5 Olahraga unik yang tidak termasuk cabang resmi

Banyak sekali cabang olahraga di dunia yang sedang melakukan kompetisi seperti sepak bola, balap lari, olah raga gulat, dan lain-lain. Namun banyak juga olahraga yang unik yang pernah dimainkan oleh orang-orang. Berikut ini lima olahraga yang tidak termasuk 65 cabang olahraga resmi Olimpiade, tetapi sangat unik dan menarik untuk dicoba di tengah terik mentari musim panas Rio. Kebanyakan olahraga ini bisa dicoba secara cuma-cuma alias gratis.

1. Tenis Pantai

Tenis pantai

Bentangan pantai nan elok di Brasil menjadi arena ideal untuk bermain dan melakukan macam-macam olahraga pantai. Salah satu olahraga pantai yang populer adalah frescobol yang membutuhkan kerja sama tim untuk bolak-balik bertukar memukul bola. Olahraga ini menjadi cikal bakal permainan tenis pantai. Sistem penghitungan yang berlaku sama dengan olahraga tenis biasa, sedangkan lapangannya mirip lapangan voli dengan penggunaan jaring net tinggi dan bola tak boleh sampai menyentuh tanah.

Posto 12 di Leblon dan Pantai Pepe di wilayah Barra adalah dua tempat populer perhelatan tenis pantai. Siapapun bisa bermain hanya dengan melakukan pemanasan fisik lalu meminta bergabung dalam permainan. Jaring net dan dayung untuk pemukul bola biasanya sudah disediakan. Tidak perlu pengalaman, yang dibutuhkan hanyalah pakaian santai di pantai dan perilaku yang baik.

2. Slackline

Slackline

Aktivitas luar ruangan yang menjadi sensasi di Rio dalam beberapa tahun terakhir adalah slackline. Ini adalah salah satu olahraga ekstrem berjalan atau meloncat di atas seutas tali yang membentang di antara 2 gedung, 2 tebing, pasak pengaman tanam, ataupun 2 pohon. Keseimbangan menjadi kebutuhan mutlak agar bisa berjalan di atas seutas tali atau meloncat meliuk-liuk layaknya bermain di atas trampolin tanpa jatuh dari bentangan tali. Kawasan selatan Rio seperti Copacabana dan Ipanema alah tempat favorit berkumpulnya para penggila slackline.

3. Voli Kaki

Voli kaki

Cara main voli kaki sama dengan olahraga bola voli biasa, tetapi dilarang menggunakan tangan. Olahraga seru ini dapat dengan mudah kita lihat di pantai-pantai Rio de Janeiro, khususnya di Copacabana hingga Barra. Pertandingan-pertandingan terbaik dan kompetitif dengan taburan smes dari kaki para peserta biasanya digelar di Ipanema/Leblon. Permainan ini tidak membutuhkan keterampilan istimewa. Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa melakukan juggling bola dengan kaki seperti Lionel Messi atau Neymar. Voli kaki adalah salah satu olahraga amatir yang sangat indah dinikmati. Jika beruntung, anda bisa saja melihat mantan-mantan pemain tim nasional Brasil yang pernah terlibat di Piala Dunia bermain voli kaki di tengah semarak dan indahnya pantai Rio.

4. Mendayung Ombak

Mendayung ombak

Layaknya selancar, olahraga individual ini juga menggunakan sebilah papan surfing, tetapi ukuranya lebih besar. Perlengkapan lainnya adalah dayung untuk mengayuh di atas ombak dan permukaan air pantai. Stand-up paddle (biasa diucapkan soupie di Brasil) cukup mendunia dengan pantai-pantai legendaris Brasil sebagai arena primadonanya. Mendayung di atas air dengan latar belakang kemolekan pantai Rio menghadirkan sensasi istimewa yang membuat siapa pun ketagihan melakukan SUP.

Beberapa tempat terbaik untuk bersoupie ria di Brasil adalah Praia Vermelha di wilayah Urca, Arpoador di Ipanema, dan perairan tenang di Fort Copacabana. Bergerak lebih jauh ke arah barat, SUP bisa dilakukan sambil menikmati keindahan mangrove dan laguna. Akan tetapi, khusus bagi para pemula, olahraga ini harus dilakukan dengan bimbingan pemandu, terutama ketika menjelajahi wilayah-wilayah perairan yang tidak lazim.

5. Trail Running (lari lintas alam)

Trail Running

Olahraga ini menghadirkan gabungan kenikmatan dari berbagai hal indah di Rio. Kita bisa berlari dalam kegembiraan menikmati keindahan alami Rio tanpa perlu memakai helm atau menandatangani formulir persetujuan keselamatan. Pelari lintas alam dapat melintasi perbukitan tanpa pijakan yang nyaman dan rata, melewati tanjakan dan turunan curam, mendaki perbukitan, serta menggapai puncak gunung.

Rio de Janeiro memiliki ratusan jalur lari lintas alam liar untuk laki-laki para pemberani. Seiring bertambahnya turis dan warga yang menjelajahi perbukitan dan hutan, klub-klub lari tumbuh subur di seluruh penjuru Rio. Beberapa lintasan terbaik bisa kita temui di Hutan Tijuca, termasuk Paineiras dan Alto da Boa Vista. Jalur lintas bagus tersebar di negara bagian Rio, sekitar pegunungan Teresopolis dan Petropolis.

0 Response to "5 Olahraga unik yang tidak termasuk cabang resmi"

Posting Komentar