6 Langkah untuk mencapai hidup yang sehat

gaya hidup sehat
Kesehatan itu mahal harganya sehingga tidak seorangpun ingin sakit. Tetapi, seringkali penyakit datang dengan tiba-tiba hanya karena manusia lalai menjaga kesehatan. Tanpa disadari, terkadang pola hidup sehari-hari dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit. Pola hidup sehat merupakan kebiasaan hidup yang berpegang pada prinsip menjaga kesehatan. Menjalani pola hidup sehat merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Ibarat orang dalam perjalanan  dan menemukan persimpangan jalan, satu arah merupakan jalan yang terjal, berbukit-bukit dan jauh sementara jalan yang lain mudah dan lebih dekat, tetapi macet. 

Kebanyakan orang akan memilih jalan yang mudah meskipun jalan macet. Itulah gambaran manusia  biasanya memilih yang mudah, makan yang serba enak, malas bekerja, tidur nyenyak dan malas bergerak. Orang yang memilih jalan hidup yang serba mudah dan tidak teratur dalam jangka   panjang akan menjadikan orang tersebut menjadi tidak sehat, pemalas dan kehilangan jati diri karena  hidupnya tidak disiplin dan tidak mampu mengendalikan diri.

Orang yang sehat tidak cukup hanya ditunjukkan oleh otot yang besar atau badan yang  kekar, tetapi  selain sehat secara fisik juga harus sehat secara rohani dan tidak mudah menderita gangguan jiwa. Beberapa tahun yang lalu, Human Population Laboratory di California Departemen of Health menerbitkan daftar kebiasaan yang berkaitan dengan kesehatan dan umur panjang, yaitu mencakup  olahraga yang teratur, tidur secukupnya, sarapan yang baik, makan yang teratur, kontrol berat badan,  bebas dari rokok dan obat-obatan, dan tidak mengomsumsi alkohol.

Untuk mencapai kebugaran dan kesehatan, seseorang harus mengatur makanan, beristirahat secara  cukup, dan berolahraga teratur. Dengan demikian, pola hidup sehat akan mencakup pola makan, mengatur jadwal makan, menjaga kesehatan pribadi, istirahat yang cukup, aktif berolahraga dan menghindari stres pikiran.

1. Mengatur makanan dan pola makan
Diet berarti mengatur makan. Hal ini mengandung makna bahwa makan harus seimbang dengan kebutuhan tenaga. Kalau seseorang bekerja dengan kebutuhan tenaga yang banyak,seperti tukang batu, pengayuh becak, atau seorang atlet berarti kebutuhan makan juga banyak. Sebaliknya, seseorang yang bekerja di atas meja seperti sekretaris atau kepala  kantor yang  memerlukan tenaga tidak banyak, maka makanan yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Oleh karena itu, konsumsi makanan harus sesuai dengan kebutuhan tenaga. Dengan kata lain, input energi harus sama dengan output energi. Ingat, mengonsumsi makanan yang berlebihan dapat  berakibat langsung pada kelebihan berat badan, kegemukan, dan akibatnya dapat menyebabkan penyakit  jantung,  diabetes melitus, dan secara tidak langsung dapat menimbulkan depresi, dan ketidaknyamanan sosial. Sebaliknya, jika mengonsumsi makanan yang kurang memenuhi standar kecukupan gizi, juga menyebabkan tubuh tidak sehat, badan tampak kurus, dan penampilan menjadi kurang percaya diri.

Oleh karena itu,untuk mencapai kesehatan, setiap orang harus membisakan mengonsumsi makanan  sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi yang seimbang.

2. Mengatur jadwal makan
Tujuannya tidak lain adalah untuk mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Kebanyakan orang akan mengatur waktu makan mereka menjadi 3 waktu makan, yaitu pagi, siang dan malam. Sangat baik jika anda makan pada jam-jam yang memang sudah anda tentukan.

3. Menjaga kesehatan pribadi
Tugas lain dalam usaha mendapatkan kesehatan yang baik adalah dengan cara menjaga kesehatan pribadi. Kesehatan pribadi dapat diartikan sebagai aktivitas rutin yang biasa dilakukan oleh setiap orang, seperti mandi, menggosok gigi, berpakaian, kebersihan rambut, dll.

4. Mengatur istirahat
Mengatur istirahat berarti mengatur antara bekerja dan beristirahat. Tenaga manusia ada batasnya, kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat. Jika antara bekerja dan istirahat tidak seimbang, dapat menyebabkan badan menjadi tidak nyaman dan bisa menimbulkan sakit. Istirahat bagi tubuh diperlukan untuk memberikan kesempatan pada alat-alat tubuh atau organ-organ tubuh mengurangi pekerjaaanya secara faali sehingga tubuh dapat melakukan kerja sehari-hari dengan baik. Istirahat yang baik adalah tidur selama 7-8 jam setiap hari. Tidur sebaiknya dilakukan pada malam hari setelah seharian fisik bekerja.

5. Berolahraga teratur
Olahraga yang teratur adalah olahraga yang dilakukan setiap dua hari sekali. Olahraga yang cocok  dan mudah dilakukan oleh setiap orang adalah olahraga aerobik, seperti jalan kaki, jogging, senam aerobik, berenang, bersepeda atau permainan ringan, seperti tenis meja atau golf.  Olahraga  permainan lebih disukai banyak orang karena menyenangkan.

Olah Raga sangat penting dilakukan baik bagi kaum muda maupun orang tua. Bagi kaum muda, olahraga sangat membantu dan berguna bagi tubuh untuk membantu masa pertumbuhan mereka. Sedangkan bagi para orang dewasa dan juga orang tua, olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga kesehatan organ tubuh.

6. Menghindari stres pikiran
Kebanyakan orang sangat sulit untuk menghindari hal ini. Stres pikiran memang sering kali menyerang tiap orang. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda baik secara pikiran (mental) maupun secara fisik. Jika anda sedang memiliki masalah, sebaiknya jangan dipikirkan terlalu serius. Lebih baik untuk memikirkannya secara santai dan jangan jadikan itu sebagai beban dalam diri anda.


Inilah pola hidup sehat dan tidak sehat

Sehat
1. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.
2.Mengonsumsi makanan berserat tinggi, sayuran, dan buah segar setiap hari.
3. Menghindari makanan yang mengandung banyak lemak, gula atau garam.
4.Mengonsumsi susu atau produk dari susu setiap hari.
5. Tenang dan selalu berpikir positif.
6.Berat badan dalam batas normal.
7. Olahraga teratur.
8. Cukup istirahat.
9. Minum air putih 1,5-2 liter perhari.
10.Tidak merokok.

Tidak sehat
1. Mengonsumsi makanan apa saja yang penting enak dan cepat saji.
2. Jarang mengonsumsi makanan berserat tinggi, sayuran dan buah segar setiap hari (hanya kalau ingin dan ingat).
3. Suka mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, gula,atau garam.
4. Kadang-kadang kalau ingin saja mengonsumsi susu atau produk dari susu.
5. Pikiran gampang stress dan dan mudah pusing.
6. Berat badan lebih atau kurang dari berat badan ideal.
7. Kadang-kadang olahraga jika mau, atau sama sekali tidak berolahraga.
8. Banyak kerja lembur dan keluar malam.
9. Lebih suka minum kopi atau teh dari pada air putih.
10. Banyak merokok. 

0 Response to "6 Langkah untuk mencapai hidup yang sehat "

Posting Komentar