Inilah cara menyiasati deadline (tenggat)

Deadline, sebuah kata mematikan bagi yang menerimanya, terutama bagi orang-orang yang senang mendapatkan deadline untuk segala jenis kegiatan. Deadline merupakan tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kerjaan menumpuk sedangkan tenggang waktu atau deadline sudah semakin dekat. Bagi Anda yang  bekerja dengan tuntutan dan waktu yang sempit mungkin pernah mengalami stress ketika dihadapkan pada kondisi seperti ini. Lantas jika sudah seperti ini cara apa yang harus Anda gunakan untuk bisa tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik.

Panik akan membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi dan berpikir dengan tenang sehingga hanya akan memperburuk kondisi Anda. Maka dari itu tetaplah tenang dan jangan panik yang secara berlebihan karena dengan suasana hati yang tenang Anda akan bisa tetap berpikir jernih. Selain itu ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar tetap enjoy dan menikmati pekerjaan Anda.

Perasaan selalu dikejar deadline (tenggat) bisa muncul karena ketidakmampuan mengelola waktu dan menyusun rencana kerja yang baik. Untuk menyiasatinya, cobalah untuk memahami maksud dan tujuan dari tugas yang diberikan. Ajukan pertanyaan dalam diri dan kemudian cobalah untuk menyusun rencana.

Setelah memahami, pilihlah pekerjaan menjadi beberapa bagian kecil yang bisa dikerjakan secara terpisah. Maksudnya agar lebih muda dalam penyelesaian. Selain itu, pembagian ini secara psikologis akan terlihat lebih ringan. Pilihlah menurut skala prioritas, mana yang harus diselesaikan atau diserahkan kepada atasan terlebih dulu. Buat daftar pembagian itu dan coret jika bagian itu selesai dikerjakan.

Disiplin menjadi kunci. Dibutuhkan kemampuan untuk bisa membagi waktu yang terbatas. Susunlah jadwal untuk pengerjaan dan perkuat niat untuk bisa mengikuti jadwal itu.

Hindari menjadi perfeksionis. Bukan berarti perfeksionis itu buruk, tetapi jika terobsesi mengerjakan sesuatu untuk sempurna membutuhkan waktu lebih panjang. Sebenarnya, yang dibutuhkan adalah hasil yang sesuai dengan kebutuhan bukan dilebih-lebihkan karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Cobalah untuk tidak terlalu banyak mengobrol tidak jelas dengan rekan kerja atau via pesan instan di ponsel. Obrolan tidak jelas malah membuat tenggat semakin dekat dan Anda belum juga menyelesaikan pekerjaan. Walaupun begitu, Anda tetap harus berinteraksi dengan rekan kerja. Sesekali hal itu malah membuat pikiran menjadi lebih jernih dan membuat proses pengerjaan pekerjaan itu menjadi lebih cepat.

Menyelesaikan tugas membutuhkan konsentrasi. Cobalah untuk menyediakan gelas dan botol minum besar dengan air yang penuh. Terkadang, kita lupa untuk minum saat sedang konsentrasi. Padahal, minum bisa menyegarkan pikiran dan membuat kita tetap fokus. Dengan botol yang besar, Anda tak perlu lagi bolak-balik ke dispenser untuk mengambil air terlalu sering.

0 Response to "Inilah cara menyiasati deadline (tenggat)"

Posting Komentar