Senin, 20 Februari 2017

Cerita penemuan baterai tahan lama

Baterai
Ilustrasi

Kisah ini dimulai lebih dari 100 tahun yang lalu pada penemuan asli orang Eropa tentang baterai penyimpanan, pengembangan, dan peningkatannya secara bertahan. Thomas Edison memperkirakan baterai tahan lama sudah hadir pada tahun 1889. Namun tidak sampai saat Perang Dunia II, saat Tank Rommel menemukan bahwa sebuah baterai yang telah disempurnakan, bisa digunakan dengan baik selama 40 tahun lebih.

Reader's Digest menceritakan tentang baterai tipe Jerman ini pada tahun 1948. Mereka juga melaporkan tentang aksi pemerintah Amerika yang memutuskan, melalui Sherman Anti-Trust Act, kartel-kartel internasional yang telah mencegah produksi baterai Eropa di negeri ini. Sekitar dua tahun yang lalu, sebuah perusahaan Amerika akhirnya memasarkan baterai yang tahan dipakai hingga 10 tahun, pertumbuhan yang masuk akal terhadap perkembangan penduduk Eropa dan Amerika. Baterai tahan lama buatan Amerika menyamakan dirinya dengan baik dengan baterai buatan Eropa terdahulu.

Sebagai tambahan terhadap program pengujian cermat yang dilakukan sendiri oleh pihak pabrik untuk membuktikan hal ini, laboratorium-laboratorium independen meneliti baterai baru tersebut secara keseluruhan. Sebagai contoh, sebuah laboratorium komersial ternama menyatakan sebuah Baterai Tahan Lama terhadap salah satu dari serangkaian pengujian maksimal paling unik yang pernah direncanakan. Setiap 15 detik, siang dan malam tanpa istirahat selama 12 bulan, baterai menstarter mesin uji coba. Pada akhir pengujian, baterai tersebut membuahkan hasil yang fantastis dengan total menstarter mesin sebanyak 606.969 kali secara berurutan. Ini sama saja dengan menyalakan mesin mobil anda 30 kali setiap hari selama 50 tahun.

Baterai tahan lama juga menjalani tes pada suhu panas dan dingin yang ekstrem. Sebagai contoh, baterai ini dibekukan dalam balok es selama 48 jam pada suhu 70 derajat di bawah nol. Saat baterai itu dikeluarkan dari balok es tadi, ia tetap berfungsi dengan efisiensinya seperti biasa. Rahasia kekuatan luas biasa pada Baterai yang Tahan hingga 10 tahun ini adalah lempengan Cadalloy yang dilelehkan (diambil dari Cadmium); pemisah-pemisah utama yang tidak dapat hancur yang tetap membuat lempengan-lempengan tadi lembab dan aktif; dan elektrolitnya tipe ringan yang mengurangi asam pekat yang bisanya membuat bagian dalam baterai berkarat. Baterai tahan lama berbeda dari baterai asam padat lainnya dari berbagai hal.

Apa guna Baterai Tahan Lama untuk anda) Baterai ini membuat lampu mobil anda menyala 50 persen lebih terang. Pastinya anda menyalakan lebih cepat mesin dalam cuaca apa pun yang berarti lebih menghemat bahan bakar bensin. Anda hanya perlu menambahkan air satu kali dalam setahun, merupakan baterai yang bebas perawatan. Keuntungan paling penting adalah garansi service dari perusahaan selama 10 tahun. Garansi ini didukung oleh perusahaan lokal yang telah memiliki izin dan tidak berpengaruh berapa kali anda memindahkan baterai dari satu mobil ke mobil lain, karena satu nomor seri Baterai Tahan Lama terdaftar secara permanen untuk perlindungan anda sebagai konsumen.

Cukup mengejutkan, harga Baterai Tahan Lama tidak lebih mahal dari baterai premium biasa. Baterai otomatis tahan lama berdaya 6 volt hanya seharga 29,95 dolar dan 12 volt seharga 34,95 dolar. Itulah cerita dari seorang ilmuwan tentang penemuan baterai tahan lama. Namun, mengapa baterai canggih tersebut tidak dipasarkan atau dijual bebas pada zaman sekarang? Apakah harganya sangat mahal, atau tidak dipasarkan untuk tujuan bisnis dan mencari keuntungan? Pasti anda mengerti dan tahu jawabannya.


By Dr. J. Morgan Watt
From Science and Mechanics 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar