Rabu, 08 Juni 2016

Hindari berkendara saat rasa kantuk melanda

Mengantuk

Salah satu hal yang paling fatal dalam kecelakaan lalu lintas adalah karena rasa kantuk saat berkendara. Rasa jenuh akan menghantui pikiran karena berkendara sendiri. Sering kali tanpa kita sadari, begitu banyak kecelakaan dijalan raya, baik yang kecelakaan tunggal maupun tabrak beruntun. Faktor utama kecelakaan mobil adalah rasa kantuk saat berkendara atau stamina dan kondisi badan yang tidak fit saat mengemudi.

Jangan sepelekan rasa kantuk saat anda berkendara karena hal ini dapat berakibat fatal. Jika hal itu kita remehkan maka, kita akan terkena akibatnya. Akibatnya sangat sekali berbahaya bagi kita, terutama bagi kesehatan anda yaitu dapat kehilangan nyawa atau mengakibatkan kematian. Jadi hindarilah kantuk saat anda menyetir mobil. Istirahat cukup adalah langkah bijak sebelum mulai melajukan mobil anda. Istirahat yang cukup sebelum berpergian dapat mengusir rasa lelah karena saat istirahat stamina akan berangsur prima.

Aktivitas berbeda pada setiap orang membuat frekuensi atau lamanya tidur juga berbeda. Oleh karena itu, utamakan tidur yang berkualitas, bukan kuantitas. Tubuh kembali bugar setelah mengalami istirahat cukup. Carilah waktu yang tepat agar dapat istirahat dengan baik. Sungguh sangat berbahaya sekali akibat dari kantuk saat menyetir mobil, hal terbaik yang harus anda lakukan adalah cobalah untuk beristirahat atau mampir di pom bensin dan pejamkan mata anda lalu tidur sejenak selama kantuk anda hilang. Jika hal ini anda paksakan meski tujuannya sudah dekat maka kemungkinan kematian sudah ada di depan anda. 

Kelelahan saat mengemudi membuat kemampuan refleks tubuh menurun, daya visi berkurang, dan kemampuan bereaksi terhadap bahaya merosot drastis. Sebenarnya ada alasan mengapa orang yang berada di bawah pengaruh alkohol tidak diperbolehkan untuk mengemudi, karena kondisi alkohol membuat seseorang mudah tertidur. Kecelakaan akibat mengantuk pada umumnya terjadi di jam makan siang ketika tubuh secara otomatis memperlambat metabolismenya.

Badan sakit atau kurang fit juga memicu mata cepat lelah dan mengantuk. Hal ini karena suplai oksigen menuju otak kurang mencukupi. Tekanan darah tidak normal juga dapat memengaruhi kondisi tubuh. Oleh karena itu, sebelum berkendara, terlebih jarak jauh, hendaknya anda memeriksakan tekanan darah. Banyak meminum air putih dan berolahraga teratur, serta mengonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu tubuh tetap bugar.

Waspadai pula obat yang hendak dikonsumsi. Ada beberapa jenis obat yang menyebabkan kantuk karena bersifat sebagai penenang. Apabila terpaksa harus mengonsumsi obat, pilihlah obat yang tidak memberi efek samping berupa kantuk. Terlalu santai mengemudi juga dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan akhirnya mengantuk. Mengemudi secara hati-hati adalah keharusan, tetapi bukan berarti terlalu santai yang akhirnya mendatangkan rasa jenuh yang berujung pada rasa kantuk. Stel musik pembangkit semangat agar rasa jenuh tidak menghampiri.

Penyebab lain rasa kantuk adalah kekenyangan. Kekenyangan acap hadir bagi anda yang sarapan  dengan porsi berlebih. Organ pencernaan bekerja ekstra keras dan membutuhkan energi untuk mencerna makanan berlebih. Oleh karena itu, energi yang ada akan terserap pada alat pencernaan, sehingga energi untuk kosentrasi akan berkurang. Oleh karena itu makanlah secukupnya sesuai kebutuhan. Bila tiba-tiba anda merasa letih dan mengantuk, segera kurangi kecepatan kendaraan dan menepilah ke tempat istirahat yang telah disediakan. Istirahatlah hingga anda benar-benar bugar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar