Senin, 07 November 2016

5 Penyebab atap rumah bocor dan cara mengatasinya

Genteng rumah

Permasalahan utama kebocoran di rumah, yaitu bagian atap. Masalah atap bocor memang merepotkan. Ada beberapa kendala yang bisa terjadi di atap. Mulai dari atap yang terlalu landai, genting yang melorot, suhu loteng yang terlalu panas, hingga retak di dak dan bubungan. Akhir-akhir ini hujan turun dengan deras. Kondisi seperti ini membuat banyak pemilik rumah waswas. Apalagi bagi mereka yang mengalami kebocoran di rumah. Sebenarnya apa saja penyebab atap rumah bocor? Berikut beberapa di antaranya dan cara mengatasinya.

1. Masalah atap bocor
Perubahan cuaca biasa menjadi salah satu penyebab atap rumah mengalami kebocoran. Cara mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan rutin di seluruh bagian atap rumah setiap tahun. Jangan lupa gunakan water proofing untuk melindunginya.

2. Atap yang terlalu landai
Atap rumah pada umumnya dirancang miring agar air hujan bisa mengalir ke bawah. Jika kondisi atap rumah terlalu landai atau datar, air hujan akan sulit untuk mengalir. Hal ini akan membuat beton tergenangi air. Jangan heran jika atap menjadi rembes. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan perbaikan tingkat kemiringan atap rumah.

3. Retak rambut
Masalah ini kerap menjadi celah masuknya air ke sela-sela atap. Selain itu, perubahan cuaca menyebabkan material atap rumah menjadi cepat haus dan menimbulkan keretakan rambut di atap. Cara mengatasinya, perhatikan komposisi campuran saat melakukan pengecoran.

4. Loteng yang terlalu panas
Bagian loteng rentan mengalami kepanasan pada siang hari. Hal ini bisa dikurangi dengan membuat ventilasi silang dengan memodifikasi lubang angin dan membuat beberapa rongga di bagian bawah genting. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan insulasi dan pemanasan turbin.

5. Genteng yang melorot
Genting adalah salah satu bagian penting di rumah. Oleh sebab itu, pemanasan yang kurang tepat bisa membuat kebocoran. Genting melorot biasanya disebabkan karena kesalahan pemasangan yang kurang pas. Hal ini membuat celah air hujan masuk melalui sela genting. Bagaimana cara mengatasinya, Ternyata cukup mudah. Anda cukup memaku setiap kepingan genting di bagian reng yang terletak di bagian bawah genting. Pastikan paku tersebut terpaku dengan kuat agar tak mudah melorot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar