Rabu, 11 November 2015

Kulit dehidrasi, berikut ini tips mengatasinya

Kulit dehidrasi, berikut tips mengatasinya

Terik cahaya matahari yang panas dapat mempengaruhi kulit wajah. Makan dan minum yang secara  notabene berkurang dapat mengakibatkan dehidrasi. Sperti diketahui, dehidrasi mengakibatkan kulit wajah terlihat kusam, kasar, mudah teriritasi dan memicu munculnya kerutan-kerutan halus pada kulit wajah. Untuk menghindari dehidrasi karena aktifitas yang berat ataupun ringan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti tubuh memerlukan air 8 hingga 10 gelas perhari.

Untuk menjaga kulit wajah agar tetap segar, perlu anda perhatikan beberapa anjuran berikut, yaitu:

1. Makanan dan minuman
Lakukan perawatan kulit dari dalam dengan cara mengonsumsi buah, sayur, dan minum air putih yang cukup. Asupan vitamin dan mineral yang memadai juga diketahui dapat mengontrol cairan tubuh sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

2. Pelembab, perawatan dasar kosmetik
Gunakan pelembab yang mengandung air (water based). Pilih pelembab yang mengandung bahan yang mampu meningkatkan kadar air di dalam sel kulit atau disebut humectant, seperti gliserin, urea, asam hyaluronat, ceramide, kolagen, protein, asam amino, kolesterol, glukosa, dan glikogen. Pastikan juga pelembab pilihan anda mengandung unsur antioksidan.

3. Scrubbing
Lakukan scrubbing (pengelupasan sel kulit mati) yang dilakukan rutin agar wajah tidak kusam. Masker wajah juga dianjurkan, terlebih yang mengandung vitamin dan pelembab alami dari buah-buahan atau sari tumbuhan.

4. Kosmetik lembut
Pilih kosmetik yang tidak mengandung bahan-bahan pemicu iritasi dan alergi pada kulit. Pasalnya, kulit yang mengalami dehidrasi cenderung sensitif. Gunakan kosmetik yang diberi keterangan dermatologist tested (sudah diuji oleh dokter ahli kulit), noncomedogenic (tidak mengandung bahan yang menyebabkan komedo) nonacnegenic (tidak emgandung bahan yang memicu jerawat).

Tips Merawat Kulit tubuh

Sama dengan kulit wajah, kulit tubuh juga akan mengalami dehidrasi apabila kekurangan cairan dan tidak dirawat. Dehidrasi juga melanda sebagian besar wanita yang terlalu over dalam merawat tubuhnya. Untuk itu, penting diperhatikan beberapa tips merawat kulit tubuh. Berikut ini 8 tips untuk merawat kulit tubuh, yaitu:
  1. Saat mandi basuhlah anda dengan air hangat-hangat kuku. Dan sebaliknya jangan terlalu lama berendam dalam bathup karena kulit akan kehilangan kelembaban alaminya sehingga menjadi mudah kering.
  2. Aplikasikan pelembab sat tubuh masih dalam keadaan lembab.
  3. hindari menggunakan yang mengandung parfume.
  4. Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.
  5. Jangan terlalu sering membasuh wajah dengan air karena dapat mengurangi kelembaban.
  6. Pilih pelembab yang mengandung emollients dan gunakan setiap hari.
  7. Selalu gunakan tabir surya. Pilih tabir surya yang mempunyai SPF sekurangnya 15.
  8. Kulit wajah kering biasanya cenderung kasar dan mudah pecah-pecah. Karena itu, rutinlah melakukan exfoliasasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar