Kamis, 04 Agustus 2016

4 Ikan eksotis dengan harga yang fantastis

Perairan tropis menyimpan kekayaan alam yang besar. Selain keindahan yang tak bisa dinilai dengan uang, isi perairannya juga menyimpan potensi luar biasa. Misalnya, keempat ikan tropis berikut ini yang selain rupanya begitu eksotis, juga memiliki nilai tinggi di kalangan penggemar ikan. Seperti dilansir dari koran pikiran rakyat.

1. Ikan Pari Air Tawar Polka Dot


Ikan pari polka dot


Ikan ini baru saja dipamerkan di Taiwan. Ia memiliki mutasi genetik unik di bagian depan kepalanya. Alih-alih berbentuk bulat, ikan pari jenis ini justru kepalanya berbentuk "U" ikan pari anomali ini jadi incaran penggemar ikan peliharaan untuk aquarium mereka. Nilainya mencapai Rp 1,3 miliar. Berbeda dengan ikan-ikan normal lainnya, bentuk kepala ikan ini tak berbentuk bulat. Ikan tersebut kesulitan menelan makanan. Alhasil, ikan itu tidak bisa hidup di laut bebas karena untuk kelangsungan hidupnya memerlukan bantuan manusia.

2. Peppermint Angelfish


Peppermint Angelfish


Di kalangan pencinta ikan hias, harga ikan eksotis ini ditawarkan dengan harga Rp 390 Juta. Dinamai angelfish karena rupanya yang cantik dengan garis-garis merah dan putih di sekujur tubuhnya. Selain keelokannya, ikan itu sangat langka. Pada 2012, para pencinta ikan hanya bisa melihat ikan ini seekor, yakni di Aquarium Waikiki. Ikan itu tertangkap dalam ekspedisi penelitian Smithsonian Institute. Ikan itu termasuk ikan laut dalam sehingga untuk menyaksikan keindahannya, peneliti perlu pergi jauh ke dalam lautan. Tak banyak penyelam yang bisa menyelam di kedalaman habitat ikan itu.

3. Bladefin Basslet

Bladefin Basslet

Ikan imut itu dibandrol seharga Rp 130 juta. Namanya diambil dari siripnya yang lucu di bagian punggung yang menyerupai pisau. Ditemukan sebagian besar di Karibia dengan rentang warna antara oranye mencolok hingga putih. Ikan yang hanya berukuran 1,5 inci tersebut adalah ikan karang yang semakin langka. Habitanya di laut dalam sehingga seharusnya menjadi spesiemen yang sulit dicari. Bayangkan, menemukan ikan yang begitu kecil di laut dalam dan beruntung bisa menangkapnya, tentu saja tak mengejutkan jika harga ikan ini begitu melambung.

4. Golden Basslet

Golden Basslet


Ikan ini salah satu anggota kerapu yang berukuran paling kecil. Ikan itu dapat ditemukan di Samudera Pasifik dan Atlantik. Meski dapat beradaptasi dengan baik di kondisi yang buruk, sulit menemukan ikan ini di pasar. Jika pun ada yang menjual, harganya bisa mencapai Rp 104 juta. Karena memiliki daya tahan yang baik , golden basslet bisa beradaptasi dengan habitat baru, misalnya, di kolam penangkaran. Ikan tersebut hidup di laut dalam sehingga untuk menangkapnya perlu usaha keras. Ikan berbadan ramping ini juga sangat pemalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar