Rabu, 10 Mei 2017

Kulit tetap sehat saat puasa? ini tips perawatannya

Perawatan kulit

Puasa memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita. Tapi tak bisa dipungkiri, terbatasnya asupan cairan dan makanan selama puasa berimbas pada kondisi kulit. Apalagi jika kita berpuasa dalam cuaca dingin atau terlalu panas. Selama sebulan penuh berpuasa sebaiknya tidak melupakan perawatan kulit wajah maupun badan setiap hari. Tubuh bakal kekurangan asupan air di siang hari, terutama jika cuaca di luar ruangan cukup terik. Hal ini akan berpengaruh pada penampilan, contohnya kulit menjadi lebih kering. 

Saat menjalankan ibadah puasa, Anda perlu merawat kulit lebih ekstra. Ya, selama berpuasa kurang lebih 12 jam, tubuh akan kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. Alhasil, kulit pun akan cenderung lebih kering dari biasanya. Agar kulit tidak menjadi kering dan tetap lembap, maka terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Dengan begitu, kulit akan tetap terlihat cantik dan tampak bercahaya.

Menjaga penampilan agar tetap cantik merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut sangatlah baik dalam menunjang penampilan baik dari dalam maupun luar. Namun merupakan kesulitan tersendiri untuk menjaga penampilan dan kecantikan di bulan ramadhan. Selain karena tubuh yang kurang fit sehingga menyebabkan nada malas bergerak, kulit dan juga penampilan terlihat tidak segar karena kurangnya asupan nutrisi dan cairan pada kulit.

Berikut ini adalah tips merawat kulit agar tetap sehat dan cantik di bulan ramadhan.

Perawatan dari dalam 
  • Kecantikan dari dalam dapat diperoleh dengan melakukan rutinitas harian yang bermanfaat bagi tubuh seperti olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah-buahan serta tambahan suplemen multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.
  • Menjaga asupan cairan dengan banyak minum air putih di rentang waktu antara usai buka hingga saat sahur tiba. Sebaiknya hindari banyak minum minuman yang manis untuk menghindari terjadinya dehidrasi di siang hari, karena tubuh tidak mendapatkan asupan air selama 12 jam. Bila pada hari biasa minimal 8 gelas sehari, khusus selama puasa sebaiknya menambah asupan air putih lebih dari biasanya karena air putih banyak mengandung hidrogen, oksigen dan mineral yang banyak kegunaannya diantaranya untuk melancarkan aliran pembuluh darah, mencegah kekeringan kulit, serta membantu proses pembuangan toksin dalam tubuh.
  • Batasi konsumsi kafein. Kafein adalah musuh besar kulit, terutama kalau kamu harus membatasi asupan makanan dan minuman seperti ini. Konsumsi kafein berlebihan bisa membuat kulit terlihat kusam. Jadi sebisa mungkin kurangi konsumsi cafe latte atau cappuccino kesukaan kamu.
  • Waktu tidur cukup. Selama ramadhan banyak waktu untuk beribadah seperti melaksanakan shalat Tarawih di malam hari, setelah usai beribadah segeralah beristirahat, karena pagi jam 3 Anda juga sudah harus bangun untuk menyiapkan makan sahur. 
  • Stres juga dapat berpengaruh terhadap kecantikan. Beberapa ahli mengemukakan bahwa ketika stres melanda, aliran darah ke kulit akan menurun. Hal ini menyebabkan berkurangnya nutrisi dan oksigen yang diterima kulit. Alhasil, kulit akan terlihat pucat, kusam, tidak bercahaya dan berujung pada terganggunya proses peremajaan kulit.
  • Batasi garam dan gula. Jangan berlebihan makan manis dan asin. Sama seperti kafein, konsumsi garam dan gula yang berlebihan juga bisa menjadikan kulit kusam. Kedua bahan penambah rasa ini juga bisa mengakibatkan pembengkakan kulit di sekitar mata. Malas, kan, kalau kecantikanmu ternoda mata panda.
Perawatan dari luar
  • Rajin mandi minimal 2x sehari dan membersihkan wajah 3-4 x sehari menggunakan sabun yang lembut. Khusus untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya mandi dengan air biasa/air dingin menggunakan sabun lembut seperti sabun bayi atau sabun yang banyak mengandung pelembab dan rendah busa.
  • Segera setelah mandi memakai pelembab untuk wajah maupun tubuh terutama tangan dan kaki. Sering diulang pemakaian pelembab jika sering berada di ruangan ber-AC. Untuk pagi hari pada wajah bisa ditambahkan pemakaian tabir surya dengan SPF minimal 15 dan diulang lagi setelah sholat dhuhur serta ashar.
  • Hindari menjilat bibir karena bibir akan semakin kering tapi gunakan pelembab khusus bibir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar