Selasa, 15 Desember 2015

Cara mengobati penyakit eksim kering dan basah

Cara mengobati penyakit eksim kering dan basah
Penyakit eksim ini terdapat dua macam, yaitu ada yang kering dan basah, dan ia termasuk penyakit kulit. Akan tetapi, tidak berarti faktor timbulnya hanya dari kulit, karena mungkin saja penyebabnya adalah ada gejala dari dalam yang kemungkinan besar dikarenakan proses pencernaannya terganggu. Maka dari itu, cara pengobatannya boleh dilakukan dari luar, dan boleh dari dalam badan dengan menggunakan sistem diet.

Penyakit eksim ini juga dapat menimbulkan kulit bersisik, agark mirip dengan kudis atau kulit ikan. Adapun jenis penyakit eksim basah, maka dapat menimbulkan cairan rekat pada kulit (kulit menggelembung). Sedangkan cara menghilangkan kotoran kulit yang disebabkan eksim ini, tidak perlu menggunakan sabun dan air, akan tetapi cukup dengan menggunakan air saja atau air rendaman daun teh, kemudian boleh juga dengan menggunakan minyak zaitun.

Mengenai cara untuk mengobatinya, boleh juga dengan menggunakan tanah liat untuk dioleskan padanya. Akan tetapi, sebaiknya tanah liat tersebut masih dalam keadaan dingin sekali atau dengan ramuan yang terbuat dari keji beling, baik daun atau bijinya, atau secara bergantian antara keji beling dan pengolesan tanah liat yang dingin.

Sedangkan untuk mengobati eksim yang kering, maka diperlukan penyesuaian dan diadakan pemanasan, sehingga dapat disesuaikan dengan pengobatan dari dalam. Adapun untuk mengobati penyakit tersebut, adalah dengan menggunakan pengobatan merendam badan dalam air hangat, sehingga orang yang sakit akan mengeluarkan keringat, atau dengan pengobatan merendamkan badan di dalam air hangat, setelah itu badannya disikat.

Apabila penyakit eksimnya sudah menjadi parah, maka cara pengobatannya diganti, yaitu menggunakan pengobatan dengan uap daun teh yang sudah dituangkan pada air panas, dan menggunakan pembalut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jika ternyata penyakit tersebut sudah ada tanda-tanda sembuh, maka diperlukan waktu istirahat sebentar, yaitu sekitar beberapa hari dan tidak boleh melakukan segala macam pengobatan, kecuali menyeka dengan air dingin ke kulit yang jauh dari kulit yang sakit.

Sedangkan apabila pada badan orang yang sakit terdapat luka-luka kecil atau pecah-pecah, maka sebaiknya diobati dengan pembalut yang sudah dibasahi air panas, disertai ramuan dari kulit querqus robur yang sudah dihaluskan, disertai ramuan dari dedak gandum, atau dengan air rendaman daun teh, boleh juga dengan merendamkan badan di dalam air panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar