Radiasi luar biasa di orbit planet jupiter

Radiasi luar biasa di orbit Jupiter

Galaksi merupakan sekumpulan dari sekitar 100 miliyar bintang-bintang. Salah satu di antaranya adalah matahari sebagai pusat tata surya. Di samping sebagai pusat peredaran, matahari juga sebagai pusat sumber tenaga bagi seluruh anggota tata surya. Galaksi tempat bumi kita berinduk diberi nama Bima Sakti atau Milky Way.

Yupiter merupakan planet terbesar di antara planet-planet anggota tata surya. yupiter nampak sebagai bintang yang terang dan muncul pada tengah malam. Yupiter mempunyai kurang lebih 17 satelit. Planet ini berotasi dalam waktu 9 jam 50 menit. Oleh karena rotasinya yang cepat pada bagian akuator sedikit mengembang sehingga tampak seperti sabuk.

Pesawat ruang angkasa NASA menemukan adanya radiasi yang luar biasa di sekitar planet Jupiter, sehingga harus dicari cara agar misi ke planet tersebut bisa dilakukan. Sejumlah ahli dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyebutkan pesawat ruang angkasa ‘Cassini’ yang menggunakan antena buatan Italia, menunjukkan adanya emisi akibat radiasi di lingkaran Jupiter saat pesawat tersebut terbang di sekitar planet tersebut pada Desember lalu.

Datanya tidak bisa diukur dari bumi atau pesawat ruang angkasa yang sebelumnya pernah mengunjungi Jupiter yang menunjukkan adanya tingkatan yang lebih rendah dari elektron energi dengan tingkat tinggi tersebut. Namun para ahli itu menyatakan, pada perkembangan lanjutan diperkirakan beberapa elektron memiliki tingkatan energi lebih rendah. 

Meski demikian, elektron energi ini bisa mengancam peralatan elektronik pesawat ruang angkasa yang berada 321.853 kilometer dari Jupiter. “Ini implikasi bahwa kita tidak hanya harus mengerti proses fisik radiasi di lingkaran Jupiter, namun juga merancang bagaimana pesawat antariksa bisa melakukan eksplorasi lebih dekat ke Jupiter di masa mendatang,” ujar Scott Bolton dari NASA.

0 Response to "Radiasi luar biasa di orbit planet jupiter"

Posting Komentar