Rabu, 22 Maret 2017

Pola makan diet & cara ingin sehat tanpa obat


Gaya hidup sehat merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Selain itu ini menjadi faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidup Anda. Dengan sehat maka, seseorang akan dapat melakukan aktivitas yang mereka mau, sebab sehat itu mahal. Jadi jagalah tubuh anda, agar lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit yang dapat menyerang tubuh anda. Ada banyak manfaat yang di dapat jika anda sehat, misalnya anda tidak perlu  mengeluarkan waktu dan biaya yang cukup banyak untuk membeli obat atau pun untuk pergi ke rumah sakit hanya untuk berobat dan mendapatkan kesehatan.

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan, mulai  dari  aspek kesehatan, makanan, nutrisi yang dikonsumsi dan prilaku kita sehari-hari sedangkan diet adalah jumlah asupan makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Dalam bahasa Indonesia, Diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya dalam menurunkan atau mengatur asupan nutrisi tertentu.

Tubuh memiliki sejumlah sistem organ yang beradaptasi untuk dapat menetralisir dan mengeliminasi kelebihan asam, akan tetapi terdapat batasan mengenai seberapa banyak sifat asam (bahkan pada tubuh yang sehat) yang dapat ditangani oleh tubuh secara efektif. Tubuh sanggup menjaga keseimbangan asam dan basa agar organ-organ dapat berfungsi dengan baik, dan hal yang paling baik yang bisa kita lakukan adalah menjaga asupan pola makan kita agar sebagian besar bersifat alkali, serta menghindari faktor-faktor yang dapat memproduksi asam berlebih di dalam tubuh, seperti merokok, minum minuman bersoda, dan memakan makanan gorengan, berlemak atau junk food.

Diet yang sehat bukanlah diet yang membuat Anda sakit, melainkan diet yang meningkatkan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jika ingin menurunkan berat badan ada baiknya mengetahui makanan apa yang baik dikonsumsi dan tidak. Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Pengertian diet lainnya yaitu “kegiatan membatasi nutrisi berupa kalori dengan sengaja, yang dimaksudkan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih kurus”. Dapat diartikan bahwa perilaku diet ini menekankan pada usaha penurunan berat badan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara  namun tetap berfokus pada pengaturan pola makan oleh pelaku diet. Pola makan sehat yang dianjurkan agar pelaku diet senantiasa mendapatkan nutrisi yang seimbang bagi tubuh mereka :
  1. Berbagai macam variasi dari buah-buahan dan sayuran sebaiknya dikonsumsi paling sedikit lima porsi sehari.
  2. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat sebaiknya dikonsumsi, khususnya yang mengandung serat tinggi seperti roti, pasta, sereal, dan kentang. Untuk Indonesia sendiri, Karbohidrat lebih umum dikonsumsi dalam bentuk nasi, roti, mie, atau kentang sebagai makanan pokok yang dimakan setiap hari.
  3. Daging, ikan, dan sejenisnya sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang dan lebih dianjurkan untuk memilih yang rendah lemak.
  4. Susu dan produk-produk olahan dari susu sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan mengandung kadar lemak yang rendah, apabila memungkinkan.
  5. Cemilan dan makanan yang mengandung gula seperti keripik kentang, permen, dan minuman yang mengandung gula sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah kecil dan jarang.
Hidup dengan cara yang sehat, merupakan suatu hal yang wajib dilakukan semua orang, selain itu dengan hidup sehat, maka seseorang dapat mencegah masalah kesehatan, dan terhindar dari segala penyakit yang dapat menyerang tubuh, seperti tekanan darah tinggi dan obesitas. Untuk saat ini gaya hidup sehat, telah menjadi hal yang sangat berperan penting, untuk mengatasi masalah tersebut sudah tersedia berbagai produk suplemen dan vitamin yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan anda. Namun selain itu, apabila anda ingin lebih sehat dan tidak ingin minum obat-obatan, anda dapat melakukan cara yang lebih mudah.

Cara-cara tersebut yang pertama yaitu, mengatur pola makan, dengan mengatur pola makan, maka tubuh anda akan lebih sehat, sebab tubuh harus membutuhkan makanan yang bernutrisi untuk kesehatan tubuh, selain itu pilihlah makanan yang akan anda beli, ini bertujuan agar anda dapat terhindar dari bakteri yang dapat menempel pada makanan.

Cara yang kedua yaitu minum cukup  air, dengan minum maka tubuh akan berstamina, karena tubuh mudah berkeringat, sehingga di butuhkan air yang dapat mengganti keringat yang sudah keluar, sebaiknya anda minum 6 sampai 8 gelas per hari, hal ini juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan mengatur pola  makan, dan minum, maka anda sudah dapat memiliki gaya hidup sehat di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar