4 Jenis penyakit telinga dan cara pengobatannya

4 Jenis penyakit telinga dan cara pengobatannya

1. Cirit Telinga
Telinga itu sering kali mengeluarkan zat minyak yang berwarna kuning secara terus-menerus, dan hal itu sudah biasa dialami. Akan tetapi, kadang-kadang ada debu yang tertiup angin, kemudian menerpa ke wajah, lalu masuk ke lubang telinga. Setelah itu, kemudian menerpa ke wajah, lalu masuk ke lubang telinga. Setelah itu, lantas debu tersebut menempel di dalam telinga, yang akhirnya bercampur dengan zat minyak tadi. Maka lama-kelamaan ia menjadi mengeras seperti batu di dalam telinga, yang demikian itulah disebut "Cirit Telinga".

Jika kotoran telinga itu dibiarkan, maka dapat mengakibatkan kurang pendengaran, bahkan pada suatu ketika akan hilang pendengarannya. Sedangkan untuk membasmi cirit telinga ini, dianjurkan agar setiap sore diberi satu tetes glisrin atau minyak yang hangat, untuk diteteskan pada lubang telinganya, kemudian disumbat dengan kapas.

Kemudian pada pagi harinya, telinga harus dibersihkan dengan alat khusus yang diisi dengan air hangat, karena jika diberi air dingin, akan menyebabkan kepala pusing atau mengakibatkan ingin muntah-muntah, atau dengan diberi larutan air oksigen satu sendok dicampur dengan air hangat atau panas.

Kadang-kadang dalam pengobatan tersebut dengan menggunakan bycarbonet soda satu sendok yang dicampur air hangat satu gelas. Maka dengan begitu, kotoran telinga akan keluar. Hendaklah berhati-hati, jangan sampai mengeluarkan kotoran telinga dengan alat pengeruk dari tusuk rambut atau alat yang agak mirip dengannya, karena hal itu jelas akan benyak menimbulkan bahaya.

2. Penyakit Bisul Pada Urat Telinga
Kebanyakan bisul itu terasa amat menyakitkan, walaupun begitu ia dapat diobati dengan uap air rebusan daun teh. Adapun caranya, letakkan kain yang sudah diselup dengan air rendaman daun teh ke dalam telinga. Sesudah itu, buatlah ramuan dari daun rami dan letakkan di atas telinga, ketika itu juga, celupkan kain pada air dingin dan ikatkan pada kedua betis.

3. Penyakit Pada Telinga Bagian Tengah
Adapun cara untuk mengobatinya, hendaklah merebus air, kemudian uapnya diarahkan ke telinga. Agar uapnya dapat mengarah ke telinga, maka yang baik adalah dengan menggunakan teko, sesudah itu ambil kain yang kering, lalu dibalutkan padanya dan biarkan sampai dapat mengeluarkan keringat, kemudian buatlah ramuan dari biji rami untuk dioleskan pada telinga bagian atas. Sebelum ada cairan yang keluar dari telinga, maka teteskan lebih dahulu minyak yang hangat ke dalam telinga.

Apabila penyakit tersebut sudah menjalar ke tulang di belakang daun telinga, hal itu dapat diketahui jika tulang di belakang daun telinga itu berwarna merah dan sudah mulai tampak membengkak serta apabila dipijat, terasa sangat sakit dan ketika sakitnya sudha hilang, maka telinga harus dibersihkan dengan air rendaman daun teh, apabila ada cairan yang keluar dari lubang telinga.

Akan tetapi kebiasaannya, cairan yang keluar dari telinga itu, lantaran selaput kendang ada yang pecah, dan untuk menyembuhkan selaput tersebut, memerlukan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, bagi orang yang mengidap penyakit itu, hendaknya berhati-hati ketika mandi atau berenang dalam kolam, agar menjaga jangan sampai ketika berenang, ada air yang masuk ke lubang telinganya.

Adapun cara untuk mencegah agar air tidak dapat masuk ke lubang telinga, maka diperlukan menutup telinga pada waktu berenang, umpamanya dengan menggunakan kain yang sudah dicelup dengan minyak. Perlu diperhatikan! Apabila ada air yang masuk ke telinganya, maka akan dapat mengakibatkan tidak sadar, bahkan kadang-kadang akan menambah parah penyakit tersebut.

4. Telinga Mendengung Dan Tuli
Dua gejala masalah di atas disebabkan urat-urat telinga bagian dalam mengalami kekejangan. Adapun cara untuk mengobatinya, cukup dengan merendam sebagian badan atau merendamnya dengan air yang dipanaskan sedikit demi sedikit. Terapi tersebut cukup dilakukan satu kali dalam seminggu.

Sesudah melakukan perendaman, kemudian badan diselimuti dengan selimut yang kering, agar badan cepat mengeluarkan keringat. Selain melakukan terapi yang demikian, pada hari-hari yang lain, cukup merendam sebagian badannya dengan air dingin dan hangat secara bergantian. Terutama sekali merendam kedua tangan dan kedua kaki atau dengan membalut dada dan perut dengan pembalut yang sidah dibasahi.

0 Response to "4 Jenis penyakit telinga dan cara pengobatannya"

Posting Komentar