Senin, 11 Juli 2016

3 Tips cerdas kelola waktu saat kuliah

Mahasiswa

Menuntut ilmu adalah kewajiban umat manusia, walaupun sampai ke negri cina. Maka dari itu, tuntutlah ilmu sampai akhir hayat tiba. Menuntut ilmu dari masih SD, SMP, SMA, dan sampai ke perguruan tinggi merupakan kewajiban manusia. Terutama di dunia perkuliahan yang memerlukan proses panjang untuk mencapai cita-cita. Dunia perkuliahan memberikan kebebasan lebih dibandingkan masa SMA. Namun, di balik kebebasan tersebut terkandung tanggung jawab. Mahasiswa dituntut lebih dewasa dalam mengatur waktu belajar dan aktivitas lainnya. Selagi menjadi mahasiswa, ada sejumlah peluang yang bisa anda coba.

Pertama, temukan passion. Pilihan jurusan atau program studi tentunya sudah dipertimbangkan matang sebelumnya. Selain itu, anda bisa menggali kemampuan lainnya selama kuliah. Sebagai contoh, jika anda tertarik dengan dunia fotografi, bergabunglah dengan unit kegiatan mahasiswa di bidang fotografi.

Kedua, tantang diri sendiri. Sebagian kampus hanya mengakomodasi semester pendek khusus untuk mahasiswa yang mengulang mata kuliah tertentu. Mengingat masa kosong liburan semester cukup panjang, lebih baik asah kemampuan diri dan carilah tantangan baru. Misalnya, ikutilah seminar dan workshop di kampus sendiri atau kampus lain.

Alternatif lainnya adalah mengikuti kompetisi antar mahasiswa, baik dalam bidang akademis maupun non-akademis. Mengikuti aktivitas kemahasiswaan akan membuka ruang pergaulan menjadi lebih luas. Tukar pengalaman dan informasi dengan mahasiswa dari program studi yang berbeda atau dari perguruan tinggi lain akan memperkuat jalinan networking. Networking ini akan menjadi modal penting ketika anda memasuki dunia kerja, baik di dunia profesional maupun bisnis.

Ketiga, manajemen diri. Tidak hanya dalam mengolah waktu. Manajemen diri terkait juga dengan pengerjaan tugas-tugas kuliah. Sebagian tugas kuliah diberikan pada awal semester agar mahasiswa dapat mempersiapkan tugas lebih baik dengan rentang waktu yang lebih panjang. Kerjakan tugas kuliah ini dengan sebaik-baiknya sejak awal semester. Hindari pengerjaan tugas pada akhir semester atau beban belajar dan kuliah akan menumpuk.

Manajemen diri juga terkait dengan hal-hal lain yang menyangkut pengembangan diri sendiri. Contohnya mulai dari hal yang paling sederhana. Ketika memasuki dunia perkuliahan, sebaiknya mahasiswa lebih cermat dalam menata file, menyimpan dokumen perkuliahan, mengerjakan tugas kelompok dengan sungguh-sungguh, mengolah keuangan bulanan, dan merapikan kamar indekos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar