Muka jerawat, berikut tips singkat mengobatinya

Muka jerawat, berikut tips singkat mengobatinya
Jerawat itu kebiasaannya tumbuh di wajah dan dua belikat bagian atas. Di samping itu, juga banyak baksil yang menjalar ke kulit di sekitarnya. Yang pada akhirnya, akan kelihatan di kulit sekitarnya penuh dengan bintik-bintik kecil bernanah atau paling tidak kulit di sekitarnya terganggu, sehingga tidak seindah kulit yang lain, yang tidak terkena penyakit tersebut.

Akibat dari menjalarnya jerawat itu, biasanya disebabkan ada jerawat yang dibelah dengan kuku orang yang jerawatan, lalu dari kelenjar kulit itu mengeluarkan cairan berupa minyak, yang akhirnya cairan tersebut ke daerah lain, maka tumbuhlah ia sebagai jerawat baru, dari kuku yang terkena cairan tersebut.

Adapun cara mengobatinya, sebaiknya kulit dijemur di bawah sinar matahari, sampai kulit terasa panas dan dia merasakan seolah-olah terbakar karenanya, atau kulit wajah akan mengelupas. Sedangkan untuk melakukan hal tersebut, kadang-kadang dengan menggunakan sinar ultraviolet sebagai ganti daripada sinar matahari, akan tetapi kedua mata orang yang menderita harus memakai kacamata khusus, sehingga tidak mengganggu padanya.

Bagi orang yang sakit dianjurkan, agar menjauhi makanan yang berminyak dengan segala macam jenisnya, begitu juga cuka, biji sawi, dan segala macam rempah-rempah. Dalam setiap minggunya, hendaknya membersihkan wajah dengan cara pengobatan dengan uap. Kadang-kadang orang yang sakit, sesudah menjalankan petunjuk di atas, maka hendaklah melakukan pembersihan terhadap wajah dengan air dingin. Sesudah itu, wajah diseka dengan handuk.

Setelah melakukan pengobatan (perawatan) sebagaimana di atas, orang yang jerawatan diperbolehkan memijat jerawatnya dengan tangan yang bersih atau menggunakan alat khusus, biasanya alat tersebut tersedia di apotek. Adapun bentuknya seperti sendok kecil, yang tengah-tenganya terdapat lubang kecil yang cukup untuk satu bintik jerawat. Dengan alat tersebut orang yang jerawatan hendaklah meletakkan satu jerawatnya pada lubang tersebut lalu ditekan, maka jerawat akan terbelah dan dapat keluar dengan mudah sekali.

Sedangkan cara membersihkan alat tersebut dari baksil, adalah amat mudah, yaitu dengan meletakkannya di air yang hangat, spiritus atau alkohol. Setelah jerawat keluar, kemudian ambillah kapas dan celupkan pada air kolonia atau alkohol.


Sumber inspirasi dari buku yang berjudul pengobatan dengan air.

0 Response to "Muka jerawat, berikut tips singkat mengobatinya"

Posting Komentar