Rabu, 26 Oktober 2016

Merasakan meriahnya di kota sydney

Sydney

Menyebut nama Australia, yang muncul dalam benak banyak orang, selain kanguru, adalah Sydney Harbour Bridge dan Sidney Opera House. Tak mengherankan, Sidney merupakan salah satu destinasi utama bagi mereka yang berkunjung ke Australia.

Di samping mengunjungi kedua bangunan ikonis tersebut, terdapat banyak alasan untuk berkunjung ke Sydney. Kota ini merupakan yang tertua dan terbesar di Australia, dengan luas geografis setara London di Inggris dan hampir dua kali lipat New York di AS. Dengan jumlah penduduk 4,57 juta jiwa, Sydney dan kawasan penyangga di sekitarnya mewakili seperlima dari populasi Australia. Keanekaragaman warga Sidney tercermin dari fakta bahwa penduduknya berasal dari 180 negara dan berbicara 140 bahasa.

Dengan segala keunikannya, Sydney terpilih sebagai kota nomor satu di dunia dalam Conde Nast Traveller Reader's Choise Awards pada 2011. Kota ini juga dinyatakan sebagai World's Best Festival and Event City 2011 untuk kedua kalinya secara berturut-turut oleh International Festivals and Events Association.

Kota global
Dengan penduduk yang begitu beraneka ragam, denyut kosmopolitan Sydney memiliki karakter yang berbeda. Sentuhan seni dan budaya kota ini sangat terasa. Belum lagi gaya hidup pantai perkotaannya yang unik, kuliner yang dinamis, serta akses yang mudah pada alam dan berbagai event kelas dunia. Semua menjadi warna khas kehidupan Sydney.

Sydney merupakan tujuan wisata kuliner dengan banyaknya koki kelas dunia serta restoran bintang lima. Keanekaragaman latar belakang budaya warganya juga memengaruhi ragam kuliner. Demikian pula hasil bumi dan laut lokal serta anggur berkualitas yang ditanam tak jauh dari kota membuat citarasa kuliner Sydney lebih kaya lagi.

Tidak mengherankan jika Sydney berulang kali menduduki posisi puncak World's Most Livable Cities. Terdapat pilihan hiburan dan aktivitas seru yang tiada habisnya, mulai dari naik feri melintasi Opera House, naik kayak di pelabuhan, atau sekadar piknik di pantai berpasir.

"Event" kelas dunia
Penggemar seni budaya bakal terpuaskan di Sydney. Pentas seni budaya kota ini sangat beragam. Mulai dari event besar yang menghadirkan nama besar pula hingga seniman-seniman underground, semua memiliki panggungnya sendiri.

Terdapat lebih dari 90 event pada NSW Event Calendar, termasuk New Years Eve dan Sydney Festival (Desember/Januari); HANDA Opera di Sydney Harbour dengan panggung terapung (Maret/April); Vivid, di mana Sydney berubah menjadi "kanvas kreatif" dari seni instalasi cahaya, musik hidup, dan forum kreatif (Mei/Juni), dan Crave Sydney International Food Festival pada Oktober.

Pada Desember 2010, Sydney terpilih sebagai UNESCO City of Film, sebagai bentuk pengakuan terhadap fasilitas kelas dunia yang dimiliki untuk produksi film, promosi, dan ekshibisi. Sydney juga menjadi markas dari Opera Australia, Sydney Symphony Orchestra, Sydney Dance Company, Australian Chamber Orchestra, dan the Sydney Theatre Company.

Alam sekitar
Bukan cuma karya manusia yang menarik disimak di Sydney. Alam sekitarnya juga menawarkan pesona tak kalah menakjubkan. Taman nasional, kebun raya, jalur air yang bening, hingga pantai-pantai yang memesona, semua dapat dengan mudah dicapai dari pusat kota.

Terdapat lebih dari 850 taman nasional dan hutan lindung di NSW, yang mewakili 32 persen dari luas negara bagian. Terdapat 79 jenis hutan yang berbeda di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar