20 Bahan alami menghilangkan jerawat di wajah

Timbulnya jerawat kerap kali membuat kita tidak percaya diri. Meski sekarang banyak bermunculan produk anti jerawat, bahan alami tentu lebih direkomendasikan. Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat diantaranya infeksi akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Biasanya wajah berjerawat sangat sering dicari tahu oleh para kaum hawa. Bagaimana tidak, salah satu penyakit wajah terbesar yang dialami pria dan wanita adalah jerawat. Karena Berjerawat sebagian penderitanya mengalami rasa kepercayaan diri yang menurun di saat melakukan aktivitas di kalangan ramai.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami dan cara untuk menghilangkan jerawat di wajah yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Pedoman menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya, tanaman yang manfaatnya telah tidak diragukan lagi untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, saat ini tidak sedikit industri kecantikan yang memanfaatkan lidah buaya ini sebagai bahan bakunya. untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah kamu bersama lidah  buaya ini, kamu cuma butuh mengelupas lidah buaya dulu membawa gelnya. Pakai gel tersebut yang  merupakan masker wajah kamu, diamkan selagi sekitar 10-15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Mengatasi jerawat dengan bawang putih
Tidak tidak sedikit yang menyangka memang lah seandainya bumbu dapur yang satu ini pun berguna untuk menghilangkan jerawat dan jerawat bekas yang ada di wajah kamu. Untuk cara pemakaiannya pun lumayan simpel kamu cuma butuh mengiris sekian banyak siung bawang putih dulu dan mengoleskannya kepada wajah kamu. Diamkan lebih-lebih dulu kurang lebih 10-15 menit sebelum kamu membilasnya. Buat mendapati hasil yang memuaskan, melakukan panduan ini dengan cara rutin.

3. Mengobati jerawat dengan air jeruk nipis
Tidak cuma buat perawatan mata dan untuk melembabkan kulit saja. Buah yang satu ini pula bisa kamu memanfaatkan buat menghilangkan jerawat dan bekasnya yang ada di wajah kamu. Potong sekian banyak jeruk nipis, peras airnya hingga pas tidak sedikit. Oleskan air tersebut ke sektor yang terdapat jerawat dan bekasnya kepada wajah kamu, dulu diamkan selagi kira kira 15 menit dan bilas dengan memanfaatkan air bersih. Janganlah kaget bila terhadap pengolesan perdana kamu merasakan perih terhadap wajah kamu, itu merupakan risiko dari air jeruk nipis untuk menghilangkan rasa gatal dan jerawat bekas kepada wajah kamu.

4. Menghilangkan jerawat dengan putih telur
Bagi kamu yang tak jijik dengan pedoman yang satu ini kamu boleh mencobanya. Caranya, pecahkan sekian banyak telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Ambil putih telurnya saja, kocok-kocok sebentar dan oleskan terhadap wajah kamu. Sebelum di bilas, diamkan dulu kira-kira 10-15 menit.

5. Mengobati jerawat dengan Mentimun
Mentimun ialah tipe sayuran yang mengandung tidak sedikit air yang kalau dimakan, bisa mencegah dehidrasi. diluar itu mentimun mengandung zat seperti : Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll, yang pula baik buat kesehatan kulit. Bagaimanakah caranya?

- Apabila jerawat masih sedikit
Seandainya jerawat di wajah kamu sejumlah tetap sedikit, kamu cuma perlu mengiris mentimun jadi sekian banyak sektor tidak tebal. Sesudah itu kamu tempelkan di sektor kulit wajah yang ada jerawatnya, biarkan selagi 20-30 menit sesudah itu bersihkan dengan air. 

- Kalau jerawat telah tidak sedikit
Tidak sama halnya apabila jerawat di wajah kamu sebanyak telah tidak sedikit, sehingga caranya pula tidak sama. Perdana kamu siapkan mentimun, setelah itu cuci mentimun sampai memang bersih, kemudian haluskan dengan cara diparut atau di blender. Seterusnya jadikan masker, biarkan selagi 20-30 menit. Terakhir, kamu cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air.

6. Madu
Dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, madu juga mengandung antibiotic yang sangat tinggi. Kandungan tersebut membuat madu mampu mencegah infeksi pada wajah yang berjerawat.

Cara Menggunakan: Siapkan madu alami (bukan produksi pabrik), oleskan pada jerawat dan diamkan sekitar 25-35 menit, kemudian bersihkan menggunakan air dan lakukan secara rutin.


7. Lemon
Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga dapat menjadi pilihan untuk mengobati jerawat membandel! Namun, yang perlu diperhatikan, lemon kurang cocok bila digunakan pada kulit yang sensitif.

Cara Menggunakan: Basuh air hasil perasan lemon pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas, diamkan selama 20 menit, kemudian basuh dengan air bersih.

8. Tomat
Tomat merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin A dan C. Kandungan vitamin tersebut membuat tomat mampu menjadi obat alami menghilangkan jerawat. Nggak heran, tomat kerap menjadi varian masker jerawat!

Cara Menggunakan: Gunakan tomat yang matang dan berwarna kemerahan dan iris tipis-tipis. Tutup area jerawat dengan irisan tomat dan diamkan selama 10-15 menit.

9. Daun kemangi
Anda mungkin tahu bahwa daun kemangi yang digunakan untuk memasak. Tapi apakah Anda tahu bahwa ia memiliki kandungan kuat antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat digunakan untuk menyingkirkan jerawat? Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa kemangi sangat efektif dalam pengobatan dan antibiotik. Ekstrak daun kemangi juga dapat mengendalikan pembengkakan jerawat.

Letakkan 10 lembar daun kemangi dalam panci kecil dan lembutkan dengan sendok. Masukkan segelas air dan rebus daun selama 5 menit. Setelah mendidih, angkat lalu dinginkan dahulu. Celupkan kapas ke air daun kemangi tersebut, lalu oleskan ke jerawat. Anda dapat menyimpan sisa air daun kemangi dalam kulkas selama 5 hari. Pakai secara rutin.
 
10. Alpukat
Jika anda mencari pengobatan alami untuk jerawat, alpukat adalah salah satu yang cukup efektif. Selain murah, alpukat juga mudah didapat dan bisa buat minuman kesehatan. Ada beberapa alasan mengapa alpukat adalah pilihan yang baik untuk pengobatan jerawat. Alpukat kaya akan vitamin E, bagus untuk kulit, menghindarkan infeksi dan peradangan. Alpukat memiliki efek pelumas pada kulit. Bermanfaat untuk membuat kulit lembut dan kenyal.

Buat masker dari bahan antara lain alpukat, madu dan jeruk nipis. Lembutkan setengah potong alpukat, lalu campur dengan 1 sdm madu dan 3-4 tetes jeruk nipis, aduk hingga merata. Lalu oles secara merata campuran tersebut ke wajah, jangan menggosok area berjerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan proses ini setiap hari hingga wajah anda bebas jerawat.

11. Stroberi
Buah Stroberi mungkin sulit anda dapatkan, hanya ada di beberapa supermarket besar. Namun tidak ada salahnya anda coba. Stroberi mengandung asam salicyclic, yakni bahan dasar beberapa produk komersial yang digunakan untuk mengobati jerawat. Asam salicyclic merangsang epidermis (lapisan atas kulit) untuk melepaskan sel-sel dengan lebih cepat. Jadi pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan bakteri bisa dinetralisir. Zat ini juga mendorong perkembangan sel-sel kulit baru dan menutup pori-pori untuk mencegah infeksi.
 
Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Cuci 1 buah stroberi lalu lembutkan. Setelah itu campurkan 1 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut ke area berjerawat, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi langkah ini setiap pagi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

12 Wortel
Wortel juga terkenal untuk kulit karena memiliki sifat penyembuhan. Vitamin A pada wortel merupakan kandungan utama dari beberapa obat jerawat di Amerika yang dikenal sebagai retinoid, tretinoin, isotretonion, dsb. Anda bisa menggunakan wortel secara internal (jus wortel) maupun eksternal. Wortel kaya dengan vitamin dan karoten, adalah salah satu solusi alami untuk jerawat.

- Minum jus wortel setiap hari. Disarankan untuk membuat jus wortel pada pagi hari saat perut kosong, agar bekerja maksimal pada kulit.
- Cara yang kedua adalah mengoleskan jus wortel menggunakan bola kapas ke area berjerawat. Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun pada saat penerapan luar (bukan diminum ya). Ulangi proses ini setiap hari agar wajah anda terbebas dari jerawat.

13. Kunyit
Cara menghilangkan jerawat dengan Kunyit. Kunyit digunakan dalam Ayurveda, obat-obatan India kuno untuk mengobati banyak masalah kesehatan termasuk jerawat. Kunyit memiliki sifat anti-bakteri dan anti jamur yang membantu untuk membunuh bakteri jerawat. Kunyit juga memiliki senyawa aktif yang disebut curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyembuhkan peradangan, rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan karena jerawat.

Buat pasta dari bahan kunyit. Siapkan bubuk kunyit murni yang bisa beli di pasar. Atau jika ingin agak repot, maka parut 1-2 butir kunyit. Taruh dalam wadah kecil lalu tambahkan air bersih secukupnya, jangan terlalu encer. Oleskan ke area berjerawat, bisa pagi dan sore hari. Biarkan agar mengering, lalu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu untuk hasil yang maksimal.

14. Kulit pisang
Kulit pisang mengandung zat yang disebut lutein, antioksidan yang kuat untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan mendorong pertumbuhan sel yang sehat.

Makan pisangnya dan sisakan kulitnya. Ambil kulit pisang dan potong ukuran kecil. Lalu gosokkan bagian dalam kulit pisang tersebut dengan gerakan lembut melingkar di area jerawat (jangan menekan), selama 4-5 menit hingga warna kulit pisang berubah kecoklatan. Ambil irisan yang baru lalu ulangi. Biarkan selama kurang lebih 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi minimal 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Anda bisa melakukannya juga saat malam hari menjelang tidur, lalu cuci bersih saat anda bangun.


15. Cuka sari apel
Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel. Anda bisa membelinya di supermarket. Cuka sari apel merupakan antiseptik dan anti-bakteri, membunuh bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Cuka sari apel mengandung desinfektan, anti-bakteri, anti-inflamasi dan bagus untuk menyeimbangkan pH tubuh. Cuka sari apel juga berisi vitamin penting, mineral, enzim, asam karbol, keton, Aldehida, asam amino, serat, anti-oksidan dan asam asetat yang dibutuhkan tubuh dan mencegah jerawat.

Berikut ini cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka sari apel, mari kita simak:

- Siapkan mangkuk, campurkan satu bagian air dan satu bagian cuka sari apel (untuk kulit sensitif digunakan rasio 3:1). Gunakan kapas bola dan terapkan ke area berjerawat. Anda bisa melakukannya malam hari sebelum tidur, lalu cuci bersih saat bangun. Jika dilakukan pagi/siang hari, biarkan pada beberapa menit, kemudian cuci dengan air bersih dan pakai pelembab.

16. Kayu manis
kayu manis bisa jadi bahan alami yang bagus untuk menghilangkan jerawat, alasannya karena kayu manis terkandung zat antimikroba yang mampu melenyakpan kuman dan bakteri di kulit wajah, sedangkan madu merupakan bahan alami yang punya antibiotik alami, antibiotik tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak karena jerawat.

-  Siapkan 1 sdm bubuk kayu manis. bisa beli di pasar banyak.
-  siapkan 2 sdm madu murni
-  Campur kedua bahan dan aduk-aduk sampai merata hingga membentuk pasta.
-  lalu oleskan di area wajah yang terdapat jerawatnya, dan biarkan sampai 20 menit.
-  lalu bersihkan wajah, tak perlu di lap, biarkan saja sampai mengering dengan sendirinya.

Biasakan membersihkan wajah sebelum menggunakan masker alami, gunakan masker kayu manis secara rutin biar jerawatnya cepat hilang.

17. Kentang
kentang kaya akan Vitamin serta mineral. Hal ini baik untuk kesehatan kulit karena memiliki kekuatan penyembuhan yang efektif.

Cara menggunakannya:
Ambil kentang segar lalu iris kentang tipis-tipis. gunakan irisan kentang tersebut ke daerah wajah yang jerawatan dan biarkan selama setengah jam. Anda juga dapat memijat lembut irisan kentang pada wajah. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat.

Catatan: Anda juga dapat menggunakan jus kentang sebagai masker dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Anda harus menerapkan obat ini setidaknya sekali sehari.

18. Daun pepaya
Mungkin Kamu masih bingung kenapa daun pepaya bisa dipakai buat obat jerawat. karena eh ternyata daun pepaya terkandung anti oksidan serta kandungan vitamin yang baik untuk menutrisi kulit. jadi, kalau buah pepaya dipercaya bisa memutihkan wajah, nah daunnya ini juga bisa dimanfaatkan buat mengatasi jerawat. Nah begini nih cara pembuatannya.

-  Siapkan daun pepaya segar sebanyak 5 lembar
-  Setelah itu keringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari.
-  kalau sudah kering selanjutnya daun pepaya ditumbuk sampai halus.
-  lalu tambahkan sedikit air dan aduk-aduk deh sampai merata.
- Oleskan ke seluruh permukaan wajah deh. Ingat sebelum dioleskan, biasakan untuk membersihkan wajah dulu dengan air hangat.
-  Kemudian tunggu sampai 30 menit dan bilas dengan air yang harus bersih.


19. Es Batu
Selain memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area jerawat, es batu juga mampu membantu mengecilkan pori pada kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara Menggunakan: Bungkus es batu dengan kain yang bersih, tempel pada area wajah yang berjerawat selama beberapa menit dan ulangi sekitar 10-20 kali.


20. Perbanyak minum air putih
Tahukah kamu bila kira kira 70% dari badan kita yaitu air? Sehingga dari itu, tidak heran seandainya tidak sedikit orang yang menyarankan untuk konsumsi air putih yang pas. Air putih ini mampu melembabkan kulit wajah kamu, dengan begitu bekas jerawat tak ingin tersebar kemana-mana.

0 Response to "20 Bahan alami menghilangkan jerawat di wajah"

Posting Komentar