Selasa, 18 April 2017

Ingin diet, inilah tips rahasia terbaiknya

Tips diet
Mungkin anda sedang memulai rencana diet yang mungkin terdiri dari berbagai macam diet dan sebenarnya itu bisa menghalangi anda untuk menurunkan berat badan sebab kebanyakan dari diet orang awam adalah "diet cara lama". Diet dengan cara lama sudah tidak efektif lagi bila anda ingin menurunkan berat badan untuk jangka panjang. Hal itu disebabkan karena diet cara lama tersebut hanya efektif untuk jangka pendek.

Pada saat kita mulai kelebihan berat badan (Over-Weight), kita akan memiliki kecenderungan untuk mulai melakukan DIET dengan cara kita sendiri. Tapi saat kita mengurangi makan, otomatis kita akan mengurangi asupan nutrisi ke badan kita. Badan kita akan mengalami yang dinamakan DEFISIENSI atau kurang nutrisi.

Untuk menurunkan berat badan, mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi agar lebih kecil dibandingkan dengan jumlah kalori yang dikeluarkan memang sangat penting. Inilah ’hukum dasar’ dari berbagai macam cara diet sehat yang dikenal. Namun, sayangnya tips diet yang hanya mengurangi jumlah kalori tanpa mempertimbangkan asupan gizi dapat membuat tubuh menjadi lemas dan sakit.

1. Nutrisi yang seimbang
Nutrisi yang seimbang adalah inti dari penurunan berat badan anda. Tidak mudah mendapatkan nutrisi yang seimbang. Problem anda adalah anda tidak akan pernah punya waktu untuk menanam sendiri makanan anda, hidup di kawasan tanpa polusai dan memasak sendiri semua makanan anda
berdasarkan apa yang dibutuhkkan badan anda setiap hari.

2. Memperbaiki pola makan anda
Memilih makanan yang perlu anda makan dan yang tidak seharusnya tidak anda makan adalah pekerjaan yang sangat rumit. Ditambah lagi jika anda harus menghitung kalori yang masuk atau terkandung dalam suatu makanan. Panduan sederhana dimana semua orang bisa melakukannya dengan simple tanpa membuang waktu mereka menghitung kalori.
  • Kurangi karbihidrat. Apa kita makan racun? Ya, tapi bukan yang langsung membunuh anda. Beberapa contohnya adalah nasi, gula, garam, karbohidrat yang buruk sepertitepung, roti, mie, pasta.  
  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Sayuran adalah sumber karbohidrat yang baik. 
  • Perbanyak Protein. Seperti tahu, tempe, putih telur, daging ayam (dada), ikan. Kurangi daging sapi, kambing, babi. Protein akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dan akan membentuk otot yang akan meningkatkan metabolisme anda.
3. Tentukan target
Seringkali, kita menentukan target yang sangat tinggi yang justru membuat kita menjadi semakin gagal. Daripada menentukan target semisalnya ingin turun 25kg, akan lebih baik bila target tersebut di perkecil dan masuk akal seperti 2,5 kg perbulan sehingga bisa menurunkan hingga 30 kg per tahun, atau setengah kilo per minggu yang bisa menurunkan hingga 26kg setahun. Sebelum kita melanjutkan untuk menurunkan berat badan, kita harus melihat kembali target kita sebab semakin kita dekat dengan target kita, akan semakin banyak halangan yang muncul atau semakin lama waktu yang diperlukan.

4. Catat hasilnya di kertas
Catat setiap kemajuan anda setiap hari dalam menurunkan berat badan. Catat apa yang telah anda makan, lalu kegiatan - kegiatan yang anda ikuti yang menggunakan fisik anda bahkan kalau perlu catat berapa langkah kaki yang sudah anda lakukan setiap hari. Dengan adanya kelengkapan data seperti ini, anda dapat melihat yang mana yang bisa menurunkan berat badan dan yang mana yang tidak sehingga bisa anda gunakan untuk membuat rencana program untuk menurunkan berat badan selanjutnya.

Tidak ada yang bisa menolong anda dalam menurunkan berat badan selain catatan yang telah anda buat selama menurunkan berat badan. Didalamnya, anda bisa melihat target2 anda sebab mereka tercatat dan anda sudah evaluasi sebelumnya.

Yang harus dicatat
Setiap makanan yang masuk ke mulut saya. karena, mari kita lihat, kita mungkin tidak mencatatnya, tetapi tubuh kita tidak, Tubuh kita mencatat setiap makanan yang masuk. Oleh sebab itu kita juga harus mencatatnya.

Sesuatu yang ajaib akan terjadi ketika kita mencatat semua yang kita makan, kita akan berhenti makan - makanan yang tidak baik tanpa disadari. Kita tahu bahwa kita mencatat semua makanan yang kita makan, membuat kita menjadi sadar jumlah porsi yang kita makan dan membuat kita berpikir bahwa kita harus berhenti makan.

Pada saat - saat tersebut adalah kuncinya untuk berhenti makan. Tanyakan kepada diri sendiri, "Apakah saya merasa kenyang?" atau puaskah bila kita berhenti makan.

Hal lain yang harus dicatat
Setiap minuman juga harus di catat, dari segelas air putih sampai minuman - minuman bersoda.

- Berapa banyak langkah kaki yang sudah anda lakukan setiap hari? 
- Apakah anda bisa mencapai 1000 langkah dalam sehari?
- Apa yang anda rasakan saat itu? 
- Apakah itu cukup untuk membuat anda stress? 
- Bagaimana reaksi anda dengan situasi disekitar anda? 
- Apa pemecahan masalah yang akan anda terapkan?

Tidak diperlukan mencatat jumlah kalori yang ada di setiap makanan yang anda makan setiap hari, per minggu, kecuali bila anda memiliki berat badan yang terlalu berlebihan dan anda ingin serius menurunkan berat badan.

5. Ubah gaya hidup anda
Dengan menetap pada gaya hidup anda yang seperti ini dalam waktu yang lama, artinya bertolak belakang dengan gaya hidup diet cara lama yang hanya menghasilkan hasil dalam jangka pendek, anda akan merasakan peningkatan, merasa lebih sehat, selalu makan - makanan sehat untuk waktu yang lama.

Itulah perbedaan dari Program diet ini dengan program diet lainnya. Gaya hidupnya dapat anda customize (atur) sedemikian rupa sesuai dengan bentuk tubuh, cara makan, metabolisme dan biologi. Faktanya : Setiap orang memiliki bentuk biologi yang berbeda - beda. Bahkan anak kembar pun dapat memberikan hasil yang berbeda pada cara diet yang sama, hal ini dipengaruhi oleh keadaan lingkungan dan persahabatan, dan juga DNA dari setiap individu.

Setiap orang mungkin memiliki caranya sendiri untuk menurunkan berat badan, itulah kenapa dalam menentukan cara diet terbaik hanya anda yang bisa menentukan.

Ada hal - hal sederhana yang membuat saya takjub, perubahan simple yang dapat membawa dampak dalam menurunkan berat badan untuk jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah hal - hal sederhana yang sangat luar biasa dalam menurunkan berat badan :
  • Berhenti minum soda
  • minum lebih banyak air putih
  • hindari kafein (kopi)
  • hindari alkohol
  • kurangi mengkonsumsi gula
  • mengkonsumsi suplemen-suplemen pendukung
  • berjalan 10.000 langkah sehari
  • jangan makan 3 jam sebelum tidur
  • lebih baik makan cokelat sehat daripada makanan manis lainnya
6. Gaya hidup aktif
Anda harus menjadi orang yang aktif, karena badan anda akan membakar
kalori lebih banyak sehingga anda akan mencapai badan ideal anda lebih cepat. WHO menyarankan anda untuk lebih aktif. Ini adalah beberapa contoh kegiatan yang anda bisa lakukan:

1. Parkir mobil anda di tempat yang lebih jauh atau jika anda naik kendaraan
umum berhenti sebelum tujuan, dan berjalan kakilah ke tujuan anda
2. Daripada naik lift, lebih baik naik tangga
3. Cuci piring anda sendiri
4. Menyapu, Mengepel lantai, mencuci mobil
5. Berkebun

Dan banyak hal lain yang anda bisa lakukan, yang intinya anda harus bergerak. Tentunya jika anda suka berolahraga atau pergi ke Gym, akan lebih baik, dengan catatan anda harus membuat olahraga anda menjadi Lifestyle atau gaya hidup anda seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar