Terapkan ini agar gaya hidup anda lebih sehat

Tips agar gaya hidup lebih sehat
Gaya hidup sehat adalah penerapan pola hidup yang baik dan seimbang untuk menciptakan kehidupan yang sehat baik fisik, mental maupun sosial sehingga mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit dan menciptakan kebahagiaan.

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Untuk melakukan pola hidup sehat tidak perlu mengeluarkan biaya  atau anggaran yang mahal, kita dapat melakukan sesuai dengan kemampuan yang ada, misalnya dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan olahraga secara teratur. Dengan melakukan hal tersebut kemungkinan tubuh akan tetap sehat, sehingga kebugaran jasmani dapat terjaga dengan baik.

Berikut ini adalah tips supaya gaya hidup anda lebih sehat:

1. Menerapkan gizi seimbang
Gizi Seimbang adalah makanan yang dikonsumsi oleh individu sehari-hari yang beraneka ragam dan memenuhi 5 kelompok zat gizi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan (Dirjen BKM, 2002) Berikut adalah tips untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan makanan gizi seimbang:

1. Makanlah makanan yang beranekaragam untuk memenuhi kecukupan energi. Kebutuhan kalori dari karbohidrat sekitar 50-60%, dari protein sekitar 10-20%%, dan dari lemak sekitar 30%.
2. Makan makanan tinggi serat.  Mengkonsumsi Sayuran dan buah-buahan 5-6 porsi dalam sehari.
3. Hindari makan tinggi lemak.
-  Bisa mengganti tehnik memasak dari menggoreng ke merebus/menumis/mengukus/membakar/memanggang/mengungkeb.
-  Hindari penggunaan minyak kelapa, mentega, margarin, minyak hewan, apalagi yang diulang-ulang. Sebaiknya gunakan minyak pengganti dengan lemak tak jenuh seperti minyak biji bunga matahari, minyak jagung,  minyak kacang kedelai.
-   Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi: otak, kuning telur, jeroan, udang, kepiting, cumi dan sebagainya, dan hasil olahan susu (mentega, susu,dll). Gunakan susu skim atau non-fat untuk mengganti susu full cream.
4. Mengkonsumsi air 8-10 gelas/ hari, hindari minuman softdrink karena mengandung kadar gula yang tinggi.
5. Bagi yang menghidap hipertensi dianjurkan untuk diet rendah garam. Yaitu dengan membatasi jumlah natrium saat mengolah makanan (memasak) seperti garam dapur, vetsin, soda kue, natrium benzoat. Serta menghindari bahan makanan yang diberi natrium dalam pengolahannya seperti roti, biskuit, keju, dendeng,  abon, kornet, ikan asin, telur asin, dll.
6. Jangan lewatkan sarapan pagi. Sarapan pagi dapat memelihara ketahan fisik dan daya tahan baik saat belajar maupun bekerja. 

2. Melakukan olahraga teratur
Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.
Pilihlah aktifitas fisik yang memiliki nilai aerobik seperti jalan kaki, berenang, bersepeda santai, mendayung. Latihan fisik harus berkesianmbungan / terus menerus. Minimal 3x dalam seminggu selama 30 menit.

3. Tidak meminum beralkohol
Menurut WHO, mengonsumsi minuman keras dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Dalam majalah Medicine Internasional disebutkan segudang efek buruk mengonsumsi minuman keras, yaitu berupa gangguan tenggorokan, perdarahan, hingga yang terburuk adalah kanker tenggorokan.

Minuman beralkohol dapat menyebabkan ketagihan, mabuk dan tubuh tidak mampu mengendalikan diri. Selain itu, minum-minuman beralkohol secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti penyakit hati.

4. Tidak merokok
Terdapat 4.000 macam racun yang terkandung dalam sebatang rokok. Racun-racun yang utama adalah nikotin, tar, timah hitam, dan gas karbonmonoksida. Kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan dan berbahaya bagi siapa saja. Saat batang rokok terbakar, asapnya mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

5. Mengendalikan stres, dengan cara:
  • Istirahat cukup dan tidur teratur 6-8 jam sehari
  • Selalu berfikir positif
  • Mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa
Demikianlah gaya hidup sehat tersebut yang amat baik bagi kesehatan dan kebahagiaan kita. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Dan mulailah saat ini juga.

0 Response to "Terapkan ini agar gaya hidup anda lebih sehat"

Posting Komentar