7 Pengaturan pola makan agar diet tepat

Pola diet sehat

Makanan yang sehat merupakan makanan yang tepat untuk menambah nutrisi bagi tubuh kita, yang di dalamnya terkandung zat-zat gizi. Zat-zat gizi tersebut yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Mengkonsumsi sesuatu memang sangat baik untuk mengembalikan energi yang telah dipakai. Tidak heran, dengan banyaknya makanan yang menggoda selera saat membuat banyak orang malah lupa dengan berat badan. Dengan kondisi ini tentunya akan membuat  tubuh terlihat melar dan memiliki tubuh yang tidak sehat. Jika melakukan diet, wajib pola makan diatur dengan baik dan benar agar diet yang dilakukan biasa terwujud.

Ketika anda berniat untuk diet, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah pola hidup anda, dan pastinya menjaga pola makan. Selain kedua hal tersebut, anda juga perlu tekad yang kuat juga motivasi. Pada saat diet, sudah pasti junkfood favorit anda dan cemilan yang tidak sehat harus anda hindari. Untuk mendapatkan hal yang lebih baik, harus ada yang anda korbankan. Begitu juga dengan keinginan anda menurunkan berat badan. Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk anda dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari dan menggantinya dengan hidup sehat.

Berat badan berlebih memang merupakan problem kesehatan yang perlu pelaksanaan yang serius. Mempertahankan berat badan ideal membutuhkan perencanaan, termasuk yang paling penting adalah pola makan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait pengaturan pola makan:

1. Porsi makan yang cukup
Penambahan berat badan bisa jadi karena porsi makan yang berlebih. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengurangi porsi makan besar, baik frekuensinya maupun porsi setiap kali makan.

2. Hindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji yang sarat dengan kalori sebagian besar memiliki kandungan lemak yang berlebih. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji bisa mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari.

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah secara umum mengandung kalori yang minimal, dan sudah cukup membuat Anda kenyang sehingga bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

4. Kurangi ngemil
Terlalu banyak makan makanan ringan ternyata bisa berpengaruh terhadap penambahan berat badan, bahkan banyak makanan ringan yang justru tinggi kalori.

5. Minum air putih yang cukup
Kebutuhan cairan orang dewasa kira-kira 2 liter perhari. Usahakan untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan tersebut. 

6. Mengganti jenis makanan tertentu
Misalnya mengganti nasi dengan nasi beras merah, kentang rebus, kacang-kacangan, maupun roti gandum. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber karbohidrat yang lebih lama dicerna tubuh, sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

7. Menghindari gorengan
Gorengan mempunyai potensi lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penumpukan lemak yang berlebih dalam tubuh. Oleh karen itu, sebisa mungkin hindari gorengan dan konsumsi makanan dengan cara direbus, di panggang, pepes, kukus, atau sup.

0 Response to "7 Pengaturan pola makan agar diet tepat"

Posting Komentar