Selasa, 02 Februari 2016

27 Trik agar traveling terasa nyaman dan berkesan

27 Trik agar traveling terasa nyaman dan berkesan
Setiap manusia membutuhkan hiburan atau refleshing, agar otak bisa segar kembali sehabis melakukan aktifitas sehari-hari seperti traveling. Kegiatan traveling terasa menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga, teman-teman, sahabat, atau juga pasangan anda. Lebih menyenangkan lagi jika dilakukan bersama pasangan atau pacar anda yang sangat dicintainya. Traveling memang banyak sekali orang-orang yang gemar melakukannya, walau hanya sekedar mengisi waktu liburan untuk bersenang-senang bersama kawan-kawan.

Namun, jangan lupa persiapkanlah barang-barang yang harus dibawa apa saja nanti. Dan juga obat-obatan jika diperlukan untuk berjaga-jaga bila ada yang sakit. Maka harus dipersiapkan sebelum berangkat menuju tujuan yang anda inginkan. Keselamatan dan kenyamanan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan bagi seorang traveling. Berikut ini adalah trik agar membuat traveling terasa nyaman dan berksesan. 

1. Tentukan bujet
Ini berguna agar segala pengeluaran tak melebihi kemampuan.

2. Pastikan teman jalan
Dengan keluarga, sahabat, pasangan, atau sendiri? Tentukan dengan jelas keinginan anda.

3. Kumpulkan informasi tujuan wisata
Baca blog para traveler, buku-buku traveling, atau bergabung dengan komunitas traveler. Ini berguna untuk mengetahui informasi cuaca, rute public transportation, dan sebagainya.

4. Tetapkan tanggal dan lama kunjungan
Ini penting untuk disepakati, terutama jika berpergian bersama. Misalnya, orang yang bekerja harus mengajukan cuti jauh-jauh hari, sementara anak skolah harus mencocokkan dengan kalender akademik sehingga tidak mengganggu pelajaran.

5. Lengkapi dokumen
Lengkapi dokumen penting perjalanan, seperti paspor, visa, dan kartu indetitas lainnya. Siapkan juga fotokopinya, satu disimpan di tas terpisah dan satu lagi  ditinggal di rumah, untuk berjaga-jaga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Buru tiket promo
Rajin cek website yang diminati dan daftarkan e-mail anda untuk mendapat infromasi promo tiket. Booking tiket jauh hari untuk mendapat harga lebih murah.

7. Aturan maskapai
Setiap maskapai punya aturan yang berbeda. Perhatikan, terutama pada layanan tambahan bagasi, pesan nomer tempat duduk, makanan dan minuman, serta layanan khusus anak.

8. Asuransi perjalanan
Untuk meminimalkan resiko perjalanan, terutama perjalanan jauh, disarankan membeli asuransi perjalanan.

9. Pesan penginapan
Cari yang lokasinya mudah dijangkau, aman, dan sesuai bujet.

10. Buat daftar kunjungan
Agar lebih efesien, susun daftar tempat wisata yang akan disambangi.

11. Catat daftar kebutuhan
Bedakan apakah untuk perjalanan singkat atau untuk liburan panjang. Dengan begitu anda bisa menyortir barang yang benar-benar dibutuhkan.

12. Packing pintar
Mengingat biaya kelebihan bagasi cukup mahal, kemas barang dengan efesien. Teknik packing dengan cara menggulung pakaian bisa banyak membantu. Bawa pakaian yang multifungsi, seperti jins hitam, celana warna khaki, serta kardigan.

13. Tas tepat
Pilih tas berdasarkan kebutuhan dan kapasitas barang bawaan. Misalnya, carrier bag cocok untuk perjalanan panjang dengan medan berat, sebaliknya kiper. Jangan lupa, selalu gunakan label tas.

14. Travel size
Kurangi bawaan dengan memperkecil ukuran aneka toiletries. Misalnya, sampo, deodorant, pasta gigi, atau body lotion. Belilah botol-botol kecil yang banyak dijual di toko aksesoris dan tuang aneka lotion tersebut ke dalamnya.

15. Obat pribadi
Jika diperlukan, bawa obat-obatan pribadi beserta surat keterangan dari dokter dan rumah sakit tempat anda berobat.

16. Nomor darurat
Terlebih saat berpergian sendiri, catat dalam buku serta ponsel anda nomor orang terdekat yang mudah dihubungi serta nomor darurat, seperti nomor kedutaan besar di tempat tujuan.

17. Peta wisata dan aplikasi
Traveling sendiri tanpa bantuan tour guide atau travel agent? Peta wisata atau google maps penting sebagai panduan. Manfaatkan fasilitas peta wisata yang banyak tersedia di airport.

18. Uang tunai secukupnya
Perkecil resiko dengan membawa uang tunai secukupnya. Batasi juga penggunaan kartu kredit, agar tak pulang dengan banyak utang. Simpan sebagian uang, aset finansial, serta dokumen penting di beberapa tempat, seperti dompet, backpack, dan tas lainnya.

19. Pakaian dan asesoris nyaman
Pastikan anda menggunakan pakaian dan aksesoris nyaman sehingga tidak mengganggu aktivitas. Bawa selalu kardigan atau sweater tipis mengingat cuaca yang sulit diprediksi.

20. Security check
Saat di airport, pakai sepatu yang mudah dilepas, siapkan gadget untuk diperiksa dan kumpulkan benda-benda cair dalam satu kantong (ziplock plastic) agar memudahkan pemeriksaan.

21. Kuasai bahasa
Setidaknya, ketahui kosakata umum di daerah setempat agar mempermudah anda di tempat tujuan.

22. Aturan setempat
Ketahui tata tertib dan tradisi yang berlaku di tempat tujuan. Misalnya, aturan tentang kebersihan, upacara adat, berpakaian, dan berlalu-lintas.

23. Botol air minum
Faktor kesehatan sangat penting dijaga selama bepergian. Makan, minum, serta istirahat cukup harus tetap diprioritaskan selain kunjungan ke tempat-tempat wisata. Bawa selalu botol air minum agar terhindar dari dehidrasi.

24. Kantong sampah
Sambil berjalan-jalan, anda harus tetap menjaga lingkungan bersih. Siapkan kantong plastik bersih dan masukkan sampah ke dalamnya hingga menemukan tempat sampah.

25. Momen berkesan
Siapkan selalu kamera andalan di tangan. Siapkan pula tongsis, charger, dan baterai ekstra.

26. Suvenir
Suvenir yang unik dan khas dari daerah yang anda dikunjungi sudah pasti disukai kerabat dan sahabat. Pilih yang simple sehingga tak menyusahkan anda saat membawa pulang.

27. Damping anak-anak
Jangan biarkan anak-anak bermain terlalu jauh tanpa pengawasan misalnya di tepi pantai, berenang, atau berkeliling taman bermain. Selalu awasi sehingga mereka tidak tersasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar