Lakukan 6 hal ini untuk mencegah keburukan

Lakukan 6 hal ini untuk mencegah keburukan
Rosul pernah bersabda, bantulah saudaramu yang zalim. Sahabat bingung, bagaimana membantu saudara yang zalim itu? Rosul pun menjawab, bahwa membantu saudara yang zalim itu adalah dengan menahan tangannya untuk tidak berbuat zalim. Ada banyak contoh yang bisa membuka pikiran kita, bahwa mengundang "kebaikan berganda dan kebaikan yang mengalir" dengan Cara Mencegah Keburukan adalah hal yang mudah.

Mencegah keburukan sangat penting dalam kehidupan ini, agar terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan. Maka dari itu, Anda wajib mencegahnya bila di sekitar Anda atau di kampung Anda ada sesuatu hal seperti maksiat-maksiat, perjudian, mabuk-mabuk'an dan lain-lain. Berikut adalah contoh-contoh ini yang bisa anda lakukan untuk mecegah keburukan.
  • Anda mencegah diri anda berbuat buruk. Maka ini pun termasuk mencegah jalan-jalan keburukan datang bagi orang lain. Kok bisa? Ya, dengan Anda memutuskan diri dari mata rantai keburukan, berarti Anda memutus satu dari sekian mata rantai keburukan itu sendiri. Dan tentu saja ini kebaikan tersendir adanya. Suatu saat, misalkan kawan Anda mengajak Anda berjudi, lalu Anda bisa menolak, yang dengan tolakan Anda tersebut kawan Anda pun tidak jadi berjudi, inilah salah satu kemudahan menutup jalan-jalan keburukan yang berawal dari diri sendiri.
  • Anda mendirikan majelis-majelis ilmu di kampung Anda, yang dengannya menyadarkan orang-oang banyak akan maksiat dan dosa untuk mencegah jalan-jalan keburukan.
  • Anda ikut mendirikan kegiatan-kegiatan ekonomi, yang dengannya surut tingkat kejahatan di kampung. Ini pun merupakan jalan-jalan yang mencegah keburukan. Maka pahalanya akan senantiasa mengalir dan mengalir untuk Anda. Selama mereka yang biasanya berkelakuakn buruk memelihara diri dari keburukan, maka selama itu pula pahala kebaikan mengalir.
  • Anda membantu warga, memprakarsai kegiatan-kegiatan positif bagi remaja, supaya mereka tidak banyak nongkrong, misalkan dengan membangun sarana-sarana olahraga, maka ini kebaikan adanya. Ditambah bila sarana olahraga tersebut bisa menurunkan angka keburukan remaja, maka inilah juga jalan-jalan yang bisa menutup keburukan dan menambah pundi-pundi kebaikan Anda.
  • Anda seorang tokoh masyarakat, tokoh yang dipandang di kantor (pimpinan/pejabat), lalu Anda menutup pintu-pintu yang bisa menjadi akses kepada maksiat, maka Anda termasuk mendapatkan berlipat-lipat kebaikan. Satu, mendapatkan kebaikan dari perbuatan Anda. Yang kedua, mendapatkan kebaikan dari menutup jalan keburukan.
  • Anda mendoakan keluarga Anda, mendoakan warga di kampung Anda, mendoakan negeri ini, mendoakan alam ini, agar terhindar dari maksiat, terhindar dari dosa dna keburukan, maka doa itulah jalan-jalan yang bisa ikut mencegah keburukan. Dan tentu saja ini kebaikan yang akan berlipat-lipat datangnya.
Dan masih banyal lagi contoh yang bisa Anda kembangkan dalam kehidupan ini. Galilah terus-menerus potensi kebaikan dengan Mencegah Jalan-jalan Keburukan. Dan patut juga diberi tahu, kebaikan itu sangat umum. Sekedar Anda diberi tahu bahwa di depan ada banjir saja, Anda sudah bisa mencegah keburukan yang mungkin terjadi jadi tidak terjadi. Sekali lagi, kembangkanlah potensi-potensi kebaikan yang sudah digelar Allah buat kita.

0 Response to "Lakukan 6 hal ini untuk mencegah keburukan"

Posting Komentar