Selasa, 08 November 2016

5 Tips dalam memilih kursi mobil anak

Kursi mobil anak

Kehadiran buah hati menjadi kebahagiaan bagi orangtua. Bepergian pun tak lengkap rasanya jika tak mengajak sang buah hati. Jalan-jalan kemana pun dengan buah hati, keselamatan menjadi prioritas. Terlebih lagi jika membawa kendaraan pribadi, seperti mobil. khususnya untuk yang masih berusia balita penting dilakukan. Kursi mobil khusus anak hadir dalam beragam bentuk. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih kursi tersebut? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih kursi mobil khusus untuk anak.

Pertama, pilihlah kursi yang sesuai dengan usia, bobot, dan tinggi si kecil. Soalnya, usia yang berbeda akan memengaruhi spesifikasi kursi yang digunakan. Untuk kursi yang menghadap belakang biasanya ditujukan untuk bayi.

Sementara itu, kursi yang menghadap depan biasanya ditujukan untuk anak berusia dua tahun ke atas. Selanjutnya, kursi booster ditujukan untuk anak usia 5-12 tahun. Kursi ini sudah memanfaatkan sabuk pengaman mobil.

Kedua, pastikan Anda memilih kursi yang memiliki dua kaitan. Tujuannya sederhana, yaitu mencegah si kecil membuka kaitan tanpa sengaja.

Ketiga, pastikan ukuran sabuk pengaman pada kursi balita sesuai dengan postur tubuhnya. Sabuk pada bagian bawah sebaiknya melintang pada bagian atas perut, serta sabuk atas melintang pada bagian dada dan bukan pada leher.

Keempat, pastikan kursi tersebut memiliki label sertifikasi uji keamanan. Ingat, lebih baik menggunakan kursi mobil anak yang baru dibandingkan yang bekas. Kursi mobil bekas berisiko membahayakan anak karena kemungkinan pengaitnya yang sudah tidak berfungsi atau sabuknya telah kendur.

Kelima, memilih kursi yang berbahan ramah terhadap si kecil dan mudah dibersihkan. Kursi yang bersih akan memberikan kenyamanan dan mencegah si kecil dari penyakit.

Di luar kelima tips tersebut, ada juga hal penting lain yang harus diingat. Untuk mengurangi risiko bayi tertinggal seorang diri di dalam mobil, terutama jika Anda mengendarai mobil sendirian, selalu letakkan barang-barang pribadi seperti tas, dompet, telepon genggam di kursi belakang.

Dengan demikian setiap kali akan keluar dari mobil, Anda akan memeriksa kursi belakang, sekaligus membawa serta si kecil. Semoga perjalanan dengan si kecil aman, nyaman, dan tentunya menggembirakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar