Kamis, 28 Januari 2016

18 Tips agar anak bahagia dan berprestasi

18 Tips agar anak bahagia dan berprestasi
Menjadi orang tua merupakan petualangan yang sarat akan berbagai pengalaman. Bagaimana rasanya saat menyadari bahwa anda telah menjadi ibu?

Semua Demi Buah Hati
Untuk dapat memberikan kebahagiaan, kenyamanan, dan cinta kepada buah hati mereka, orang tua bersedia melakukan apa saja yang dapat dilakukannya. Meskipun demikian, karena merasa kesulitan dalam menyeimbangkan antara pekerjaan, hubungan dengan pasangan, dan anak-anak, banyak orang tua yang merasa perlu menemukan cara yang paling tepat untuk mendidik dan mengasuh anak. Usaha yang dilakukan oleh orang tua tersebut tersermin pada perilaku dan cara berpikir anak.

Pengaruh Orang Tua
Sebuah riset mengungkapkan bahwa saat anak hanya dapat bertemu dengan orang tuanya pada saat makan pagi, siang, atau malam saja, orang tua tetap memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan anak-anak mereka. Guru dapat mengajarkan mengenai berbagai macam hal yang luar biasa, namun terkadang apa yang diajarkan oleh guru di sekolah belum tentu selaras dengan pendidikan yang diperoleh anak di rumah.

Agar Anak Bisa Bahagia Dan Berprestasi
Jika anak merasa gembira, maka orang tua pasti akan merasa bahagia. Sebaliknya orang tua yang bahagia dapat semakin membahagiakan anak-anaknya. Untuk itu, lakukan apa saja yang bisa anda lakukan untuk membahagiakan anak. Dan berikut adalah beberapa di antaranya.
  1. Bangun rasa percaya diri anda sebagai orang tua, agar anak juga tumbuh sebagai anak yang memiliki rasa percaya diri yang sehat.
  2. Fokuskan perhatian terhadap apa yang anda rasakan, yang dapat memberikan motivasi kepada anda. Lakukan segala sesuatu karena anda yakin bahwa anda berniat untuk melakukannya, dan bukan karena ada yang memaksa anda melakukannya. Dengan demikian anak juga akan terbiasa memberikan motivasi kepada dirinya sendiri dalam melakukan segala sesuatu sesuai dengan kata hatinya, dan bukan hanya sekadar karena ingin menyenangkan anda.
  3. Hitung dan ungkapkan sesuatu yang baik yang anda pikir, rasa dan lakukan kepada anak. Dengan demikian anak dapat belajar bagaimana merasa bangga kepada anda, dan dirinya sendiri.
  4. Jalin hubungan yang baik dengan orang tua anda. Dengan demikian anak dapat belajar bahwa hubungan yang baik antara orang tua dengan anak, merupakan hal yang penting.
  5. Tetaplah menjaga hubungan dengan saudara kandung anda. Dengan demikian, anak akan dapat mempelajari nilai-nilai positif yang selama ini juga telah anda pelajari dan kuasai.
  6. Luangkan waktu untuk menjaga hubungan dengan teman. Jadi, berikan contoh kepada anak, bagaimana caranya berteman dengan baik.
  7. Sikap menerima atau toleransi juga merupakan kualitas yang penting bagi kondisi emosional. Jika anda ingin melihat keberadaan kualitas tersebut dalam diri anak, maka anda perlu memberikan contohnya kepada anak.
  8. Kembangkan rasa kepemilikan. Untuk itu, luangkan waktu bersama keluarga, teman, kelompok sosial, budaya, hobi maupun religi. Dengan demikian anak akan menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari sebuah kelompok besar, lebih besar, dan jauh lebih besar lagi.
  9. Jika anda menginginkan anak ber-EQ tinggi, anda perlu belajar lebih banyak mengenai diri anda sendiri, agar anak juga mengikuti apa yang anda lakukan.
  10. Pelajari cara untuk mengontrol emosi, Jika anda tidak bisa melakukannya, jangan pernah mengharap anak bisa mengendalikan emosinya.
  11. Jika anda menginginkan anak-anak yang efesien, mampu mengendalikan waktu dengan baik, maka perhatikan penggunaan waktu yang anda terapkan sehari-hari.
  12. Jika anda menginginkan anak yang bertanggungjawab. Tidak perlu mempersalahkan mereka jika melakukan kesalahan, tidak perlu mempersalahkan mereka atas sesuatu yang terjadi, baik dalam kehidupan mereka maupun dalam kehidupan anda. Jika anda telah memilih untuk melahirkan, mendidik, dan membesarkan mereka, tunjukan bahwa anda bersedia bertanggungjawab atas pilihan anda.
  13. Jika anda menginginkan agar anak berusaha untuk belajar dengan baik, lakukan hal yang sama. Meskipun anda sudah tidak lagi bersekolah, cobalah untuk mempelajari sesuatu yang baru. Baca jika anda menginginkan anak mmbaca dan pelajari apa yang perlu dipelajari oleh anak.
  14. Jika anda menginginkan agar anak menghargai kemampuan yang mereka miliki, mulailah dengan menghargai kemampuan anda sendiri. Catat setiap hal yang dapat anda banggakan mengenai anda dan kehidupan anda, serta perhatikan bahwa ternyata anda mampu menuliskan banyak hal di sana. Dengan demikian, anak akan dapat dengan lebih mudah mensyukuri hal-hal baik yang mereka temukan dalam kehidupan mereka.
  15. Jika anda menginginkan agar anak senantiasa bersikap terbuka dan mengungkapkan segala hal yang mereka temui, pikirkan dan rasakan, maka ceritakan kepada mereka mengenai prestasi, sukses, kekecewaan serta tantangan yang harus anda atasi untuk mencapai segalanya. Tunjukan kepada anak, bahwa anda juga manusia, agar anak juga dapat mengekspresikan dirinya sebagai manusia.
  16. Jika anda menginginkan anak yang dapat senantiasa memberikan penghargaan terhadap segala sesuatu yang berada dalam kehidupannya, maka tunjukkan bahwa anda dapat menghargai segalanya.
  17. Usahakan untuk senantiasa merasa bahagia dan bersikap gembira, jika anda benar-benar menginginkan kebahagiaan terpancar dari raut wajah anak. Pikirkan dan temukan, apa yang dapat membuat anda merasa bahagia, dan lakukan sesuatu untuk mewujudkannya.
  18. Biasakan untuk selalu memikirkan segala sesuatu berdasarkan tujuan akhir yang ingin dicapai, agar anak meniru apa yang anda lakukan. Ingat, kebahagiaan adalah pilihan. Untuk itu, pilihlah untuk merasa bahagia, agar anak juga memilih hal yang sama.
Selesai sudah ulasan kami...
semoga bermanfaat untuk anda sekalian....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar