Senin, 25 Januari 2016

4 Cara agar tetap optimal saat berpuasa

4 Cara agar tetap optimal saat berpuasa
Setiap bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu. Bulan yang penuh berkah dan kemuliaan bagi umat islam di seluruh dunia. Semua berlomba-lomba menjalani ibadah dengan rutin dan maksimal. Mulai dari sahur, berpuasa, berbuka, sholat tarawih, tadarus hingga itikaf.

Disaat yang bersamaan, jadwal kegiatan sehari-hari tak berkurang. Pergi ke kantor setiap pagi untuk bertemu setumpuk kertas yang harus diselesaikan dan jadwal meeting maraton, memasak dan membersihkan rumah, mengurus anak-anak dan suami, dan sebagainya. Sangat menguras waktu dan energi, kan?

Oleh karena itu, kesehatan tubuh yang terbaik pun diperlukan selama menjalani ramadhan. Tujuannya agar kegiatan harian lancar, beribadah pun maksimal. Nah, apa saja yang bisa dilakukan agar kesehatan tubuh selama ramadhan tetap terjaga.

1. Olahraga Rutin
Olahraga dapat membantu tubuh tetap sehat dan fresh. Selain itu dapat menjada sirkulasi oksigen dalam tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, memiliki efek relaksasi, menguatkan otot dan tulang, menjaga daya tahan tubuh, serta menormalkan tekanan darah. Berolahraga selama satu jam setiap hari rata-rata membakar 400 kalori.

Pilihlah olahraga sesuai kebutuhan dan lakukan rutin minimal tiga kali per minggu. Tak harus memilih olahraga yang berat, terlebih saat berpuasa. Berjalan kaki atau bersepeda di pagi hari selama 30 menit pun dapat membantu badan tetap bugar.

2. Makanan Bergizi
Kunci kesehatan tubuh adalah asupan gizi sehat seimbang. Seimbang berarti mencakup gizi makro (karbohidrat, lemak, protein) dan mikro (vitamin dan mineral) yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi meski harus berpuasa sehari penuh, konsumsilah asupan bergizi seimbang di saat sahur dan berbuka puasa. Misalnya, susu steril, daging bebas lemak, sayuran dan buah-buahan, serta menghindari makanan olahan.

3. Istirahat Cukup
Tubuh memulihkan diri saat tidur. Oleh karena itu upayakan tidur berkualitas selama 7-8 jam per hari. Tidur mempengaruhi kemampuan otak, seperti kosentrasi, daya ingat, ketelitian dan kerativitas. Tidur juga dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh. Dijadikan pilihan, asal konsultasikan dulu pada dokter.

4. Kebaikan Susu Steril
Kesempatan makan saat berpuasa adalah pada waktu sahur dan berbuka. Maksimalkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman terbaik agar tubuh tetap kuat beraktivitas seharian. Salah satunya adalah mengonsumsi susu murni 100% steril setiap sahur, kondisi tubuh terjaga sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar