10 Daftar rekor unik, konyol, dan impresif

Monowheel
Kevin Scott menjadi orang tercepat mengendarai
Monowheel yang tercatat Guinness World of Records
dengan kecepatan 98.464 kilometer per jam.

Ada banyak catatan rekor menarik di dunia ini. Orang paling tinggi sedunia, orang dengan rambut paling panjang sedunia. Kucing dengan berat badan terbesar, atau wanita muda berjanggut seperti Harnaam Kaur dari Inggris. Semua tercatat dalam Guiness World of Records. Segala hal yang berbeda dan tak biasa selalu mengundang rasa ingin tahun. Sir Hugh Beaver yang pada 1951 menjabat sebagai managing director pabrik pembuatan bir Guinnes menginisiasi adanya catatan mengenai hal-hal yang memecahkan rekor dunia. Buku catatan rekor pertama Guiness World of Records rilis pada 1954 dan sejak saat itu pencatatan atas rekor sedunia berlangsung hingga saat ini.

Guiness World of Records telah merilis rekor-rekor terbaru di dunia. Buku ini berisi sekitar 4.000 catatan rekor, mulai hal paling konyol, paling aneh, sampai hal yang paling impresif. Setelah pencarian berbulan-bulan dan menyusuri setiap belahan dunia demi mencari recor-recor terbaik yang telah ditempuh manusia bumi, Guiness World of Record mendapatkannya bukan hanya dalam buku, tetapi juga gambar dan video.

Diberitakan pada laman Mashable, memiliki konten yang menyenangkan, menghibur, serta mecengangkan. Juga berisi edukasi bagi semua kalangan dengan beragam kesukaan. Berikut ini beberapa rekor dunia yang tercatat dalam buku tersebut.

1. Wanita berjanggut
Harnaam Kaur dicatatkan sebagai wanita paling muda yang memiliki facial hair alias janggut yang lebat dan tebal. Dengan keadaannya yang tak biasa, Harnaam justru mendapat peran baru, sebagai aktivis antiperisakan. Bahkan, beberapa pihak menawarinya pekerjaan sebagai model.

Saat rekor ini dicatat, ia masih berusia 24 tahun 282 hari dengan panjang janggut rata-rata 6 inci (15,24 cm). Dengan pencatatan rekornya, Kaur berharap lebih percaya diri dengan kondisi tubuhnya. Tahun 2016 menjadi tahun yang besar bagi Harnaam Kaur karena ia menjadi model wanita berjanggut pertama yang berjalan di panggung pergelaran busana London Fashion Week, maret lalu.

Lahir pada 29 November 1990, Harnaam pertama kali menyadari wajahnya ditumbuhi janggut di usia 11 tahun. Dia lantas didiagnosis olycystic ovary syndrome, yakni suatu kondisi ketika kadar testosteron yang dimilikinya merangsang pertumbuhan facial hair.

2. Tubuh kucing
Rekor unik lain yang juga terdapat dalam buku ini adalah Ludo, kucing rumah yang memiliki tubuh paling panjang. Kucing itu memiliki panjang 118,33 cm. Kucing jenis maine coon itu tinggal bersama pemiliknya, Kelsey Gill di Wakefield, Inggris.

3. Ekor anjing terpanjang
Sementara itu, Keon, menjadi anjing yang memiliki ekor terpanjang di dunia. Panjang ekornya mencapai 76,8 cm. Anjing itu tinggal bersama pemiliknya, Ilse Loodts, di Belgia.

4. Llama pelompat
Llama ternyata bisa melompat tinggi. Caspa, nama llama itu, bisa melompati melompati pembatas setinggi 1,13 meter. Caspa dipelihara oleh Sue Williams dari Inggris.

5. Tanduk kambing terpanjang
Rasputin menjadi kambing dengan tanduk terpanjang. Hewan yang hidup di Lienz, Tirol, Austria ini memiliki tanduk terpanjang berukuran 135,2 cm.

6. Kursi goyang terbesar
Kursi goyang ciptaan Jim Bolin mencatatkan rekor dengan ketinggian 17,09 meter dan lebar 9,99 meter. Kursi tersebut berada di luar Balai Kota Casey City di Illinois, Amerika Serikat.

7. Kakek nenek bertato
Ada juga pasangan yang lanjut usia dengan seni tato yang menghias nyaris keseluruhan tubuh mereka. Mereka adalah Charlotte Guttenberg dan Charles "Chuck" Helmke dari Floria, Amerika Serikat. Keduanya memegang rekor penduduk lanjut usia dengan tubuh yang dipenuhi tato, masing-masing 91,5% dan 93,75%.

8. Koleski hamburger
Kecintaannya terhadap sesuatu juga bisa masuk catatan rekor dunia. Harry Sperl alias Hamburger Harry begitu menggemari hamburger. Dia menjadi orang yang paling banyak mengoleksi segala sesuatu yang berkaitan dengan hamburger. Pria asal Daytona Beach, Florida ini memiliki 3.724 koleksi terkait hamburger, mulai kaus, sprei, hingga hiasan rumah tangga.

9. Fosil kotoran
Rasanya tidak ada yang mau mengoleksi kotoran, kecuali jika sudah menjadi fosil (coprolite). George Frandsen adalah orang yang memiliki coprolite terbanyak di dunia. Ia punya koleksi 1.277 kotoran yang sudah menjadi fosil.

10. Monowheel tercepat
Lantas ada Kevin Scott dan The UK Monowheel team yang memegang rekor mengendarai monowheel tercepat sepanjang sejarah hingga saat ini. Ia melaju dengan kecepatan 98,464 kilometer per jam dengan monowheel yang dikembangkan timnya.

Apa yang dilakukan Kevin dan timnya, bisa jadi bukan satu-satunya. Bisa jadi pula ada pihak lain yang mengalahkan catatan rekor tersebut. Untuk itulah, pencatatan Guiness World of Records hadir agar kita dapat mengetahui hal-hal hebat dan kadang konyol yang terjadi di belahan benua lain.

0 Response to "10 Daftar rekor unik, konyol, dan impresif"

Posting Komentar