Sabtu, 21 November 2015

Tips dan trik saat menghadapi tes interview kerja

Tips dan trik saat menghadapi tes interview kerja
Seberapa bagus performa seseorang saat interview akan sangat diperngaruhi oleh seberapa bagus dia menyiapkan diri untuk itu. Kurangnya persiapan akan membuat rasa percaya diri jadi terkikis. Untuk itu sebuah persiapan sebelum interview sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan kesempatan meraih sukses. Persiapan yang baik merupakan kunci keberhasilan. Banyak orang tidak memiliki persiapan khusus ketika akan menghadapi wawancara kerja.

Tapi ingat, dalam proses seleksi, wawancara merupakan tahapan akhir untuk memastikan apakah seorang kandidat layak atau tidak. Dengan melakukan persiapan yang baik, maka peluang untuk diterima akan menjadi lebih besar. Meski merasa pintar dan berbakat. Sering kali anda bingung saat menghadapi proses wawancara kerja. Mulai dari gugup sampai persiapan yang kurang. Untuk itu anda perlu mencoba beberapa tips dan trik yang mungkin bisa membantu anda saat menghadapi proses tersebut.

Riset Dan Persiapan
Hal yang penting sebelum datang untuk wawancara yakni cari tahu terlebih dahulu gambaran mengenai perusahaan tersebut. Jangan sampai anda tidak mengetahui mengenai perusahaan yang anda inginkan. Tidak sulit untuk dapat mengetahui profil suatu perusahaan tertentu pada saat ini. Cukup dengan browsing via internet, anda pun bisa mengetahui banyak hal mengenai perusahaan yang anda inginkan. Dengan memiliki gambaran perusahaan tersebut, anda sudah memiliki bekal untuk wawancara nantinya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda, apakah posisi yang anda inginkan sesuai dengan minat dan tujuan karir anda. Pelajari kembali CV anda dan fokuskan pada bagian-bagian yang relevan dengan pekerjaan yang dituju. 

Persiapan ini akan memudahkan kelancaran anda dalam menjawab terkait apa-apa yang telah anda tuliskan di dalam CV. Pastikan waktu, tempat, dan siapa yang harus dihubungi untuk proses wawancara. Rencanakan keberangkatan anda agar tiba tepat waktu dan jangan sampai hilang kesempatan hanya gara-gara datang terlambat. Berlatihlah beberapa pertanyaan yang sulit dan bagaimana anda menjawabnya. Ini akan menghemat waktu dan anda tidak perlu berfikir terlalu lama ketika perekrut menyampaikan pertanyaan yang sulit.

Penampilan Dan Kesan
Gunakanlah pakaian yang sopan dan terlihat profesional. Dalam dunia kerja masalah penampilan janganlah dianggap remeh. Tampilan luar merupakan hal yang kali pertama dinilai orang. Jangan sampai penampilan anda terlalu heboh dan pas-pasan, pandai-pandailah dalam menyesuaikan. Paling baik mengenakan setelan Blezer formal. Sepatu dan tas yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan tidak rusak. Jika ingin menggunakan perhiasan atau aksesori pilihlah yang sederhana dan terkesan formal, hal ini bisa mendukung penampilan anda terlihat lebih elegan. Simpan dan matikan semua aksesori elektronik (handphone, pager, dna lain-lainnya). Yang penting jaga penampilan anda untuk selalu bersih, rapi, dan sederhana.

Supaya anda pandai dalam menciptakan kesan yang menarik mengenai diri anda sendiri, Tapi perlu diingat, jangan sampai anda memanipulasi data. Tunjukan sikap yang ramah dan menyenangkan. Tingkah dan gerak laku juga mesti dijaga. Duduklah dengan tegak, tapi jangan terlalu kaku. Jawablah semua pertanyaan dari si pewawancara dengan suara yang jelas dan jawaban yang terperinci. Yang paling penting, tunjukan antusias anda dan yakinkan kalau anda memang berkompeten untuk posisi yang ditawarkan. Jika perlu ajukan juga beberapa pertanyaan berbobot seputar pekerjaan yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar