Senin, 07 Desember 2015

Terserang pilek, ini cara mengatasinya dengan air

Terserang pilek, ini cara mengatasinya dengan air
Ilustrasi
Flu atau pilek adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru, sehingga mempengaruhi kerja hidung, tenggorokan dan yang paling jarang terjadi, paru-paru anda. Penyakit Flu dapat dengan mudah mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain dengan melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin.

Berikut cara mengobati pilek dengan air

Ketika seseorang menderita sakit salesma (pilek), maka pada waktu sore, hendaknya disediakan bak yang berisikan air panas untuk merendam telapak kakinya. Apabila telapak kaki sudah dimasukkan, maka suhu panas air hendaklah ditingkatkan sedikit demi sedikit. Sesudah itu, lalu berselimut dengan kain kering, agar keringatnya dapat keluar bercucuran.

Sedangkan pada waktu siangnya, hendaknya meminum air satu gelas dicampur dengan satu tetes tinsture of odine. Apabiladengan upaya ini pilek masih terus-menerus sulit disembuhkan, maka langkah terbaik baginya adalah berdiam di kamar selama tiga hari, kamar tersebut harus dihangatkan dan dia harus mendekat pada mesin penghangat ruangan.

Akan tetapi, jika pada suatu saat pilek itu bertambah parah, sampai orang yang menderita sukar untuk bernapas karenanya, maka diperlukan sekali untuk membuat perendaman wajah dengan air dingin. Disamping itu, orang yang menderita harus memanaskan wajahnya dengan uap, apabila ternyata dahinya terasa nyeri dan pangkal hidungnya pun terasa sakit. 

Selanjutnya, apabila pada suatu ketika orang yang menderita telah mengeluarkan ingus banyak yang berbau tidak enak, maka lubang hidung harus dibersihkan dengan air rendaman teh atau daun ekor kuda. Pilek tersebut disebabkan daya tahan badannya berkurang. Disamping itu, kesehatannya juga tidak seberapa mampu melawan pergantian cuaca tersebut. 

Pilek adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala terasa berat, batuk-batuk, kelemahan atau lelah, dan rasa tidak nyaman secara umum.


Sumber inspirasi dari buku yang berjudul pengobatan dengan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar