Penyebab nyeri pada kaki & cara mengatasinya

Nyeri kaki

Gangguan nyeri pada telapak kaki biasanya disebabkan karena peradangan pada plantar facia, yaitu jaringan yang berada di bawah kaki yang menyambungkan tulang tumit pada ibu jari kaki. Kondisi ini dalam istilah medis disebut plantar fascitis. Untuk memastikan hal tersebut, kita harus mengetahui bagian manakah dari telapak kaki yang terasa sakit, misalnya : tumit, telapak kaki tengah, depan atau dekat jari-jari kaki. Dengan mengetahui penyebabnya, kita juga akan lebih mudah melakukan upaya pengobatan.

Nyeri kaki dapat memengaruhi setiap bagian dari kaki. Kaki terbentuk dari 26 tulang, 33 sendi, dan ratusan otot, saraf dan ligamen. Pergelangan kaki adalah persendian yang rumit tempat bagian pertemuan kaki bagian atas dan bawah. Karena kompleksnya struktur dan banyaknya beban yang harus ditanggung dan pergelangan kaki setiap harinya, maka sakit kaki itu umum terjadi. Sakit ini biasanya hilang dengan perawatan sendiri di rumah. Tetapi sakit kaki juga bisa lebih serius, terutama jika itu adalah akibat dari cedera atau kondisi kronis tertentu.

Perawatan kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan natural merupakan cara yang paling mudah dan aman untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Selain itu, cara ini juga tidak akan memberikan dampak negatif di kemudian hari.

Gangguan nyeri pada telapak kaki bisa disebabkan karena beberapa hal berikut:


1. Aktivitas kaki yang berlebih
Lari-lari, berjalan maupun naik tangga pun bisa mengakibatkan tekanan yang berlebihan terhadap tulang tumit Anda maupun jaringan lunak yang terikat di situ, sehingga bisa menimbulkan nyeri pada telapak kaki.

2. Bentuk anatomi kaki
Telapak kaki yang terlalu datar atau memiliki lekuk yang terlalu besar ternyata lebih sering mengalami nyeri pada telapak kaki.

3. Penggunaan alas kaki yang tidak sesuai
Alas kaki yang tak sesuai seperti sol yang tipis, longgar, maupun tidak sokongan buat lekuk kaki dapat memicu terjadinya nyeri pada telapak kaki. Apabila anda dengan rutin mengenakan sepatu yang mempunyai tumit tinggi maka tendon Achilles yaitu tendon yang menempel di tumit anda bisa berkontraksi (apakah itu menegang maupun memendek) mengakibatkan terjadi pergeseran di jaringan seputar tumit.

4. Faktor usia
Nyeri telapak kaki lebih sering ditemui lantaran penuaan yang mengakibatkan lekuk kaki kian mendatar, memunculkan tekanan terhadap plantar fascia.

5. Berat badan berlebih
Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan tekanan yang berlebih sehingga mengakibatkan rusaknya jaringan lemak pada bawah tulang tumit sehingga menyebabkan nyeri pada telapak kaki.

6. Pengaruh kehamilan
Berat badan yang bertambah pada ibu hamil maupun pembengkakan kaki yang terjadi selama kehamilan bisa menyebabkan nyeri pada telapak kaki.

7. Pengapuran dan pengeroposan tulang tumit
Adanya pengapuran dan pengeroposan juga dapat memicu terjadinya nyeri pada telapak kaki, terutama daerah tumit.

Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan nyeri pada telapak kaki antara lain :

1. Jika berat badan berlebih, usahakan untuk diet yang baik disertai dengan olahraga yang teratur.
2. Hilangkan kebiasaan jalan dengan tergesa-gesa. Berjalanlah dengan santai, rileks, dan dengan langkah yang seimbang.
3. Gunakan sepatu yang pas dan sesuai ukuran serta nyaman dipakai. Jangan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.
4. Merendam kaki dengan air hangat dan dingin secara bergantian dapat mengurangi nyeri pada telapak kaki jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Jika hanya gangguan nyeri karena plantar fascitis, insya Allah tidak berbahaya. Namun jika keluhan dirasakan terus memberat, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

0 Response to "Penyebab nyeri pada kaki & cara mengatasinya"

Posting Komentar