangguan pencernaan, infeksi, cacingan, lactogogue, ganguan hati, malaria, kanker, rematik, kurap, kejang, obat penahan darah, tonik, obat penenang, tumor, dan borok.

Pada tahun 1976,The National Cancer Institute meneliti khasiat sirsak sebagai anti tumor dan anti kanker.Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa daun dan batang sirsak mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker.

2. Bunga
Bunga dari tanaman sirsak juga memiliki khasiat sebagai obat. Di beberapa negara,bunga sirsak dimanfaatkan untuk mengobati penyakit bronkhitis dan batuk.

3. Buah
Buah sirsak yang memiliki rasa asam manis ini selain mengandung gizi yang tinggi, ternyata memiliki kandungan annonaice dan asimilobine. Oleh karna itu, buah sirsak dapat dimanfaatkan untuk obat diare, maag, disentri, demam, flu, dan menjaga stamina, serta memperlancar ASI.

4. Biji
Biji sirsak mengandung banyak zat antara lain anomuricin, annonacin, anomurine, atherospermine, caclourine ,cohibin, panatellin, xylomaticin, reticuline, sabadelin dan solamin. Biji sirsak secara tradisional biasa di manfaatkan untuk mengobati astringent, karminatif, penyebab muntah, mengobati kepala berkutu dan parasit kulit, serta sebagai obat cacing. Sementara itu, biji sirsak juga banyak digunakan untuk insektisida.

5. Kulit Batang
Kulit batang sirsak mengandung atherospermine, murin, muricine, solamine dan reticuline. Kulit batang ini biasa digunakan untuk pengobatan asma, batuk, hipertensi, obat parasit serta obat penenang dan kejang.

6. Akar
Akar sirsak juga merupakan bagian tanaman yang mengandung banyak zat diantaranya annomuricatin, annomonicin, annomontacin, annonacin, annomuricatin, cohibin, muracin, muricetanol, muricatin, panatelin, dan reticulatacin. Akar sirsak biasanya di gunakan untuk obat diabetes serta obat penenang dan kejang. Khusus untuk diabetes, yang digunakan adalah akarnya.

Resep Obat Herbal Tanaman Sirsak

Buah sejenis durian yang berduri lembut dan tidak berpangsa ini, ternyata mudah di dapatkan di bumi Nusantara ini. Dan bila sudah masak/matang buah ini dapat di konsumsi langsung atau dibuat juice, bahkan ada juga yang membuatnya menjadi dodol sirsak.

Selain yang tersebut di atas, sirsak juga dikenal sebagai bahan resep herbal untuk obat berbagai jenis penyakit, dibawah ini adalah rahasia resep obat herbal yang terkandung dalam buah sirsak.

1. Untuk menghilangkan kebiasaan merokok
Bagi anda perokok kelas berat dan sudah berbagai macam cara menghilangkannya tapi belum berhasil juga maka cobalah, ambil sirsak yang telah masak/matang sepanjang 5 cm. Makanlah tiap pagi secara berkesinambungan sampai kebiasaan merokok anda hilang.

2. Untuk penyakit ashma atau sesak nafas
Ambillah 7 daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rang-rang. Kemudian remas dan tampung airnya hingga mencapai kurang lebih setangah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

3. Untuk obat batuk biasa
Ambil 7 lembar daun sirsak muda. Remas dan tampung airnya. Minum setiap pagi sebelum anda menyantap apapun/apa-apa.

4. Untuk menurunkan panas
Untuk mengobati panas badan baik pada anak-anak ataupun orang dewasa, adalah makan buah sirsak yang telah masak/matang bisa juga dengan, ambil daun sirsak muda, remas lalu tampung airnya.Bila terlalu pekat, campurkan dengan air secukupnya dan gunakanlah untuk kompres.


Selamat mencoba..
Seoma berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar