6 Tips aman agar kartu ATM tidak dibobol orang

6 Tips aman agar kartu ATM tidak dibobol orang
Uang tabungan di bank hilang lenyap dalam sekejap? Tentu saja peristiwa ini membuat nasabah yang jadi korban kalang kabut dan lumayan menimbulkan kepanikan pada nasabah lainnya. Yang jelas, pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan, bagaimana cara kerja si pembobol hingga bisa meraup uang milyaran rupiah.

hingga saat ini, kejahatan ini diduga kuat oleh para ahli IT. Keterlibatan penjahat jaringan internasional, juka dikemukakan sejumlah pihak. "Sampai saat ini, dugaan kuat cara kerja mereka adalah dengan memasang skimmer sebagai pendeteksi nomor register kartu yang diselipkan di "mulut" ATM serta menggunakan spy camera (kamera tersembunyi) untuk melihat gerakan jari korban ketika memencet tombol PIN.

Dari hasil pelacakan pihak berwajib sementara ini, setelah berhasil mengetahui nomor kartu serta PIN korban, pelaku kemudian membobol dengan cara mentransfer uang ke beberapa nama rekening lainnya, baru di rekening tujuan uang dicairkan.

Berikut ini adalah tips aman menggunakan kartu ATM agar tidak dibobol oleh orang lain:

1. Jaga kerahasiaan PIN ATM lewat:
  • Ubah PIN secara berkala. Usahakan tidak membuat kombinasi yang mudah ditebak (tanggal dan tahun kelahiran, misalnya). 
  • Saat menekan tombol PIN di mesin ATM, tutupi dengan tangan agar tidak bisa dilihat oleh orang lain. 
  • Jangan pernah memberi tahu nomor PIN. 
  • Perhatikan dengan seksama alat EDC saat bertransaksi kartu ATM di toko. Jika ada alat lain yang menempel di EDC (Electronic Data Capture), batalkan transaksi, laporkan ke pihak berwenang.
2. Perhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya. Jika ada yang mencurigakan, segera lapor.
3. Pilih lokasi ATM yang aman (dekat/di dalam bank) atau di tempat yang sudah biasa anda gunakan sehingga segera tahu jika ada kejanggalan.
4. Jika merasa ragu atau ada kejanggalan, langsung batalkan transaksi. Jika perlu blokir kartu atau segera ubah PIN. Juga ketika di layar mesin tertulis "Maaf ATM tidak bisa digunakan" sementar anda sudah memasukkan kartu dan memencet PIN.
5. Waspadai kotak brosur yang mungkin menempel/di dekat ATM karena kotak brosur itu bisa digunakan untuk menutupi kamera tersembunyi untuk merekam gerakan jemari anda saat memencet tombol PIN.
6. Sedapat mungkin hindari ATM drive-through karena pengemudi sering terburu-buru dan merasa tak enak hati dengan pangantre lainnya. Akibatnya, kita jadi lengah dan pencuri identitas (Nomor PIN) bisa dengan mudah beraksi.


Terima kasih...
Semoga bermanfaat...

1 Response to "6 Tips aman agar kartu ATM tidak dibobol orang"