Jumat, 24 Juni 2016

Indahnya umroh dan dianjurkan di bulan ramadhan

Mekkah
Ramadhan memang menjadi bulan yang ditunggu-tunggu. Ramadhan juga mrnjadi bulan yang sarat akan pahala yang berlipat ganda. Tidak heran jika amal ibadah pada bulan ini semakin ditingkatkan. Salah satunya, melakukan umroh. Mengapa umroh ketika Ramadhan begitu istimewa? Apa yang membuatnya istimewa?

Dalam hadis HR Bukhari disebutkan, sesungguhnya umroh di bulan Ramadhan seperti berhaji bersama Rasulullah SAW. Tidak hanya itu, menurut KH Hamdan Rasyid yang telah terbiasa mendampingi jemaah ke Tanah Suci, ada beberapa keutamaan umroh Ramadhan yang bisa kita dapatkan. Salah satunya, meningkatkan iman islam karena dengan hadir langsung di Mekkah, kita bisa dapat menyaksikan kebesaran Allah SWT. Tentu saja, hal ini akan dapat meningkatkan amal ibadah karena pahala yang dijanjikan juga berlipat ganda. Dengan demikian, kita akan termotivasi melakukan shalat-shalat sunnah seperti Tarawih, Tahajjud, Dhuha, hingga Witir.

Umrah Ramadhan pastinya juga akan dapat meningkatkan akhlak kesabaran, mendapatkan ampunan dosa, dan pastinya memperoleh kesempatan doa yang yang mustajab. Tidak heran jika tawaran umroh Ramadhan oleh sejumlah biro perjalanan umroh dan haji selalu diminati dan menjadi primadona. Terlebih bagi umroh Lailatul Qadar pada 10 hari terakhir Ramadhan. Mereka yang pernah merasakan umroh Ramadhan pastinya memiliki rasa kerinduan yang dalam akan suasana Ramadhan di Tanah Suci, mengingat eratnya rasa persaudaraan sesama Muslim di Tanah Suci.

Sesungguhnya sebuah kenikmatan spiritual yang luar biasa bagi mereka yang melakukan umroh Ramadhan. Sangat mengesankan bisa melakukan ibadah umroh pada saat bulan Ramadhan. Boleh dibilang, umroh saat Ramadhan merupakan kesempatan emas untuk beramal ibadah maupun merenung sebaik mungkin. Untuk mencapai kosentrasi, tidak ada tempat yang lebih baik selain Mekkah (Masjidil Haram) dan Madinah (Masjid Nabawi). Tidak sedikit pula yang berlomba-lomba bersedekah. "Hal ini terasa sekali terutama di Madinah yang penduduknya terkenal lebih ramah. Mereka dengan sukacita membagikan makanan berbuka secara gratis bagi jamaah yang lainnya," ujar Hamdan lebih lanjut.

Walaupun ibadah umroh Ramadhan angat dianjurkan, jangan lupa mengasah kepekaan sosial. Kesalehan sosial harus dikembangkan secara terpadu. Jadi, ibadah ritual dan ibadah sosial sama-sama diutamakan. Umroh Ramadhan itu utama, tetapi jangan lupa berzakat dan bersedekah. Bulan Ramadhan sangat dinikmati oleh sorang muslim dan bisa melunakan hati juga menentramkannya. Masa untuk saling menolong dan bekerja sama dalam berbagai kebaikan dan ketaatan serta melaksanakan kebajikan.

Tidak dapat dimungkiri jika umroh saat Ramadhan membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal ketimbang bulan-bulan lainnya. Maklum saja, ketika Ramadhan, sulit sekali mendapatkan penginapan. Minat umroh yang tinggi saat Ramadhan membuat biaya penginapan menjadi lebih mahal. Ada baiknya anda mempersiapkan finansial dan mental untuk memprogram ibadah rahun ini ataupun tahun depan, yaitu melaksanakan umroh pada bulan Ramadhan. Hal ini karena kenangan dan sejarah indah yang ditorehkan di Tanah Haram tidak akan pernah tertandingi oleh tempat mana pun di atas muka bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar