7 Jenis penyakit rematik dan cara mengobatinya

7 Jenis penyakit rematik dan cara mengobatinya
1. Penyakit Rematik Pada Persendian
Kebanyakan orang yang menderita penyakit rematik pada persendian itu, merasa suhu panas badannya meningkat, dan persendiannya terasa nyeri. Apabila jika digunakan untuk bergerak, sekalipun hanya dengan gerakan yang ringan, maka kadang-kadang penyakitnya akan lama sembuhnya, yaitu kadang-kadang antara 2 sampai 3 bulan.

Apabila sudah parah, maka dampak negatifnya akan menjalar ke rongga dada bagian dalam dan lubuk jantung, hal itu benar-benar akan mengganggu kerjanya, yang dengan demikian peredaran darah juga akan terhalang.

Adapun cara untuk mengatasi penyakit tersebut, diperlukan banyak kesabaran, karena apabila sudah terserang, yaitu pada awalnya ditandai dengan suhu panas badan yang semakin meningkat, maka harus dilakukan pengobatan untuk panas badan tersebut, sebagaimana yang sudah kami terangkan sebelumnya. Jadi, orang yang menderita harus menyelimuti badannya dengan selimut yang kering, tanpa diselupkan ke air dingin atau panas terlebih dahulu. Apabila hal itu sudah dilakukan, maka badannya akan mencucurkan keringat yang banyak.

Sesudah melakukan hal itu, badan harus dipanaskan pada terik sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, akan tetapi perlu diketahui, yaitu hendaknya menggunakan tutup kepala. Pemanasan seperti ini hendaknya diusahakan sekuatnya. Sesudah itu,. persendian badan dibasuh dengan air dingin hingga kulitnya berwarna merah. Hal tersebut cukup dilakukan tiga sampai empat kali dalam sehari.

Kemudian, pergelangan badan dibalut dengan kain yang sudah dibasahi, yang biasanya dicampur dengan cuka, minyak yang hangat, atau parafin secara bergantian. Pembalutan tersebut dilakukan dalam beberapa jam saja, (sebagian orang yang menderita itu ada yang lebih suka memakai air dingin dan ada di antara mereka yang suka dengan memakai air panas. Jadi, untuk mengobatinya, bergantung situasi orang yang menderita terlebih dahulu). Sedangkan cara terbaik untuk mengatasi dan mengobati penyakit rematik persendian, adalah dengan menggunakan cara berpuasa.

2. Penyakit Rematik Kronis Pada Persendian
Penyakit yang demikian itu kebanyakan sudah beralan dalam tempo yang cukup lama, bahkan sudah melewati beberapa tahun. Kadang-kadang persendian itu sampai mengalami beberapa kerusakan, keretakan, atau kurang berfungsi dengan baik. Bahkan kemungkinan sudah tidak pada tempatnya yang biasa, sehingga berakibat terasa sakit jika digunakan untuk bergerak, bahkan arah gerakannya pun sudah semakin terbatas.

Adapun cara terbaik untuk mengobati penyakit tersebut, adalah dengan jalan berpuasa. Sedangkan cara untuk mengurangi rasa nyerinya, maka yang lebih layak adalah dilakukan dengan cara membalut persendian dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan jerami avena sativa, yaitu sebagai bahan celupannya. Disamping itu, hendaknya diusahakan agar membasuhkan air ke persendian yang sakit dengan air hangat dan air dingin secara bergantian.

3. Penyakit Rematik Pada Urat
Rematik yang terjadi pada urat itu, sebagiannya disebabkan salah urat, sehingga badan terasa nyeri. Kebanyakan penyakit tersebut menyerang pada urat-urat punggung, dan kedatangan penyakit itu secara mendadak. Maka dari itu, orang-orang Jerman menamakan penyakit tersebut "Tenung pemintal wanita ahli sihir".

Apabila seseorang baru terkena penyakit tersebut, maka cara mengobatinya dengan berbagai terapi. Yaitu, langkah pertama yang harsu dilakukan adalah hendaklah meletakkan bantal yang sudah diisi dengan jerami avena sativa pada bagian punggung orang yang sakit, agar dia tidur di atasnya atau punggungnya diolesi dengan kentang hangat yang sudah dihaluskan dengan alat penumbuk. Setelah itu, lalu diusap dengan air dingin.

Pada hari berikutnya, apabila rasa nyerinya masih ada, maka sesudah memakai bantal dengan jerami avena sativa, lalu diselimuti dengan selimut yang kering, tanpa dicelupkan ke air hangat atau air dingin, atau sebaiknya merendamkan badannya di air hangat, agar keringatnya dapat keluar.

Kadang-kadang orang yang menderita penyakit tersebut terasa lega dengan dipijat yang keras pada punggungnya, lebih-lebih bila mengenai pada uratnya.

4. Rematik Kronis Pada Urat
Cara untuk menghilangkan rasa nyeri pada penyakit rematik pada urat ini, yaitu hendaknya mengisi kantong dengan jerami avena sativa yang hangat, setelah itu katong tersebut diletakkan pada bagian anggota badan yang terasa nyeri. Sesudah selesai melakukan peletakan kantong tersebut, kemudian orang yang sakit itu merendamkan badannya ke air panas atau berselimut dengan selimut yang kering, tanpa terlebih dahulu direndam di dalam air hangat maupun air dingin.

Dengan demikian, maka secara cepat dia akan mengeluarkan keringat. Hal itu hendaklah dilakukannya sekali atau dua kali dalam seminggu. Adapun hari-hari yang lain, maka sebaiknya dilakukan membalur bagian anggota badan yang terasa nyeri dengan pembalut basah, dalam jangka waktu yang amat pendek atau membasuhnya dengan air dingin sampai kulit badan yang terasa nyeri itu berwarna merah, apabila hal itu dapat dilakukan atau melakukan pengobatan khusus untuk mencuci darahnya.

5. Arthritis (Penyakit Tulang)
Penyakit tulang ini banyak yang mengatakan sebagai "penyakit raja", karena sesungguhnya penyakit tersebut menyerang terhadap orang-orang yang selalu makan enak, umpamanya makan daging, merokok, dan pecandu minuman keras.

Pada persendian tulang orang yang sakit ini, kebanyakan ada butir-butir kecil seperti mikrokristal, yang biasanya menyerang pada persendian badan yang kecil, umpamanya persendian jari-jari tangan, yang akibatnya, setiap digunakan untuk bergerak, maka terasa sakit. Penyakit tersebut akan terasa rasa nyerinya, apabila telah digunakan makan daging, merokok atau minum-minuman keras. Hal itu menunjukkan ada kaitannya antara penyakit tersebut dengan organ dalam badan yang terserang penyakit.

Adapun cara mengobati penyakit di atas, biasanya dengan berpuasa atau pengobatan yang digunakan untuk mengeluarkan keringat. Sedangkan untuk meringankan rasa nyerinya, maka cukup dengan menuangkan air dingin ke bagian anggota badan yang terasa nyeri, atau merendamkan badan ke dalam bak yang sudah terisi air dingin dalam jangka waktu beberapa jam. Setelah rasa nyerinya hilang, maka hendaklah melakukan pengobatan untuk membersihkan darah, sebagaimana yang kami terangkan pada pembahasan pengobatan tersendiri.

6. Penyakit Encok
Penyakit encok tersebut apabila sudah parah, maka pengobatan yang cocok dilakukan adalah dengan memperbanyak mengerjakan puasa, merendamkan badan dengan air hangat. menyelimutinya dengan selimut yang kering, agar cepat mengeluarkan keringat, atau mengunakan pengobatan dengan uap pada badan yang terasa nyeri atau menuangkan air dingin padanya. Selain itu, bisa juga dilakukan pengobatan dengan menggunakan kantong yang diisi dengan jerami avena sativa, setelah itu dibalut dengan kain biasa.

Sedangkan untuk encok yang sudah kronis, maka cukup dengan menggunakan selimut yang kering, kemudian diselimutkan ke badan orang yang sakit. Hal itu hendaknya dilakukan sekali dalam setiap satu minggu. Adapun untuk hari-hari yang lain, maka cukup merendamkan sebagian anggota badan dengan air yang sudah dipanaskan sedikit demi sedikit.

Setelah melakukannya, maka boleh menyiram air dingin ke bagian anggota badan yang terasa nyeri. Kebanyakan, apabila rasa nyeri itu pada pantat, maka cara melaukannya cukup menggunakan kantong yang diisi dengan jerami avena sativa, llau diikat pada paha yang terkait dengan bagian badan yang terasa nyeri. Disamping itu, juga menyiramkan air dingin padanya.

7. Kurang Tenaga
Banyak sebab yang mengakibatkan tenaga orang menjadi melemah, antara lain: Kepribadian yang selalu cepat berubah, badan terasa amat capek, jiwa yang dirundung kesusahan, sulit tidur, mimpi buruk, dan kadang-kadang karena di dalam badan mengidap beberapa penyakit, umpamanya penyakit asma, gangguan pada jantung, usus halus, usus besar, empedu dan lain-lain. Semuanya itu dapat ditangani melalui melatih badan dengan beberapa macam olahraga dan memperkuat daya kesehatannya.

0 Response to "7 Jenis penyakit rematik dan cara mengobatinya"

Posting Komentar