Minggu, 16 April 2017

Inilah cara pencegahan pada diabetes melitus

Penyakit diabetes
Kencing manis atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan diabetes melitus adalah gangguan kesehatan dimana kadar gula darah seseorang sangatlah tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Pada orang yang sehat, karbohidrat dalam makanan akan diubah menjadi glokosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Pada orang yang menderita kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena sedikit atau tidak adanya zat insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan.

Diabetes militus merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Hal itu sebenarnya bukan karena parahnya penyakit diabetes yang diderita, namun lebih sering akibat komplikasi yang dipicu oleh diabetes itu sendiri. Untuk itu, alangkah baiknya melakukan pencegahan agar terhindar dari diabetes. Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, Penyakit komplikasi yang akan ditimbulkan oleh penyakit gula darah ini adalah penyakit gagal ginjal, gangguan jantung, gangguan saluran pencernaan, sumbatan pembuluh darah, kebutaan, disfungsi ereksi, gangguan sensitivitas perabaan (baal), nyeri seluruh tubuh, dan kematian. Tidak jarang bagi penderita yang parah bisa amputasi anggota tubuh karena pembusukan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan melakukan perawatan yang serius bagi penderita serta melaksanakan / menjalani gaya hidup yang sehat dan baik bagi yang masih sehat maupun yang sudah sakit.

Diabetes bisa disebabkan dari riwayat keturunan maupun oleh gaya hidup yang buruk. Setiap orang bisa terkena penyakit kencing manis baik tua maupun muda. Waspada bagi anda yang memiliki orang tua yang merupakan pengidap diabetes, karena anda akan juga memiliki bakat gula darah jika tidak menjalankan gaya hidup yang baik. salah satu faktor predominan Diabetes adalah berat badan berlebih dan obesitas. Pola makan atau diet kaya kalori, garam, lemak jenuh dan gula, dan rendah serat dapat menyebabkan peningkatan berat badan berlebih dan dengan demikian meningkatkan risiko Diabetes.

Lari pagi dapat mencegah diabetes melitus
Olahraga yang paling aman, ringan4, murah dan paling mudah adalah berlari-lari (jogging). Walaupun hanya murah dan mudah, jogging memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membakar lemak dan membakar gula tubuh yang akan mnghasilkan energi dan menurunkan gula darah. Selain itu, jogging juga memacu jantung untuk bekerja lebih keras lagi dari biasanya.

Waktu yang paling tepat untuk berolah raga khususnya umtuk mencegah diabetes adalah di pagi hari, sekitar pukul enam hingga pukul sembilan, karena udara bumi masih tidak terlalu banyak tercampur oleh berbagai polutan. Selain iu cahaya matahari pada waktu-waktu itu sangat berguna untuk mengubah provitamin D di dalam tubuh menjadi vitamin D. Tak hanya itu, jika berolahraga pada pagi hari, saat keadaan organ-organ tubuh kita masih sangat sehat, juga waktu yang efektif agar oksigen lebih terserap lebih banyak dan lebih mudah bernafas.

Cegah diabetes melitus dengan Konsumsi antioksidan
Selain berolahraga secara teratur, pola makan adalah hal yang paling utama dalam semua pengendalian penyakit. Pola makan yang sehat, akan berdampak pada tubuh yang sehat. Salah satu penyebab diabetes adalah karena di dalam darah terlalu banyak glukosa yang tidak bisa di ubah lagi oleh insulin. Oleh karena itu, makanan yang baik untuk mencegah terjangkitnya diabetes yaitu yang rendah glukosa, bukan yang bergula tinggi seperti karbohidrat. Seperti nasi, nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat dengan jumlah yang sanga banyak. Dan selain itu penduduk Indonesia sering mengonsumsi permen, dodol, gula-gula sebagai camilannya. Itu perlu dihindari.

Konsumsi karbihidrat dan semacamnya sebenarnya diperbolehkan asal seimbang dengan makan lain misalnya vitamin, protein dan mineral. Vitamin sangat diperlukan untuk membantu mempercepat dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Vitamin banyak terdapat pada buah dan sayuran, tetapi tidak semua buah atau sayur efektif untuk mencegah diabetes. Buah atau sayur yang sangat berguna untuk mencegah diabetes adalah yang banyak mengandung antioksidan.

Kondisi para penderita diabetes sebagian besar memiliki kadar antioksidan yang rendah. Antioksidan adalah zat yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu sistem metabolisme maupun mengganggu fungsi dan susunan sel di dalam tubuh. Selain itu kadar radikal bebas di dalam tubuh yang sangat tinggi dapat memicu stres yang juga akan berdampak pada psikologi penderita yang berakibat sangat buruk bagi metabolisme tubuh.

Buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan diantaranya adalah jeruk, apel, nanas, pepaya, pisang, kiwi, anggur dan buah-buahan yang berwarna menarik. Selain buah, daun-daunan juga banyak yang kaya antioksidan misal daun kiurat, daun sambiloto, daun kumis kucing, daun salam, daun jambu biji6, batang brotowali, buah lada, dan rimpang jahe.7 Teh dan kopi juga mengandung banyak antioksidan, malah lebih banyak daripada makanan dan buah-buahan. Orang yang suka mengonsumsi teh dan kopi, lebih terjaga dan terhindar dari diabetes.

Cara lain untuk mencegah diabetes melitus, adalah sebagai berikut:

1. Makan secara proposional terutama yang berkadar gula rendah yaitu jenis makananyang mengandung karbohidrat dan berserat tinggi dan tidak terlalu panas, seperti : ubi jalar, talas, sayur-sayuran, buah segar, kacang-kacangan,roti.

2. Jika menghendaki minuman manis lebih bijak jika mengkonsumsi gula rendah kalori,misalnya pemanis buatan aspartam dan sorbitol. Pemanis buatan ini rasa manisnyahingga ratusan kali lebih manis dibandingkan dengan gula tebu, tetapi aman bagitubuh. Mengapa? bahan pemanis buatan ini tidak mengalami metabolisme dalam sel-sel tubuh sehingga tidak menambah kadar gula dalam darah.

3. Istirahat dan beraktivitas secara seimbang.

4. Yang tak kalah pentingnya adalah “smile”, banyak senyum dan sena
ntiasa bersyukurdengan apa yang kita terima. Insaallah akan mengurangi resiko terkena penyakitDiabetes Mellitus atau penyakit gula atau Kencing Manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar