Jumat, 11 Desember 2015

Tips mengobati kulit bersisik ikan dan gatal

Tips mengobati kulit bersisik ikan dan gatal
Ilustrasi

Mengobati penyakit kulit bersisik ikan
Penyakit kulit bersisik ikan itu biasanya berjangkit pada perut, dada, dan punggung, dan hal itu sulit sekali untuk diobati. Maka dari itu, cara membasmi atau mengobatinya, hendaklah kulit orang yang menderita itu dibalut dengan kain yang sudah dicelupkan ke air yang sudah direndami garam. Mengenai cara tersebut dapat dilakukan pada setiap hari.

Setelah itu, kulit diolesi dengan minyak goreng atau minyak zaitun. Kadang-kadang cara menyembuhkannya dengan melakukan pengobatan dengan air dingin, yaitu kulit orang yang menderita dibasuh dalam setiap hari dengan air dingin, sampai kulit kelihatan berwarna merah.

Mengobati penyakit kulit gatal
Kudis atau gatal-gatal itu kebanyakan timbul di kulit.Hal itu disebabkan penyakit kuning yang diderita oleh seseorang, kanker, urat-urat mengeras dan kencing manis. Yang sudah tentu care pengobatannya harus disertai dengan pengobatan dari dalam badan itu sendiri, yang mana hal itu ditentukan oleh beberapa pemeriksaan dokter yang amat cermat.

Sering kali gatal-gatal ini mengakibatkan orang yang sakit merasa kepayahan dan kadang-kadang mengakibatkannya tidak dapat tidur. Apabila keadaannya demikian, maka dia akan kekurangan tenaga dan kurang istirahat.

Adapun untuk mengobatinya, banyak cara yang harus ditempuh, umpamanya dengan cara mengusap badan dengan air dingin, lebih-lebih terhadap badan yang terkena penyakit gatal tersebut. Sedangkan untuk pengobatan yang lebih efektif, maka hendaknya menggunakan air dingin yang sudah dicampur dengan cuka. Sebenarnya, ada cuka yang lebih cocok untuk menyembuhkan penyakit gatal itu, yaitu cuka yang terbuat dari apel. (Cuka semacam itu banyak di jual  di pasar-pasar atau supermarket dan kebanyakan ia diimpor dari negara Amerika).

Apabila ternyata orang yang sakit masih belum bisa tidur dengan pengobatan tersebut, maka hendaknya diulangi lagi. Kemudian badan dikeringkan, bahkan lebih baik lagi diberi bedak talk atau bedak lain yang bisa digunakan untuk penyakit kulit, umpaanya yang biasa digunakan untuk anak-anak. Apabila penyakit gatalnya itu sudah sangat parah, maka usahakan agar mengobatinya dengan cara merendamkan dirinya di dalam air hangat yang dicampur dengan dedak gandum. Diperbolehkan memperpanjang jangka waktu untuk merendam, umpamanya satu jam atau lebih, menurut kebutuhannya.

Sebagian orang yang sakit, lebih cocok diolesi dengan minyak tumbuh-tumbuhan (minyak bekas menggoreng) dari pada diolesi dengan beberapa bedak. Dalam keadaan yang demikian ini, orang sakit tidak diperbolehkan memakai pakaian yang kasar, akan tetapi harus memakai pakaian yang halus. Terutama apabila memakai kain yang terbuat dari sutera, hal itu lebih baik.


Sumber inspirasi dari buku yang berjudul pengobatan dengan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar