Senin, 27 Maret 2017

3 Tips menjaga kesehatan agar tetap fit saat mudik

Mudik

Mudik sudah menjadi rutinitas atau tradisi dari masyarakat Indonesia setelah sebulan menjalani ibadah puasa Ramadan. Bertemu keluarga besar yang selama setahun tidak bersua menjadi motivasi tambahan meski mudik adalah hal yang memakan waktu lama serta melelahkan.

Keadaan lalu lintas yang sedang padat-padatnya pun sepertinya jadi halangan tersendiri bagi pelaku mudik ke kampung halaman. Di pemberitaan selalu saja ada berita kecelakaan, baik karena kelalaian pengemudi, pengemudi yang letih setelah perjalanan panjang, atau faktor non-teknis dari kendaraan. Tentu risiko ini bisa diminimalisir dengan berbagai persiapan, jauh sebelum kita turun ke jalan untuk mudik.

Kesehatan menjadi poin penting, agar kondisi fisik tetap fit sepanjang Lebaran. Sebab, pada momen Lebaran, biasanya banyak kegiatan yang harus dilakoni. Mulai dari mudik hingga silaturahmi dengan keluarga besar. Aktivitas tersebut membutuhkan energi yang terbilang tinggi. Sebab, kegiatan itu dilaksanakan dalam tempo yang cukup mepet.

banyak cara yang dapat dilakukan, agar kondisi tubuh tetap fit, saat mudik dan Lebaran. Sumber makanan dan olahraga merupakan dua penunjang aktivitas Lebaran. Pada kondisi tertentu, masyarakat memiliki keinginan untuk tetap fit saat Lebaran. Sebab, saat Lebaran, banyak aktivitas dilakukan bersama keluarga. Tentunya, momen itu tidak ingin dilewatkan. Mulai dari salat Idul Fitri sampai silaturahmi.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat akan dan sedang berlebaran:

1. Menjaga kondisi badan agar tidak terlalu lelah
Kondisi badan penting untuk diperhatikan. Saat Anda  sedang  tidak  enak badan, suplemen apa pun yang Anda konsumsi pasti tidak akan berpengaruh. Saat Anda merasa dalam kondisi tidak sehat, sebelum salat Idul Fitri, baiknya Anda beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas seharian. Selain itu, bagi Anda yang masih dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman, baiknya memperhatikan kondisi  tubuh. Bahaya jika Anda sedang mengendarai kendaraan, dalam kondisi tubuh yang lemah. Yang dikhawatirkan, Anda menjadi tidak konsentrasi dalam berkendara. Tentunya  hal itu membahayakan.

2. Perhatikan konsumsi makanan, minuman, dan suplemen tambahan
Kondisi tubuh ketika Lebaran masih sama dengan saat puasa. Sebab, sistem tubuh mengolah makanan belum berubah seperti saat berpuasa. Namun, lebih baik jika sebelum salat Idul Fitri, Anda mengkonsumsi sedikit makanan. Selain untuk membuat usus bekerja, itu juga bisa  memberikan  tenaga bagi Anda untuk menjalani aktivitas yang cukup padat. Baiknya, konsumsi makanan  yang  berkarbohidrat. Sebab, itu akan bermanfaat. Jika mengkonsumsi makanan pada pagi hari, hindari makanan pedas, manis, dan dingin. Jangan makan terlalu banyak. Anda lebih baik konsumsi sayur. Sebab, itu dapat menjadi penyeimbang.

Minuman juga perlu diperhatikan. Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup membuat tubuh merasa rileks. Selain itu, konsumsi vitamin juga perlu diperhatikan.Vitamin ini nantinya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh saat beraktivitas. Sebaiknya vitamin  diberikan, apabila Anda telah mengkonsumsi makanan berat. Sebab, jika hanya mengkonsumsi vitamin, dikhawatirkan usus tidak bekerja dengan baik. Hal  itu  dapat  menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Istirahat yang cukup dan olahraga
Istirahat menjadi faktor terpenting bagi pemudik. Baik yang menggunakan pesawat, kereta api, kapal laut, bus, maupun kendaraan pribadi. Seperti, sepeda motor dan mobil. Jika berkendara dengan kendaraan pribadi, sebaiknya sering berhenti untuk beristirahat. Sebab, saat mudik, istirahat dapat dijadikan alat recovery bagi tubuh. Terutama bagi yang mengalami jetlag dan capek saat berkendara. Olahraga juga penting karena mampu membuat daya tahan tubuh menjadi lebih bagus. Selain itu, dengan berolahraga yang cukup, terutama jauh-jauh hari sebelum mudik, membuat tubuh fit  selama Lebaran. Sebab, tubuh kita terbiasa dengan aktivitas yang melelahkan.

Tip-tip tersebut sebaiknya mulai dilakukan sebelum berlebaran. Jangan sampai, saat  momen  penting itu, tubuh kita menjadi lemas dan tidak mampu menjalankan aktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar