Rabu, 14 Desember 2016

4 Profesi yang berjasa sangat besar untuk rakyat

Setiap manusia pasti mempunyai profesi atau pekerjaan masing-masing. Dimulai dari pekerjaan yang berat sampai pekerjaan yang ringan. Terus juga ada yang bekerja sampai larut malam atau lembur, seperti SPG di Mall, menyelesaikan data-data di kantor, mengerjakan suatu proyek, dan sebagainya. Manusia butuh makan untuk hidup jadi apa pun profesi atau pekerjaannya, segera dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, ada juga pekerjaan yang risikonya sangat berat sampai mempertaruhkan nyawanya, seperti ABK kapal yang sering dihantam ombak dan pekerjaan berat lainnya seperti kuli bangunan, memang sangat berat karena melawan terik sinar matahari yang menyengat tapi risikonya mempertaruhkan nyawa juga. Seperti pernah ada kasus kerobohan batu bata dan besi sehingga mengakibatkan kematian.

Hanya demi uang, manusia bisa melakukan pekerjaan apa pun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sekarang cari pekerjaan itu susah, harus pilih-pilih pegawainya sampai pas menemukan pegawai yang memenuhi kriteria tersebut. Jika sudah diterima jadi pegawai, maka pegawai jadi kontrak untuk bekerja, bukan pegawai tetap. Sekarang banyak perusahaan memakai sistem kontrak untuk merekrut calon pegawai. Kecuali para PNS dan pegawai perusahaan yang dipilih menjadi pegawai tetap. Namun, untuk dijadikan sebagai pekerja tetap sangat susah sekali.

Ada beberapa profesi yang berjasa untuk orang banyak, seperti petugas keamanan. Namun, risikonya sangat berat bagi petugas keamanan. Seperti terjadi perampokan di bank, nyawa menjadi taruhannya jika penjahat tersebut membawa senjata tajam atau senjata api akan menghabisi nyawanya. Profesi atau pekerjaan yang dilakukan manusia sebenarnya ada yang sangat menguntungkan bagi rakyat banyak atau pun masyarakat di sekitarnya. Seperti profesi sebagai jasa untuk orang-orang banyak. Seperti berjasa dalam hal berat, sedang, dan ringan. Sebenarnya banyak profesi-profesi yang berjasa untuk orang banyak, namun di bawah ini adalah profesi yang sangat penting dan sangat dibutuhkan jasanya.

Inilah profesi atau pekerjaan yang berjasa sangat besar untuk rakyat banyak atau pun di lingkungan masyarakat. Dan juga sangat dibutuhkan oleh rakyat.

1. Guru
Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang berjasa mengajarkan dan mendidik anak-anak untuk menjadi pintar dan berguna bagi nusa dan bangsa. Tanpa guru, manusia pada bodoh-bodoh semua dan tidak ada yang menjadi presiden, PNS, polisi, tentara, dan lain-lain. Maka dari itu, hargai lah jasa guru-guru yang dahulu mendidik anda jika sudah menjadi sukses. Guru adalah pahlawan untuk semua orang-orang karena tanpa buru negeri ini tidak akan menjadi apa-apa.

Namun, banyak para guru-guru disepelekan sama anak didiknya yang sudah sukses. Tapi ada juga anak didik yang ingat dengan gurunya sewaktu sekolah dulu. Entah anak itu nakal, pintar, atau males, pasti ingat dengan gurunya.

2. Petani
Profesi sebagai petani merupakan pekerjaan yang berjasa sangat penting dalam hal pangan. Tanpa petani, orang-orang mau makan apa? Jadi dalam hal yang berhubungan dengan pangan adalah petani, karena menyangkut kebutuhan pangan dalam kehidupan orang-orang banyak. Maka dari itu, profesi sebagai petani sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dalam berbagai pangan, seperti beras, singkong, jagung, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Coba misalkan di dunia ini tanpa petani, akan terjadi kelaparan pada semua manusia.

3. Aparat atau petugas keamanan
Aparat dari negara untuk keamanan seperti tentara dan polisi. Masing-masing mempunyai tugas tertentu, seperti tentara untuk menjaga NKRI dan berjaga-jaga jika negara lain akan menyerang. Tugas itu sangat berat karena jika terjadi perang, akan mempertaruhkan nyawanya demi rakyat. Polisi bertugas di dalam negeri atau di lingkungan masyarakat, untuk melayani dan mengayomi masyarakat. Tugas terberatnya jika ada seorang penjahat, maka polisi akan mencari dan menangkapnya. Namun, ada juga polisi yang terbunuh oleh penjahat, seperti kasus kejadian geng motor.

Petugas keamanan di lingkungan masyarakat yang lainnya seperti satpam dan hansip. Satpam biasanya bertugas untuk menjaga di berbagai perusahaan, mall, dan bank. Biar pun satpam, ada risikonya jika ada penjahat datang, entah untuk merampok atau mencuri, satpam harus melawan. Kalau hansip bertugas di kampung-kampung yang berbarengan dengan masyarakat. Di kampung-kampung biasanya ada pencuri yang masuk untuk mengambil barang-barang dan uang. Maka dari itu, hansip sangat berjasa untuk mengamankan kampung.

4. Dokter atau petugas medis
Kalau kita sakit pasti akan pergi berobat ke dokter untuk mengecek penyakitnya dan diberi obat untuk sembuh. Dokter adalah profesi yang menolong manusia jika terjadi musibah kecelakaan dan sakit karena penyakit. Dengan adanya dokter, orang-orang yang terkena penyakit atau pun kecelakaan bisa ditangani dengan baik. Banyak petugas medis yang datang untuk menolong korban bencana alam dengan sukarela. Maka dari itu, sangat dibutuhkan untuk semua orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar