Selasa, 16 Mei 2017

Inilah tips bisnis secara offline dan online

Tips bisnis sukses

Menjalankan wirausaha atau bisnis harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik agar mudah dan tercapai kesuksesan. Mempunyai usaha atau bisnis sendiri mungkin menjadi impian bagi semua orang dikarena hal tersebut pasti sangat menyenangkan untuk dijalan sebab kita tidak perlu tertekan dibawah perintah atasan karena disini kitalah yang akan menjadi bos dari usaha yang kita jalani. Bukan cuma itu saja kelebihan dari membuka bisnis pribadi, waktu yang lebih fleksibel dan dengan menghadirkan peluang bisnis tersebut bisa menjadi sumber nafkah bagi orang lain jika proyek yang anda kerjakan mulai menampakkan tajihnya. Bukan sesuatu yang mustahil bagi setiap orang memulai bisnis dari awal bermodalkan kecil hingga bisa menjadi sukses dan bernilai hingga miliaran tidak menuntut kemungkinan triliunan.

Memulai bisnis modal kecil membutuhkan keberanian dan hati yang mantap untuk memulainya. Memulai bisnis modal kecil tidak hanya masalah uang tetapi juga keberanian dan tekad yang kuat. Karena kebanyakan orang masih beranggapan bahwa untuk memulai suatu bisnis dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Padahal jika kita mau lebih jeli dan teliti, maka akan terlihat banyak sekali peluang usaha yang tersebar di sekitar kita, baik bisnis dengan modal kecil atau bisnis modal besar, baik bisnis sampingan maupun bisnis utama.

Berikut ini adalah tips bisnis secara offline dan online agar sukses

Tips bisnis offline

1. Tentukan tujuan hidup
Tujuan hidup atau cita-cita atau dalam bahasa inggris adalah dream (impian), adalah bagian terpenting menuju sebuah kesuksesan. Tanpa tujuan maka kita tidak akan menemukan arah yang tepat untuk melangkah. Dan tanpa cita-cita, maka tidak akan ada semangat yang mendorong kita untuk bergerak. Bermimpilah besar dan jangan pernah melupakan impian kita tersebut, sekali pun tidak pernah mencapai impian, jauh lebih baik punya impian besar dan berusaha mencapainya, ketimbang bermimpi kecil dan mencapai impian, impian kecil kita.

2. Buatlah daftar nama
Membuat daftar nama orang-orang yang kita kenal maupun yang tidak kita kenal adalah langkah pertama dalam gerak kita berbisnis. Dengan daftar nama inilah kita akan memulai bekerja. Kita harus membuat daftar nama sebanyak-banyaknya, yang kemudian kita seleksi siapa saja yang akan kita prospek, seleksi itu bisa berdasarkan kriteria tertentu seperti : usia, pendidikan, pekerjaan, tingkat kedekatan kita, dsb. Dalam langkah selanjutnya, usahakan membuat daftar nama baru, berusahalah menambah kenalan-kenalan baru dan menambah daftar nama orang-orang baru dalam kehidupan kita.

3. Undanglah
Setelah kita memperoleh daftar nama hasil seleksi, maka segera undanglah mereka untuk menghadiri pertemuan-pertemuan penting yang sudah terprogram. apakah pertemuan di rumah maupun di gedung pertemuan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan bisnis kita kepada mereka. Sebuah bisnis biasanya memiliki jadwal pertemuan yang biasa diikuti oleh para pemula atau yang sedang di prospek.

4. Lakukan presentasi
Perkenalkan terhadap bisnis juga dapat dilakukan dengan presentasi singkat mengenai seluk-beluk bisnis yang hendak kita tawarkan, dan disertai dengan ajakan untuk bergabung dalam bisnis ini. Presentasi harus dilakukan sebaik mungkin, agar siapa pun yang kita undang akan tergerak hatinya untuk bergabung. Bagi member yang baru dan belum begitu paham bisnisnya, dapat pula meminta sponsornya untuk melakukan presentasi bagi orang yang kita prospek.

5. Jadilah pemakai 100%
Cara cepat dan mudah untuk mengembangkan bisnis adalah dengan pemakai 100% dari produk-produk yang ada dalam bisnis kita. Kita tidak perlu repot-repot menawarkan dan menjual produk kepada orang, akan tetapi dengan memakai sendiri maka kita sudah bisa mengembangkan bisnis ini. Yang lebih penting untuk dilakukan adalah dengan mengembangkan jaringan kita, sehingga akan semakin banyak orang yang menjadi pemakai 100%. Selain itu akan lebih mudah kita menjelaskan sebuah produk yang kita sendiri pernah merasakan manfaatnya, sehingga orang yang diprospek pun akan yakin bahwa kita tidak hanya sekedar menawarkan produk, tapi kita juga memakainya.

6. Memiliki alat
Untuk menuju sukses, kita harus dibantu oleh sebuah sistem (support system) yang akan menyediakan alat-alat (tools) kelengkapan dalam bekerja. Alat-alat itu dapat berupa buku, kaset, maupun pertemuan-pertemuan. Dengan alat-alat ini, kita akan sangat terbantu, karena kita tinggal mengikuti saja semua petunjuk maupun arahan-arahan yang disarankan orang-orang yang sudah sukses dalam bisnis ini, sehingga kesuksesan menjadi sesuatu yang mudah diraih. Alat akan lebih memudahkan kita menduplikasi kesuksesan orang lain untuk kita terapkan sebagai langkah-langkah mencapai kesuksesan.

Tips bisnis online

Inilah beberapa tips bisnis online yang bisa yang bisa anda terapkan di usaha anda. Tips ini sangat cocok bagi usaha menengah/kecil yang jeli dan mau berpikir cepat agar bisnisnya berkembang. Sebelum melakukan promosi online, tentunya anda sudah memiliki sebuah website pribadi/perusahaan yang nantinya sebagai alat utama dalam berdagang.

1. Search engine
Daftarkan situs web anda di mesin pencari terkenal seperti yahoo, google, alvista, msn, dsb. Mesin pencari sangat penting untuk membantu anda berkembang, banyak orang bertumpu pada serach engine untuk mencari sesuatu. Untuk web submission, anda bisa lakukan secara menual atau memakai software submission.

2. Promosi iklan
Promosi situs anda di berbagai jasa iklan baris gratis, pasang dan tempatkan iklan anda sesuai kategori dan jenisnya. Ikuti peraturan dan jangan salah dalam memasang iklan.

3. Link swap
Lakukan pertukaran link dengan website lain yang memiliki kesamaan visi dengan situs web anda.

4. Banner exchange
Lakukan pertukaran banner dengan web lain.

5. Mailing list
Kelola sebuah mailing list dengan baik, update berita, informasi kepada seluruh anggota dan bikin mailing list hidup.

6. Ezine dan e-book
Anda bisa mengelola ezine dan membuat e-book untuk calon pembeli anda yang bisa langsung di download, anda bisa membuat ezine anda sebagai tempat promosi bersama.

7. Affiliasi dan viral marketing
Anda juga bisa membuat situs anda cepat menyebar dengan menambahkan program ini ke dalam usaha anda.

8. Forums
Anda bisa membuat forum diskusi bersama pengunjung yang online, bisa chating langsung dan menjalin komunikasi proaktif di saat anda online.

9. Message board dan guest book
Sertakan fasilitas tambahan ini di website anda dengan terus mengupdate, memfilter setiap pesan masuk. Saat ini banyak yang menyalah gunakan fasilitas ini dengan mengisi pesan bisnis senada, bukan komentar, kritik atau saran kepada anda.

10. Sponsor web
Jika anda biar kelihatan cepat besar dan berkembang, cari web yang identik dengan web anda untuk diajak sebagai sponsor web. Dengan mengajak sebagai sponsor web, posisi anda akan sedikit terangkat dan lebih cepat dikenal publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar