Selasa, 02 Agustus 2016

5 Tips aman & nyaman memilih balutan busana senada

Busana
Ilustrasi
Tampil senada tak selamanya menjemukan. Dengan pilihan warna dan model busana yang pas, mengenakan busana yang "matching" satu sama lain justru menjadi keseruan dan kebanggaan. Busana senada yang dikenakan oleh anggota keluarga biasanya disebut dengan istilah sarimbit. Hanya, istilah ini sering kali disandingkan dengan busana yang bersifat formal atau kaku. Padahal, mengenakan busana senada bisa juga dilakukan untuk suasana santai.

Model kasual semacam itu, kini semakin banyak terlihat dikenakan oleh orangtua muda bersama buah hatinya. Selain sedap dipandang, mengenakan busana senada juga menimbulkan kesan adanya kedekatan. Busana senada yang dimaksud tak melulu matching dalam hal motif dan cutting, tetapi bisa juga senada dalam hal warna atau sedikit motif yang dijahitkan pada kain polos yang berbeda. Intinya, tetap ada benang merah yang ditemukan dalam busana yang dikenakan bersama-sama.

Tak hanya dikenakan saat momen hari raya atau menghadiri undangan pernikahan, busana keluarga senada pun sering kali dikenakan saat berlibur atau sekadar jalan-jalan di pusat perbelanjaan serta taman bermain. Untuk tampil kompak dalam balutan busana senada, terkadang bukan menjadi pekerjaan mudah. Apalagi, tak semudah anak berkenan mengenakan busana yang dipilihkan orangtua. Berikut adalah tips untuk tetap aman dan nyaman ketika memilih balutan busana senada.

1. Usia anak yang paling aman untuk diajak mengenakan busana senada biasanya di bawah sembilan tahun. Untuk anak remaja, biasanya memiliki pilihan berbusana sendiri sesuai gaya masing-masing. Hindari memaksakan pilihan berbusana kepada anak-anak.

2. Untuk memilih motif busana senada, jangan lupa untuk mempertimbangkan selera anak. Pilih busana yang disukai anak. Misalnya, yang memiliki hiasan seperti ornamen bunga, kupu-kupu, dan semacamnya. 

3. Agar tetap nyaman, pilih cutting busana yang agak longgar. Model yang terlalu ketat di tubuh biasanya tidak disukai anak-anak, karena membuat gerak kurang leluasa. Model longgar juga cenderung aman dipilih, karena bisa dikenakan dalam waktu relatif lebih lama, lantaran pertumbuhan anak-anak yang cepat.

4. Pilih bahan yang menyerap keringat seperti katun. Untuk urusan bahan, sebaiknya, beri kesempatan anak-anak untuk mencoba terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah anak-anak nyaman dengan material yang akan dipilih. Untuk busana formal, bisa disiasati dengan memilih material sifon, satin, poliester, dan lain-lain, tetapi tetap memilih furing yang nyaman dikenakan seperti katun.

5. Warna-warna cerah seperti pink dan salem paling banyak diminati. Akan tetapi, pilihan warna yang aman untuk dikenakan perempuan dan laki-laki seperti putih, dan biru, juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

1 komentar: