Faktor pengaruh dan cara menjadi sehat secara mental

cara menjadi sehat secara mental
Untuk berkembang menjadi manusia yang sehat, orang harus mempunyai kesehatan mental yang baik. Kesehatan mental berarti keadaan kesejahteraan psikologis, dicirikan dengan pertumbuhan pribadi yang berkelanjutan, kesadaran akan adanya tujuan hidup, penerimaan diri, dan hubungan positif dengan orang lain.

Faktor yang berpengaruh pada kesehatan mental


Banyak aspek yang berbeda dalam kehidupan dapat mempengaruhi kesehatan mental. Di antaranya bidang itu adalah kehidupan kantor, kehidupan keluarga, dan peran sosial seseorang dalam komunitas. Pengalaman negatif di bidang-bidang itu. semisal bos yang bertindak tidak masuk masuk atau kehidupan keluarga yang bergejolak, dapat mengikis kesejahteraan psikologis secara keseluruhan.

Pengaruh penting lain pada kesehatan mental adalah stres. Pada umumnya, orang mengalami stres ketika tuntutan-tuntutan yang dialami melampaui sumber daya yang dimiliki untuk memenuhi tuntutan itu. Sumber stres yang signifikan termasuk peristiwa penting akan kehidupan, misalnya perceraian, kematian pasangan, kehilangan pekerjaan, dan keluarga yang sakit. Peristiwa itu dapat menenggelamkan kemampuan seseorang menangani masalah (coping) dan berfungsi secara efektif. Di samping itu, satu sumber stres dapat memicu stres yang lain, seperti ketika kesulitan finansial mengikuti hilangnya pekerjaan. Orang yang mengalami peristiwa traumatis luar biasa seperti perkosaan dan bencana alam mungkin mengalami gangguan stres pasca-trauma (post-traumatic stress disorder).

Orang dapat mengalami stres kronis bila dihadapkan pada serangkaian tuntutan yang terus-menerus mengganggu kemampuan mereka untuk berfungsi. Contoh tuntutan semacam ini termasuk bekerja jangka panjang di bawah situasi sulit dan mengurus kerabat yang sakit kronis. Kesulitan ekonomi, pengangguran, dan kemiskinan dapat juga menyebabkan stres kronis dan merongrong kesehatan mental.

Beberapa studi menunjukkan bahwa faktor genetik dapat menentukan tingkat kebahagiaan dan kesehatan mental seseorang. Orang tamnpaknya menunjukkan tingkat kesejahteraan psikologis yang bersifat karakteristik; ada orang yang biasanya merasa bahagia, sedang yang lain secara tipikal cenderung sedih atau tidak bahagia. Para peneliti menemukan bahwa walaupun suasana hati orang dapat berubah dalam menanggapi peristiwa positif dan negatif, pengaruhnya akan berkurang setelah beberapa waktu.

Sebagai contoh, orang yang menang undian atau menerima promosi tak terduga mungkin mula-mula merasa lebih bahagia, tetapi dengan berjalannya waktu, mereka kembali ke tingkat karakteristik kesehatan mental semula. Penelitian juga menunjukan bahwa pembawaan genetis seseorang, yaitu gen yang diturunkan dari orang tua, dapat menjelaskan lebih dari separuh perbedaan dalam tingkat suasana hati seseorang. Gen juga sebagian menentukan kisaran perubahan yang dirasakan orang, mulai dari yang mengalami perubahan suasana hati yang besar, sampai yang dari hari ke harinya stabil.

10 Cara untuk menjadi sehat secara mental


Jika anda mempunyai kesehatan mental yang buruk atau sangat buruk, tak perlu kawatir. Cobalah melakukan hal-hal berikut ini:

1. Kembangkan di dalam diri anda perasaan-perasaan aman yang memadai
Kenali perasaan tak aman di dalam dan di sekililing anda. Beberapa mungkin memang nyata, tapi sebagian besar hanyalah imajiner. Susunlah solusi untuk yang nyata dan lupakan saja yang tidak nyata. Perasaan tidak aman biasanya muncul karena kita kurang yakin pada diri sendiri. Kita merasa tidak mampu menangani situasi sulit dalam kehidupan. Kita mulai khawatir tentang masa depan kita. Kita berhenti berjuang melawan kesulitan dan menyerah. Jangan menyerah. Uruslah masa kini, maka masa depan akan mengurus dirinya sendiri.

2. Buatlah evaluasi diri yang jujur dan memadai
kenali diri anda sendiri. Kenali kekuatan anda dan terimalah kelemahan anda. Menerima dan kemudian mengatasi kelemahan anda akan memperkuat anda. Anda akan mempunyai tandon yang lebih kuat.

3. Kembangkan spontanitas dan emosionalitas yang memadai
Anda harus  bersikap spontan dalam semua tindakan anda. Jangan menunggu tarikan atau dorongan. Isilah energi anda dan tetaplah terisi penuh. Bersikaplah hangat secara emosional kepada orang lain karena anda akan menuai apa yang anda tabur. Menerima kehangatan emosional dari orang lain adalah hal yang baik untuk kesehatan mental anda.

4. Peliharalah kontak yang efesien dengan realitas 
Diana Hayden mengatakan pada pemilihan Miss Universe, "Dari mimpilah realitas lahir." Bahkan jika anda adalah seorang pemimpi, buat mimpi itu berorientasi positif sehingga anda dapat mengubahnya menjadi realitas. Belajarlah untuk hidup di dalam dunia ini, dan bukan di luarnya.

5. Miliki hasrat jasmani yang memadai dan kemampuan untuk memenuhinya
Orang tentu saja tidak dapat hidup hanya dengan makanan semata. Dia juga butuh memenuhi kebutuhan biologis lainnya dan mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya. Makan, minum, tidur, dan bergembiralah. Anda harus makan dan tidur secara cukup. Namun, tiap orang membayar harga yang berbeda-beda untuk memenuhi hasrat-hasrat itu. Banyak orang harus mengeluarkan biaya besar untuk makan dan tidur yang memadai. Jika anda termasuk dalam kelompok itu, anda harus menyusun rencana agar anda dapat membiayai kemewahan seperti ini. Ini tentu akan bermanfaat bagi anda. "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat" adalah peribahasa yang sangat tua.

6. Miliki pengetahuan yang memadai tentang diri anda
Kenali diri sendiri dan kesehatan akan mengikuti. Banyak orang yang acuh terhadap diri sendiri. Kita cenderung memandang diri terlalu rendah atau terlalu tinggi. Keduanya mempunyai kerugian masing-masing. Kita adalah apa adanya diri kita, dan bukan apa yang kita anggap sebagai diri kita. Namun demikian, kita harus selalu berpikir positif tentang diri kita sendiri.

7. Miliki kepribadian yang utuh dan konsisten
Kita harus mengintegrasikan diri kita. Kita harus mempunyai konsistensi dalam pikiran dan tindakan. Hindari kepribadian yang terbelah. Ingatlah bahwa bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Hal yang sama berlaku untuk kepribadian. Individu yang utuh dan konsisten dengan pikiran seimbang akan selalu kuat dan sehat secara mental.

8. Miliki tujuan hidup yang memadai
Hidup tanpa keinginan sesungguhnya adalah hidup tanpa tujuan. Keberadaan anda di dunia ini punya tujuan tertentu. Definisikan maksud dan tujuan anda dalam hidup. Tentukan tujuan anda dan lekukan sesuatu untuk mencapainya. Raih nikmatnya berhasil mencapai sesuatu. Hal-hal seperti ini memberi kebahagiaan dan kegembiraan bagi anda, yang menjadi kunci kesehatan mental.

9. Belajarlah dari pengalaman
Seorang anak yang pernah terbakar merasa takut pada api. Tetapi setelah dia tumbuh menjadi dewasa dia juga mempelajari kegunaan api yang positif. Kita semua mempunyai pengalaman baik atau buruk dalam hidup, dan kita belajar dari keduanya. Pengalaman buruk mengajari kita agar terus mencari pengalaman baik. Sesungguhnya tidak ada guru yang lebih baik di dunia ini kecuali pengalaman.

10. Kembangkan kemampuan unttuk memuaskan kebutuhan kelompok
Manusia adalah makhluk sosial yang secara konstan berinteraksi aktif dengan individu lain. Kita memberi dan kita menerima. Kita harus mengikuti norma-norma dan memenuhi kebutuhan sosial dari masyarakat. Kita harus berguna dalam keselarasan untuk menghindari ketidakselarasan.

0 Response to "Faktor pengaruh dan cara menjadi sehat secara mental"

Posting Komentar