Kamis, 23 Juni 2016

3 Perawatan sederhana untuk kabel sepeda motor

Berkendara Motor

Berkendara Motor Dengan Kondisi Kabel Prima

Alat transportasi adalah kendaraan untuk mempermudah dan cepat untuk sampai tujuan. Contohnya sepeda motor, pasti setiap hari menggunakan sepeda motor untuk berangkat bekerja atau tujuan bisnis. Berkendara motor dengan kondisi baik, kita perlu merawatnya agar saat berkendara terasa nyaman. Maka dari itu, rawatlah sepeda motor dengan rutin agar motor tetap awet dan tahan lama untuk digunakan sehari-hari.

Kendaraan beroda dua atau lebih populer disebut dengan nama sepeda motor sekarang ini disebut raja jalanan karena lebih banyak mendominasi jalan raya. Selain karena harganya yang relatif lebih murah daripada sebuah mobil, motor juga merupakan kendaraan yang cukup praktis dan lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Teknologi dari mesin motor yang semakin hari semakin baik, sekarang ini motor juga cukup bisa diandalkan untuk perjalanan jauh

Dengan kemajuan teknologi mesin motor yang semakin maju saat ini sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Ambil contoh saja orang perantauan di Jakarta pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor. Namun terkadang seseorang  lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan.

Sepeda motor yang terlihat trendi dengan kondisi serta performa yang apik tidak hanya bisa mendongkrak kepercayaan diri, tetapi juga membuat sang pemilik kenyang dengan puja puji. Dibandingkan bagian lain semisal mesin, kabel memang tidak terlihat dan perawatannya relatif mudah sehingga sering dianggap sepele. Padahal, kondisi kabel yang baik bakal menjamin aliran dan asupan listrik yang baik, yang ujungnya akan terasa pada performa sepeda motor. Berikut ini beberapa perawatan sederhana kabel sepeda motor.

Perhatikan kondisi kabel
Seiring usia dan intensitas pemakaian sepeda motor, kabel tersebut biasanya terasa getas, kaku, dan bagian selongsongnya terasa kaku lantaran panas dari mesin. Kalau kabel sudah terlihat dan terasa demikian, sebaiknya ganti satu set untuk memastikan aliran listrik pada sistem kelistrikan sepeda motor bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan kebersihan ujung kabel
Hal berikutnya adalah memastikan kebersihan ujung-ujung kabel. Misalnya, pada ujung kabel busi, kotoran atau karat yang menempel bisa dibersihkan dengan ampelas atau sikat kawat agar pasokan listrik tidak terganggu. Bisa juga membasuh kabel terlebih dahulu dengan air hangat agar kebersihan ujung kabel menjadi lebih maksimal. Namun, jika kerusakan kabel sudah terlalu parah, segera ganti kabel tersebut dengan ukuran diameter yang sama agar listrik bisa didistribusikan dengan baik.

Periksa sambungan kabel
Terakhir, pastikan semua sambungan kabel terpasang dengan baik dan tertutup. Bila perlu, tutup dengan isolasi agar tidak ada air dan kotoran yang masuk. Aturlah kabel-kabel tersebut sedemikian rupa agar rapi dan bisa dirunut dari ujung ke ujung. Hal ini dimaksudkan agar kalau terjadi kerusakan pada kabel, bisa dicari dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar